article / Building / S+I House: Rumah di Jakarta Utara yang Ternyata Punya Rahasia Agar Tetap Menghadirkan Suasana Sejuk di Dalam Hunian
23 Agustus 2017 501 Views

S+I House: Rumah di Jakarta Utara yang Ternyata Punya Rahasia Agar Tetap Menghadirkan Suasana Sejuk di Dalam Hunian

Rumah megah ini berlokasi di area perumahan Jakarta Utara, Indonesia. Rumah tingkat dengan luasan total 600 m2 ini berdiri di lahan seluas 440 m2. Didesain oleh DP+HS Architects, hunian ini pun berada diantara jalanan utama pada sisi barat dan gang kecil di selatannya. Karena bangunan ini berada di area hook, pemilihan pintu utama menjadi hal yang penting. Pertimbangannya adalah jalan utama di barat pasti memiliki garis batas sempadan yang berdampak pada pengurangan besaran bangunan depannya. Maka dari itu sang arsitek pun memilih meletakkan pintu utama di sisi yang menghadap ke arah selatan.

Dengan adanya keputusan tersebut, pengurangan area bangunan di sebelah barat dapat digunakan sebagai ruang terbuka untuk berkumpul. Ruangan terbuka itu pun juga terhubung dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Perluasan ruang keluarga ke area outdoor menjadikan ruang tengah ini jadi lebih luas. Ruang keluarga didesain jauh dari pintu utama agar lebih menjaga privasi.

Rumah yang terbilang cukup besar ini dihuni oleh keluarga kecil. Namun kemegahan rumah ini memang cocok digunakan jika ada keluarga acara besar sehingga memudahkan untuk mengakomodasi banyak orang dengan ruang-ruang yang terbilang cukup leluasa. Tentunya rumah juga perlu memiliki ruang lebih untuk menginap saudara-saudara yang datang.

Konsep yang diterapkan pun adalah compartment box. Ide dari konsep ini adalah memberikan ruang diantara kedua massa kotak yang besar. Kemudian setiap kotak ditampilkan dengan karakter yang kuat melalui penggunaan material pada fasadnya.

Ruang terbuka membagi kedua massa bangunan dan memberikan kesegaran bagi ruangan di dalamnya. Adapun area terbuka yang terdapat di lantai 3 dan rooftop menjadikan massa kotak bangunan tidak terasa kaku. Ditambah pula cahaya dan juga udara dapat masuk dengan system cross ventilation dari dalam dan luar bangunan. Keunikan dan kesegaran di rooftop ini pun tambah lengkap dengan adanya kolam yang terbangun. Kolam pun juga membantu menurunkan suhu panas bangunan di dalamnya.

Rumah yang terbilang sejuk ini dilengkapi dengan adanya pohon tinggi dan juga pelindung pada area taman rumah. Dengan peneduhan yang cukup, area deck dan kolam yang berada di ruang terbuka sebelah barat bangunan dapat digunakan sebagai tempat berkumpul. Selain itu juga sebagai perluasan dari area ruang keluarganya.

Hunian keluarga ini didesain dengan struktur modular yang dikombinasikan dengan arsitektur modern melalui detail bangunannya. Terlihat jelas style dari bangunan ini dengan melihat warna bangunan yang monokrom dengan elemen warna hitam pada pintu dan frame jendelanya. Hal itu dilakukan agar terlihat jelas pembentukan ruangnya.

Material yang diekspos pada rumah ini menyajikan warna yang konsisten pada bagian interiornya seperti penggunaan semen pada ruang keluarga, bata ekspos di ruang belajar, dan berbagai desain lainnya. Sedangkan warna yang mencolok ditujukan pada furniture dan dekorasi dalam rumah.

Source: S+I House

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter