article / Building / Rumah Karya Arsitek Indonesia Ini Punya Taman dan Kolam Unik Buat Bersantai di Dalamnya!! Bikin Rumah Fresh dan Sejuk!
10 Januari 2018 65 Views

Rumah Karya Arsitek Indonesia Ini Punya Taman dan Kolam Unik Buat Bersantai di Dalamnya!! Bikin Rumah Fresh dan Sejuk!

Rumah bergaya modern contemporer ini tentunya menjadi karya yang menantang bagi eRe Studio, sang arsitek. Berlokasikan di Bandung, rumah ini memiliki luasan yang cukup besar yaitu 810 meter persegi. Rumah yang dibangun pada tahun 2014 ini memiliki lahan yang memanjang di arah timurnya. Desain pun dibuat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan alam seperti musim dan juga udara. Maka dari itu, sang arsitek pun mengambil ide untuk melindungi kamar yang berada di lantai dasar dengan taman. Taman ini sendiri akan menjadi elemen yang penting untuk memasukkan setiap ruangan dengan cahaya alami dan udara segar.

Dari bagian depan rumah terlihat desain yang sederhana dan biasa saja. Halaman yang luas cukup untuk memarkirkan kendaraan, dengan area tanah yang diberikan paving berpori. Dengan dinding putih dan sebuah koridor menuju pintu utama, tentunya tidak ada yang mengira bahwa bagian dalam dari rumah ini cukup menakjubkan.

Rumah dengan lahan yang luas ini memiliki ruang terbuka dengan taman yang cantik di bagian dalamnya. Koridor luar yang terhubung dengan pintu masuk juga terlihat serupa di bagian dalam rumah dengan kolom-kolom lingkarnya. Tak lupa pula hiasan tanaman pot yang diletakkan pada rak kustom yang juga digunakan sebagai partisi ruangan.

Setelah memasuki rumah dan melewati koridor di taman dalam rumahnya, pengunjung akan melihat keunikan rumah ini dengan adanya area kolam terbuka yang dikelilingi dinding berjendela di ketiga sisinya. Tidak lupa pula tanaman sulur yang menjalar di jendela memperunik area ini dan memberikan kesan alam.

Dari area kolam, tepat di balik dinding sebelah kanannya terdapat ruang tamu yang cukup luas dilengkapi dengan kursi dan meja kayu yang terlihat ethnic. Sedangkan di dinding sebelah kiri kolam terdapat ruang keluarga dimana dapat berkumpul dan bersantai.

Pada ruang keluarga terdapat rak kayu yang menutupi keseluruhan dinding di salah satu sisinya. Sofa-sofa dengan gaya modern berwarna abu-abu melengkapi ruangan ini. Tidak lupa dengan keunikan bentuk langit-langit serta lampu gantung bulatnya. Ruangan yang nyaman untuk berkumpul bersama.

Ruang keluarga tersebut juga terhubung dengan ruang makan yang cukup terbuka. Pada kedua sisi ruangannya terdapat jendela sehingga terhubung dengan taman dalam rumah. Sirkulasi udara dapat masuk dan keluarga dengan baik. Meja panjang dengan guratan kayu yang tampak alami dan juga kursi yang nyaman, dapat menampung hingga 8 orang. Luas dan tidak terlalu banyak hiasan sehingga ruangan berfungsi dengan baik dan leluasa.

Sedangkan untuk dapur didesain elegan dengan warna hitamnya yang mengkilat. Dapur yang berada di sudut ruangan ini memiliki meja dan kursi bar yang serasi dengan warna meja di ruang makan. Perpaduan hitam, putih, dan juga coklat kayu menjadikan ruangan terasa hidup dan rapi. Nyaman dipandang dan tidak membosankan.

Lantai dua pada rumah ini tidak berada di keseluruhan massa namun hanya di beberapa massa saja. Pada lantai dua massa paling depan bangunan digunakan sebagai kamar tidur asisten rumah tangga sedangkan di massa bangunan lainnya digunakan sebagai kamar tidur.

Luas lahan yang besar tentunya lebih dimaksimalkan pemilik untuk meletakkan berbagai ruang utama di lantai dasarnya saja seperti beberapa kamar tidur, ruang kerja, dan juga ruang media yang berada di area belakang rumah. Sehingga zona ruang pada rumah ini terlihat secara jelas, pada bagian depan difungsikan sebagai area public dan servis, sedangkan bagian belakangnya untuk area privat.

Material yang dominan terlihat di hunian ini adalah material kayu yang merupakan material dari Jawa. Dapat terlihat di ruang interior rumah ini terasa kehangatan dari warna furniturenya yang bertolak belakang dengan kesan dingin dari eksterior bangunannya yang geometris.

Berbagai kebutuhan interior merupakan furniture kustom yang didesain oleh arsitek e.Re Studio. Baik dari pintu rustic, fitur dinding, jendela, hingga cabinet terdesain dengan baik dan sesuai dengan rumah.

sumber: PRV A 131 | eRe Studio

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter