article / Building / Satu House: Rumah Bertingkat Bebas Kolom yang Bikin Rumah Sejuk dan Nyaman
10 Maret 2020 5K Views

Satu House: Rumah Bertingkat Bebas Kolom yang Bikin Rumah Sejuk dan Nyaman

Rumah ini didesain oleh Chrystalline Artchitect dan berlokasi di Jakarta. Luas lahan dari hunian ini sendiri sekitar 330 meter persegi. Ide desain untuk rumah ini adalah untuk memaksimalkan ruang di dalamnya dengan lahan yang terbatas. Salah satu cara memaksimalkan ruang adalah dengan membuat ruang dalam rumah lebih terbuka tanpa partisi atau dinding.

Rumah tiga lantai ini punya zona ruang yang cukup menarik. Biasanya sebuah rumah bertingkat akan meletakkan area servis di lantai dasar beserta dengan ruang tamu, ruang makan, lalu pada lantai di atasnya zona privat seperti kamar tidur.

Namun ternyata sang arsitek memilih zona yang berbeda dari biasanya. Pada lantai dasar bangunan digunakan untuk area aktivitas utama karena lantai ini dirasa paling nyaman. Dengan mempertimbangkan mobilitas pemilik dan juga pemandangan halaman depan rumah menjadikan lantai dasar lebih memiliki keunggulan dibandingkan lantai lainnya.


Lantai dasar yang menjadi lantai utama dalam rumah dan kemudian lantai tiga atau lantai atap sebagai area servis menjadi hal yang menarik. Lantai dasar yang dimanfaatkan sebagai ruang tamu dan ruang makan memiliki rancangan yang bebas kolom. Ruangan terasa lapang dan juga bersih.

Tidak hanya ruang tamu atau ruang keluarga serta ruang makan dan dapur saja, area ini benar-benar dimanfaatkan baik dengan adanya kolam yang membuat ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman. Ruangan memanjang sekitar 10 meter ini terasa sangat luas dan juga membuat pandangan terasa lebih fresh.


Untuk merancang lantai dasar tanpa kolom tersebut, arsitek menerapkan struktur gantung di lantai duanya pada struktur balok utama di lantai tiga. Rumah ini terbilang memiliki struktur yang ringan karena menggunakan kerangka baja sebagai struktur utamanya. Keseluruhan struktur utamanya sudah dirakit terlebih dahulu di gudangnya yang kemudian dikonstruksikan di lahan bangunan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh sambungannya terancang sempurna.

Dengan ukuran balok lantai yang besar memberikan keleluasaan desain untuk mengoptimalkan ketinggian balok, sehingga ventilasi udara bisa diletakkan di kedua sisi bangunan. Ventilasi secara vertical ini membuat sirkulasi udara panas dapat keluar menuju atap kacanya pada bagian kanan dan kiri bangunan. Selain itu atap kaca membuat cahaya alami masuk ke dalam rumah.


Lantai dua dari rumah ini difungsikan sebagai area privat untuk aktivitas pemilik rumah. Seluruh kamar tidur berada di area ini. Setiap kamar terhubung melalui koridor di kedua sisinya. Dinding kamar yang berada di koridor sebelah tangga di fungsikan sebagai rak buku. Sedangkan di sisi seberangnya koridor menghubungkan antar kamar dan juga ruang serbaguna. Ketika pintu koridor di buka, semua ruangan menjadi area terbuka yang besar. Kaca laminasi frosted dipasangkan pada kedua sisi untuk menyajikan cahaya yang cukup banyak untuk ruang di lantai dasar.

Lalu di lantai tiganya atau lantai atapnya terdapat berbagai area servis seperti ruang servis, ruang mesin, kamar asisten rumah tangga, penyimpanan, dan berbagai kebutuhan lainnya. Uniknya selain menjadi area servis, bagian atap rumah ini juga dijadikan sebagai taman atap yang membuat suasana di atap rumah lebih nyaman.

Kolam reflektif di bawah tangga dapat menurunkan temperature ruangan ketika siang hari. Selain itu juga dapat menciptakan kenyamanan dan suasana tenang dengan mendengarkan suara air mengalir. Teras indoor yang terbuat dari lantai kayu tidak hanya sebagai area bermain yang aman untuk anak namun juga sebagai garasi indoor. Rumah dengan nama ‘Satu House’ ini merupakan rumah yang dirancang cerdas dengan pemikiran dan ide-ide cemerlang untuk mengoptimasikan ruang di lahan yang terbatas.

sumber: satu house

Furnizing Administrator
Furnizing Administrator

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter