article / Pantry / Tempat Penyimpanan Bahan dan Peralatan Masak yang Membuat Dapur Tetap Rapi dan Juga Bersih!
27 Juni 2018 12K Views

Tempat Penyimpanan Bahan dan Peralatan Masak yang Membuat Dapur Tetap Rapi dan Juga Bersih!

Setiap rumah tentunya membutuhkan sebuah dapur untuk memfasilitasi kebutuhan sehari-hari penghuninya. Namun selain area dapur, ada pula salah satu bagian dapur yang diperlukan bagi mereka yang memang hobi memasak yaitu pantry. Pantry ini sendiri merupakan area penyimpanan bahan dan peralatan masak serta area persiapan memasak. Pantry sendiri bisa berukuran kecil dan seadanya atau bahkan cukup besar untuk menjadi ruang tersendiri. Yuk langsung simak berbagai macam desain pantry ini!

 

destinationliving

Pantry Terbuka

Pantry ini memiliki desain dengan rak terbuka dan juga tampak elegan. Letaknya yang berada di sudut ruangan ini juga diterangi oleh sinar matahari dari jendela luarnya. Area pantry ini pun terbagi menjadi dua secara vertikalnya. Pada bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan seperti piring, gelas, mangkok, dan berbagai macam alat lainnya. Sedangkan di bagian atasnya didesain dengan rak kaca yang menjadi tempat penyimpanan bahan memasak ataupun bumbu dapurnya. Hal ini akan memudahkan penyimpanan dan pencarian alat dan bahan di dalamnya. Pada rak bagian tengah pun bisa menjadi meja untuk mempersiapkan bahan masakan yang dibutuhkan saat itu.

 

houzz

Pantry dari Almari

Almari tentu saja bisa digunakan untuk area penyimpanan berbagai macam perlengkapan dapur. Seperti pada contoh yang satu ini, rak almari menyimpan oven dan juga berbagai macam bumbu dan bahan dapur seperti kecap, teh, gula, kopi, dan berbagai macam bahan lainnya. Area penyimpanannya juga diperluas pada bagian pintu almari yang dapat digunakan untuk menyimpan botol bahan masakan. Praktis, mudah dijangkau, dan juga membuat dapur lebih rapi.

 


diynetwork

Penyimpanan di Bawah Meja Dapur

Jika memang tidak memiliki ruang lagi untuk area pantry, kamu bisa membuat area penyimpanan sendiri di bawah meja dapurmu. Dengan meletakkan papan kayu tebal yang disangga dengan besi penguat, jadilah sebuah rak terbuka. Rak ini tentunya akan cukup kuat untuk menahan beban berbagai macam peralatan dan bahan makanan. Pada bagian paling bawah, anda juga bisa membuat sebuah peti kayu untuk menyimpan bahan makanan ataupun kaleng-kaleng makanan. Pisahkan bahan sesuai dengan jenisnya.

 

shelterness

Pantry Rak Metal


Ingin area penyimpanan makananmu terasa lebih simple? Menggunakan bahan dari metal seperti satu ini akan membaur di dalam ruangan. Baik di ruangan dengan warna gelap ataupun terang. Rak dari metal ini juga perlu dilengkapi dengan toples plastik untuk meletakkan setiap bahan masakan. Dari toples dengan tutup di bagian atasnya hingga keranjang plastik untuk menyimpan berbagai botol minyak ataupun minuman. Rapi dan juga mengagumkan.

 

houzz

Pantry dengan Tangga

Jika ruang pantry anda cukup tinggi, maka anda dapat memanfaatkannya hingga bagian atas. Tentunya jika anda tidak dapat mencapai rak teratas, desain pula tangga fleksibel yang dapat digeser dan dipindah dengan mudah. Selain menambah keunikan ruangan, adanya tangga ini mempermudah untuk mengambil bahan dan peralatan yang berada di rak yang paling atas.

 


houzz

Pantry Base

Area penyimpanan yang terdapat di almari bawah meja dapur tentunya menjadi salah satu tempat yang mudah dijangkau. Berbagai macam bentuk pun bisa dirancang seperti halnya gambar di atas. Raknya pun dibuat fleksibel sehingga dapat menyimpan banyak kebutuhan untuk memasak. Raknya dibuat berlapis sehingga seluruh bahan dapat diambil tanpa bersusah payah dengan ruang dalam yang susah digapai.

 

houzz

Pantry di bawah Tangga

Area bawah tangga yang sering kali menjadi ruang mati bisa digunakan menjadi area penyimpanan. Desain dengan tampilan yang bersih tak lupa pula dengan berbagai rak tempat penyimpanan sehingga bahan dan peralatan lebih rapi ditata di dalamnya. Kemiringan tangga pun dapat termanfaatkan dengan baik sehingga tidak ada ruang yang sia-sia di dalam rumah.

 

shelterness

Pantry dengan Pintu Geser

Tentunya jika hobi anda memasak, pantry yang besar akan menjadi salah satu hal yang memuaskan. Pantry dengan ruang tersendiri seperti pada gambar di atas membuat anda dapat bebas menyimpan berbagai macam bahan dan peralatan secara aman. Ditambah lagi jika anda tidak ingin tamu melihat area ini, anda tinggal menutupnya dengan pintu geser. Aman dan nyaman untuk penghuni dan juga tamu yang anda undang untuk makan bersama.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter