article / Garage and Shed / Tertarik dengan Sepeda Namun Tidak Punya Tempat Penyimpanan dalam Rumah? Berikut Ide Desain Penyimpanan Sepeda yang Bikin Rumah Kamu Makin Trendy
29 September 2017 2K Views

Tertarik dengan Sepeda Namun Tidak Punya Tempat Penyimpanan dalam Rumah? Berikut Ide Desain Penyimpanan Sepeda yang Bikin Rumah Kamu Makin Trendy

Jika sebelumnya menceritakan tentang dekorasi rumah dengan ala sepeda, kali ini akan membahas mengenai tempat penyimpanan sepeda. Bagi orang yang gemar bersepeda, mereka tentu akan benar-benar merawat sepeda mereka dan menyimpannya ditempat yang aman. Tapi menyimpan sepeda tidak melulu harus di garasi rumah ataupun di bagian belakang rumah, bisa juga menyimpan sepeda di dalam rumah dan menjadikannya sebagai dekorasi rumah. Berikut adalah tempat penyimpanan sepeda yang menarik dan juga aman.

Rak buku yang didesain dengan adanya lubang diantaranya ini bisa dimanfaatkan untuk meletakkan rangka sepeda. Menggantungkan sepeda seperti ini tentunya akan menghemat tempat dan juga membuatnya aman di dalam rumah. Warna sepeda putih ini pun terlihat menyatu dengan dinding putih pada ruangan.

Meletakkan sepeda dengan posisi ini pun bisa menghemat ruangan, apalagi dengan posisinya yang berdiri di sudut dinding ruangan. Tidak memakan banyak tempat dan juga tidak mengganggu aktivitas pemilik atau menghalau ruang dalam rumah. Tentunya yang diperlukan untuk menyimpan sepeda seperti ini adalah pengait yang kuat untuk menahan ban sepeda di bagian atas pada dinding.

Semisal kamu tidak suka menampakkan sepedamu, kamu juga bisa memilih lemari penyimpanan yang satu ini. Berada di area garasi, lemari dengan material kayu ini akan tampak polos dan terlihat seperti dinding biasa, namum di dalamnya dapat menyimpan berbagai barang termasuk sepeda kesayanganmu dan aksesorisnya.


Jika di dinding ataupun di sudut ruangan tidak memungkinkan, meletakkannya di atas ruangan pun juga bisa dilakukan. Dengan menggantungkan sepeda dan mengaitkan katrol pada langit-langit, sepeda dapat ditarik ke atas dan tentunya tidak akan mengganggu di area ruangan lainnya. Tali pun juga diikatkan dengan kencang pada besi pengaitnya. Tidak akan repot lagi untuk menyediakan tempat penyimpanan sepeda dalam rumah.

Meletakkan sepeda di area yang memiliki sudut ini pun juga menjadi pilihan yang baik. Perletakkannya di area ini tidak akan mengganggu sirkulasi orang saat berlalu lalang ke area dapur. Ruangan yang letaknya juga berada di bagian belakang rumah juga menjadi area yang pas untuk menyimpan barang-barang termasuk kendaraan roda dua ini. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan sepeda, namun juga tempat untuk menaruh propertinya seperti helm di rak penyangganya. Uniknya lagi yang digantungkan adalah sadel sepedanya sehingga sepeda dapat seimbang tergantung.


Untuk kalian yang memiliki rumah tingkat, area bawah tangga juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat penyimpanan. Area yang jarang digunakan karena memiliki sudut ruang yang lancip ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk area penyimpanan sepeda. Menggantungkan sepeda di bagian miring tangga akan membuat ruangan terisi dan juga lebih rapi dibandingkan jika diletakkan saja di lantai. Menjadi nilai lebih sebagai hiasan dalam rumah karena perletakannya yang tidak biasa.

Sepeda bisa juga menjadi bagian dari pajangan di rumah. Jika tidak digunakan dan sepedamu merupakan sepeda yang unik dan memiliki desain yang selaras dengan ruangan, mendesain tempat perletakkan seperti rak hias di atas bisa menjadi pilihan. Mengukur panjang sepeda dan membuat rak custom akan memudahkan kamu mendekor ruang dalam rumah.


Ruang di dalam rumah tidak cukup untuk menyimpan sepeda? Mungkin ide yang satu ini bisa kamu terapkan. Membuat garasi khusus sepeda di halaman rumah akan mempermudahmu dalam penyimpanan. Garasi yang terbuat dari kayu dan tertutup ini dibuka dengan cara ditarik dan ditutup dengan didorong ke dalam. Tentunya membutuhkan ruang yang panjang di halaman, namun jika kamu merasa halaman rumahmu cukup besar, desain satu ini bisa menjadi solusi untuk garasi sepedamu.

Untuk kamu yang tidak mau repot juga, memiliki rak seperti yang satu ini bisa membuatmu lebih mudah menyimpan sepeda dan peralatannya secara berdampingan. Sehingga ketika kamu akan bersepeda, kamu tidak perlu repot mencarinya di ruangan lain karena semua yang dibutuhkan sudah ada dalam satu rak. Mudah dan juga sederhana.

Nah kalau desain yang terakhir ini bisa digunakan untuk rumah yang sudah berkeluarga. Anggota keluarga yang gemar bersepeda akan membutuhkan garasi yang untuk menyimpan segala kendaraannya. Diletakkan pada dinding ruangan akan membuat ruang bawahnya terasa lebih luas. Bahkan di dalamnya masih bisa digunakan untuk menyimpan motor. Lengkapi juga garasi dengan berbagai alat reparasi sehingga ketika terjadi kerusakan yang tidak cukup parah, kamu bisa memperbaikinya dan tidak akan menghambat aktivitas bersepedamu ke depannya.

Jadi kalian para bike holic, desain mana yang pas untuk rumah kalian?

sumber: bike storage


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter