article / Building / The Rough House: Rumah Mewah dan Elegan di Vietnam yang Menghadirkan Desain Minimalis pada Huniannya
17 Agustus 2018 146 Views

The Rough House: Rumah Mewah dan Elegan di Vietnam yang Menghadirkan Desain Minimalis pada Huniannya

Rumah tiga lantai yang berlokasi di area perumahan District 6, Vietnam ini punya desain yang modern dan mewah. Didesain oleh Nelo Decor, rumah seluas 600 meter persegi dengan warna yang berbeda dari bangunan disekitarnya sehingga mudah dikenali dengan warna coklat mudanya. Bukan sekedar rumah hunian, rumah ini juga dilengkapi dengan kantor di bagian depannya.

Transformasi bentuk yang berawal dari tingkatan bentuk kotak yang disusun dengan ukuran beragam hingga menjadi bentukan baru yang tidak simetris namun tetap unik. Bentuknya yang tampak sederhana dan minimalis juga diimbangi dengan desain yang ramah lingkungan. Dari luar saja sudah tampak berbagai macam tanaman dan pepohonan menghiasi rumah. Selain itu juga banyaknya bukaan membuat udara mudah masuk dan keluar di huniannya.

Pada lantai dasar huniannya, terdapat kantor yang sejajar dengan garasi kendaraan rumahnya. Kantornya didesain dengan pintu dan jendela kaca di depan sehingga mudah dilihat. Kantor dengan area hunian terpisah dengan koridor dan kamar mandi di bagian depan kantor. Untuk area tengahnya terdapat ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang menjadi satu kesatuan pada ruang terbuka di tengahnya.

Pintu depan untuk masuk ke dalam huniannya didesain menarik karena berada di sisi samping. Setelah melewati area garasi, tepat di sebelahnya terdapat jalan koridor dan pintu berwarna coklat kayu. Dengan beberapa hiasan patung dan juga perbedaan ketinggian menunjukkan batas rumah dengan kantor di dalam rumahnya. Uniknya lagi tampilan eksterior dari susunan bebatuan berwarna kalem menunjukkan tampilan bersih namun bertekstur.

Ruang tamu yang sekaligus menjadi ruang keluarga ini dihiasi dengan tempat duduk sofa dan juga meja kopi yang punya bentuk cukup unik. Lantai dan dinding dirancang dengan warna cerah sedangkan furniturenya menggunakan warna yang lebih gelap. Untuk area ruang tamu ditambahkan karpet pada lantai sehingga akan terasa lebih hangat untuk pengguna.


Tampak pula meja makan dengan warna kayu gelap memberikan kesan elegan. Meja makan tersebut pun cukup panjang mencakup hingga 10 orang. Meja dan kursinya yang serasi menampilkan keharmonisan ruang ini. Selain itu, lampu gantung berbentuk gelembung menghias ruang sehingga tampil unik dan juga terang.

Pada area dapur, langit-langitnya tidak lagi setinggi di ruang tamu ataupun ruang makan. Tampil unik dan meriah dengan dekorasi kayu berirama pada plafonnya. Almari dan juga kulkas menjadi furniture pelengkap di dalamnya. Tepat di kedua ujung sisi dapur terdapat pintu, pintu satu menuju pantry dan halaman belakang sedangkan satunya lagi menuju ke toilet.

Ruang tengah yang merupakan area void dengan langit-langit yang tinggi ini, dilengkapi dengan kaca lebar sebagai dinding di salah satu sisi ruangnya. Dapat langsung terlihat dari dalam menuju keluar, terdapat kolam renang dengan bentukan persegi panjang dan juga taman vertikal di dinding area kolam renang. Selain memberikan pemandangan yang indah, cahaya dan juga udara dapat maksimal masuk ke dalam ruangan karena dinding kaca ini. Selain menikmati sejuknya kolam dari dalam, pemilik pun dapat bersantai di area duduk di kursi bundarnya. Nyaman dan juga sejuk.


Sedangkan untuk lantai duanya yang dapat diraih melalui tangga ataupun liftnya menghantarkan penghuni ke sebuah koridor panjang. Koridor tersebut menghantarkan ke dua kamar tidur di setiap ujung bangunannya. Selain kamar tidur, pada area belakang terdapat pula ruang laundry dan juga tempat menjemurnya.

Kamar tidur pada bagian belakang bangunan didesain serba putih dengan walk-in closets yang cukup unik dimana penghuni dapat meletakkan koleksi sepatu di rak paling bawahnya. Tempat tidurnya pun langsung dihadapkan oleh pemandangan luar di salah satu sisi, sedang di sisi lainnya terdapat kamar mandi dalam lengkap dengan ruang shower dengan toilet duduknya. Kamar tidur ini tampil bersih dan sangat minimalis.


Untuk kamar tidur lantai dua yang berada di bagian depan bangunan, dirancang dengan sebuah balkon. Tidak jauh berbeda dengan kamar tidur sebelumnya, dinding berwarna putih menjadi ciri khas desain minimalis. Tempat tidur diletakkan pada bagian yang langsung menghadap ke jendela kaca yang menjadi area balkonnya sehingga pemandangan cantik tampak di depan. Tidak hanya kursi dan meja saja yang menjadi pelengkap di area balkon, namun juga tanaman di sekitar railingnya memberikan kesejukan dan kesegaran ketika bangun dan menikmati secangkir teh di pagi hari.

Lanjut pada lantai paling atas, dimana terdapat kamar tidur utama penghuni rumah yang sangat mewah dan menawan. Tentunya selain kamar utama, terdapat juga ruang hiburan serta area teras outdoor dimana pemiilik rumah dan keluarga dapat bersantai, mengadakan pesta barbekyu, ataupun sekedar makan bersama di alam bebas.

Kamar mewah yang mendominasi di lantai tiga hunian ini punya ukuran ruang tidur dan kamar mandi yang bisa dibilang besar. Salah satu sisi ruang kamar tidur ini dilengkapi dengan jendela kaca, sehingga penggunaan tirai sangat dibutuhkan jika terlalu silau. Pada bagian kamar tidur juga dilengkapi dengan meja dan kursi dimana penghuni dapat bekerja ataupun membaca buku. Partisi pembatas ruang berupa rak buku yang dibentuk secara unik menjadi penyempurna di dalam ruangan.

Dibalik area tidurnya terdapat ruang bathtub terbuka. Ruangnya yang luas menjadi tempat relaksasi yang nyaman bagi pemiliknya. Ditambah pula pada sisi lainnya terdapat jendela sehingga dapat melihat pemandangan luarnya. Toilet dan shower berada di ruang sebelah bathtub, di bagian lainnya terdapat walk-in closet yang tampil minimalis dan juga elegan dengan rak pajangan bergrid tempat menyimpan koleksi tas dan sepatu. Kamarnya pun juga dilengkapi akses menuju balkon dengan pepohonan rindang.

Pada teras terbukanya di bagian depan bangunan, meja dengan kursi anyaman tersedia lengkap untuk penghuni mengadakan pesta makan malam bersama keluarga. Pemandangan alami serta pepohonan yang tumbuh memberikan kesegaran tersendiri ketika duduk di area ini. Sembari saling mengakrabkan diri, menikmati santapan pun akan terasa lebih nikmat.

Jadi apa rumah ini cukup menginspirasimu?

sumber: the rough house


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter