article / Tips & Trick / Tips Memilih Layout Ruang Rumah Hunian yang Pas dan Ideal Untuk Anda dan Keluarga
07 Agustus 2018 181 Views

Tips Memilih Layout Ruang Rumah Hunian yang Pas dan Ideal Untuk Anda dan Keluarga

Hal awal ketika akan mendesain sebuah rumah, tentunya adalah merancang layout hunian yang sesuai dengan ukuran, bentuk, dan juga fungsinya. Terkadang ada kesalahan pada layout hunian yang dibuat baik oleh pemilik rumah ataupun sang desainer. Seperti misalnya arah bukaan pintu yang tidak sesuai ekspetasi atau jenis jendela yang diinginkan. Berikut beberapa hal yang harus dipahami untuk mereka yang akan merancang layout rumah atau membeli hunian baru.

1. Pilih Layout Rumah yang Sesuai dengan Gaya Hidup

sumber foto

Jika anda memilih sendiri pilihan layout hunian, tentunya anda harus memperhatikan gaya hidup anda. Tidak semua desain pasti akan sesuai dengan anda dan keluarga. Misalnya saja anda memiliki patah tulang yang membuat anda tidak nyaman untuk menaiki tangga, sesuai kondisi tersebut tentu saja hunian yang hanya memiliki satu lantai menjadi pilihan terbaik. Ataupun seandainya keluarga anda lebih suka ruang yang privat atau terbuka. Berbagai macam hal yang berhubungan dengan keseharian akan sangat berpengaruh dengan desain layout huniannya.

2. Tanyakan Hal yang Tidak Dimengerti Mengenai Denah Lantai

sumber foto

Layout ruang akan terlihat dalam sebuah gambar kerja atau biasa disebut denah memiliki gambar simbol yang tidak semua orang mengerti. Apalagi jika anda adalah orang yang sangat awam dengan gambar arsitektural. Alih-alih sekedar menduga, akan lebih baik langsung menanyakan kepada ahlinya. Dengan memahami denah, anda akan mengetahui arah dari bukaan pintu, jendela, dan juga arah tangga.

3. Jangan Berpikir Ukuran Denah Sama Dengan Ukuran Ruang yang Terbangun


sumber foto

Meski ukuran pada denah tampak luas, namun ketika layout ruang tersebut sudah terbangun tentu ukurannya tidak akan terhitung sama persis. Ukuran yang berbeda tersebut bisa dikarenakan ukuran dinding atau kusen pintu dan jendela uang terbangun. Anda perlu menghitung ulang ukuran eksisting yang sudah terbangun sehingga dapat memasukkan berbagai macam furniture yang sesuai untuk mendekor ruangannya.

4. Lokasi Hunian, Letak Layout dengan Lingkungan

sumber foto

Ketika akan merancang desain sebuah layout hunian, anda juga harus memperhatikan lingkungan sekitarnya. Orientasi bangunan dengan lingkungan akan berpengaruh dengan kenyamanan oenghuninya. Misalnya saja ruang yang berada di sebelah timur dan barat akan lebih banyak menerima cahaya alami, pilihlah area tersebut untuk dijadikan ruang terbuka bersama. Adapun misalnya jika bangunan memiliki pemandangan yang indah dan sangat bagus, sisi tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ruang tidur utama. Mood yang baik pun akan tercipta dengan orientasi bangunan yang baik.


5. Pikirkan Bagaimana Anda Akan Meng"upgrade" Huniannya Kelak

sumber foto

Jika rumah yang akan anda huni sudah terbangun dan anda melakukan tur rumah, anda harus memperhatikan bagaimana akan upgrade rumah kelak. Apa saja furniture dan ukurannya yang pas dengan layout rumah. Hal ini akan membantu anda lebih mudah untuk menentukan layout rumah yang pas untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk mengajak keluarga anda saat tur rumah agar seluruh penghuni dapat mengeluarkan pendapat atau keluhan yang tidak pas dengan kebiasaan penghuninya.

6. Pikirkan Ruang Terbuka dalam Hunian Saat Mendesain Layout Hunian


sumber foto

Di dalam rumah tidak hanya ruang-ruang utama saja yang harus ada namun juga ruang untuk hiburan bersama keluarga. Seperti ruang keluarga yang pas pada hunian atau desain sebuah patio dan kebun. Tentunya desain ruang terbuka ini akan tergantung juga dengan gaya hidup penghuninya itu sendiri.

7. Pikirkan Keamanan dan Keselamatan Anak Anda

sumber foto

Jika anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentunya anda harus memperhatikan layout rumah yang nyaman untuk si buah hati. Jika rumah dengan layout bertingkat, anda harus membuat railing pada tangga dan balkon sehingga anak akan lebih aman.  Adapun dekorasi keramik yang cocok dan cantik untuk di dalam rumah namun hal tersebut akan berbeda karena adanya anak-anak. Modifikasilah layout ruang agar dapat tetap terlihat cantik namun nyaman untuk anak.

8. Pilih Layout Ruang yang Pas dengan Budget

sumber foto

Daripada membeli rumah dengan layout yang besar untuk masa mendatang, akan lebih baik jika belilah layout hunian yang pas dengan budget. Ke depannya anda dapat melakukan berbagai macam renovasi secara bertahap sehingga pengeluaran anda tetap dalam kendali. Hunian pun akan terasa lebih nyaman karena tidak ada beban pengeluaran yang terlalu besar sehingga pikiran pun lebih lega.

sumber: freshome


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter