article / Bedroom / Tips Mendekor Kamar Tidur Berukuran Kecil! Kamar Jadi Lebih Nyaman dan Lapang dengan Cara Ini Loh!!!
09 Mei 2018 32K Views

Tips Mendekor Kamar Tidur Berukuran Kecil! Kamar Jadi Lebih Nyaman dan Lapang dengan Cara Ini Loh!!!

Ukuran kamar tidur tentunya bisa beragam sesuai dengan ukuran rumah dan kebutuhannya. Namun memang tidak sedikit ukuran kamar tidur untuk satu orang seperti di bangunan kos ataupun rumah lainnya punyaa ukuran yang terbilang tidak luas atau kecil. Maka dari itu penataan ataupun dekorasi untuk kamar tidur sangat diperlukan agar orang di dalamnya merasa lebih nyaman dan juga santai. Berikut beberapa tips untuk mendekor kamar tidur.

1. Buatlah Focal Point di dalam Ruangan

decorupdate

Setiap ruangan tentunya membutuhkan sebuah focal point dimana mata dengan sangat mudah melihat ke area tersebut. Biasanya focal point ini sendiri berada pada bagian pertama kali membuka pintu sehingga sangat terasa eye-catchy. Jangan buat semua barang atau dekorasi di dalam kamar terasa menonjol karena hal tersebut akan membuat ruangan terasa penuh dan juga sesak.

2. Warna Skema Ruangan

pinterest

Memilih warna cerah akan memberikan suasana terang pada kamar tidurnya. Kamar yang terang pun juga akan berdampak pada tampilan yang luas. Maka dari itu, warna di dalam kamar utama kan dengan warna dasar netral atau yang simple sehingga memantulkan cahaya ke segala sisinya. Jika terlalu banyak warna digunakan dalam kamar, tentunya akan terlihat tidak baik dan juga membuat tampilan kamar menjadi tidak jelas. Pilihlah satu warna netral sebagai background kemudian tambahkan satu atau dua warna aksen agar kamar tidak monoton.

3. Tampilan Vertikal


pinterest

Untuk ruangan yang terasa rendah dan kecil, salah satu cara mengakalinya adalah denngan menambahkan aksen garis vertikal pada kamar. Aksen vertikal ini sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti menambahkan tirai memanjang pada jendela dari atas hingga ke lantai, mencat kamar dengan garis vertikal, atau pun menyusun barang pada rak secara vertikal. Hal tersebut akan membuat kamar terasa lebih tinggi dan luas.

4. Proporsi Furniture yang Sesuai dengan Skala Ruang

decorapatio


Segala furniture di dalam kamar tentunya harus saling bersesuaian. Jika tempat tidur berukuran kecil dipilih, maka berbagai furniture di dalamnya pun harus dipilih pula yang proporsinya juga sama sehingga lebih seimbang dan seirama. Hindari meletakkan barang dengan ukuran yang tidak semestinya di dalam kamar. Pilihlan furniture, seperti meja belajar atau almari yang simple dan tidak memakan tempat.

5. Tempat Penyimpanan dalam Kamar

thespruce

Dalam mendekor ruangan yang berukuran kecil, setiap centimeter ruangnya perlu dimanfaatkan. Setiap sudutnya perlu diperhatikan karena bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan barang. Di dalam kamar tidur, berbagai rak buku ataupun almari pakaian perlu ditata dengan baik sehingga terlihat rapi. Kamar yang rapi akan membuat ruangan terasa lega dan luas. Jika akan membuat rak gantung pada dinding kamar, perhatikanlah sisi dinding sebelah mana yang lebih menguntungkan jika dipasangkan sebuah rak.

6. Memberikan Kesan Ruang yang Terbuka


pinterest

Agar kamar terasa luas, tentunya kamar perlu memiliki kesan terbuka. Terbuka disini berarti tidak banyak sekat ataupun berbagai furniture yang tidak memakan banyak tempat. Seperti halnya pemilihin kasur tempat tidur, memilih kerangka kasur yang simple atau berkolong, serta meja belajar yang tidak tergabung dengan rak bukunya bisa memberikan kesan terbuka pada ruangan. Kesan ini akan membuat kamar jadi lebih nyaman.

7. Pencahayaan di dalam Kamar Tidur

homedit

Baik pencahayaan alami ataupun buatan akan mengubah impresi kamar tidurmu. Jendela di dalam kamar tentunya tidak boleh terhalangi furniture ataupun barang apapun sehingga cahaya dapat masuk ke dalam kamar. Untuk pencahayaan buatan dari lampu, berbagai macam teknik pencahayaan akan menghasilkan berbagai kesan, maka dari itu pilihlah teknik pencahayaan lampu yang menyebar keseluruh sudut ruangan.

8. Tambahkan Cermin atau Kaca Reflektif

pinterest

Sebuah cermin akan memantulkan keadaan di dalam ruangan. Pantulan tersebut saat dilihat, tentu akan memberikan gambaran luas pada kamar. Selain memberikan pantulan gambar, cermin juga akan memantulkan pencahayaan sehingga akan sangat baik untuk kamar tidurnya. 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter