article / Family Room / Tips Mendekor Ruang Keluarga Agar Penghuni Betah Berlama-lama di Dalamnya
01 Oktober 2018 133 Views

Tips Mendekor Ruang Keluarga Agar Penghuni Betah Berlama-lama di Dalamnya

Memiliki ruang keluarga yang tidak besar tentu saja bukan jadi masalah untuk mendesain ruang yang nyaman saat berkumpul bersama. Berbagai macam trik dapat dilakukan untuk memanipulasi besaran ruang atau tampilan di dalamnya. Saat mendekor ruangannya perlu memperhatikan desain yang pas untuk kepribadian seluruh anggota keluarga. Rancang ruang keluarga agar seluruh penghuninya betah di dalamnya dengan beberapa tips ini.

 

Berikan Elemen yang Nyaman didalamnya

sumber foto

Meski punya ruang yang kecil ataupun terasa sempit, menghadirkan elemen yang nyaman seperti sofa, ataupun karpet yang dapat menjadi pilihan. Jika ingin meletakkan sofa, pilihlah yang tidak memakan banyak ruang didalamnya. Adapun area duduk lesehan juga bisa terasa nyaman didalam ruangan dengan karpet yang lembut. Pastikan kenyamanan terlebih dahulu yang diutamakan dalam mendesain ruang keluarga di rumah.

 

Pilih Warna Putih

sumber foto

Warna putih pada dinding ataupun lantai akan membantu menerangi keseluruhan ruang keluarga. Selain menerangi, warna ini juga memberikan kesan luas pada ruangannya. Anda dapat menambahkan beberapa aksen warna-warni yang menjadikannya sebagai titik fokus ruang. Misalnya saja dapat ditampilkan dengan furniture meja berwarna ataupun lukisan pada dindingnya.

 


Furniture Multifungsi di dalam Ruangan

sumber foto

Memilih furniture multifungsi di dalam ruang keluarga yang tidak terlalu besar tentu saja dapat menjadi salah satu tips dekor ruang keluarga ini. Misalnya saja rak buku yang juga dijadikan tempat meletakkan televisi atau berbagai hiasan lainnya. Adapun penggunaan sofabed juga menjadi favorit di ruang keluarga karena dapat digunakan untuk duduk bersama ataupun tiduran santai sambil menonton tv. Penggunaan meja ottoman, yaitu tempat duduk empuk dengan bagian atas datar yang dapat digunakan sebagai meja di dalam ruang saat tidak diperlukan untuk duduk.

 

Perhatikan Skala antar Ruangan dengan Benda di Dalamnya


sumber foto

Berbagai benda yang diletakkan di dalam ruangan harus memperhatikan ukuran ruang. Jika punya sofa yang terlalu besar, padukan dengan meja kopi yang pas diantara dudukan. Hindari untuk memilih dekorasi yang terlalu kecil di dalam ruang karena dapat memberikan kesan berantakan jika diletakkan sembarangan di dalam ruangan.

 

Pemilihan Lampu pada Ruangannya


sumber foto

Menggunakan lampu yang langsung dipasangkan pada langit-langit atau dinding akan lebih menghemat ruangan dibandingkan lampu meja dan lantai. Selain permasalahan ruang, lampu yang berada di area langit-langit juga akan lebih aman karena lampu yang tergeletak di lantai dan tinggi dapat dengan mudah tersenggol dan pecah. Hal tersebut tentunya akan membahayakan anggota keluarga ataupun anak kecil yang bermain di ruang keluarganya.

 

Untuk Ruang Keluarga dengan Jendela, Tambahkan Kain Tirai

sumber foto

Kain tirai pada jendela perlu dipasangkan agar ruangan terasa lebih privat. Namun bukan sekedar tirai, akan sangat baik jika kain yang dipilih berwarna cerah. Warnanya yang cerah memberikan tampilan bersih dan luas pada ruangan. Letakkan juga gantungan tirai lebih tinggi dari jendelanya pada dinding. Meletakkan kain tirai di area tersebut dapat memberikan ilusi ruangan jadi lebih tinggi dan luas.

 

Menggunakan Karpet Berpola Besar

sumber foto

Penggunaan karpet pada ruangan tentunya tidak hanya bertujuan untuk mempercantik ruang keluarga saja, namun juga memberikan kehangatan serta ilusi ruangan yang luas. Karpet yang memiliki pola besar, pastinya akan memberikan gambaran lantai yang luas sehingga ruangan terasa lebih lebar. Pilihlah warna yang menonjolkan polanya serta membuat cahaya terpantulkan didalamnya.

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter