article / Home Decor / Tips Mendekorasi Rumah Untuk Menyambut Hari Raya Idul Fitri Agar Lebih Meriah
21 Juni 2017 168 Views

Tips Mendekorasi Rumah Untuk Menyambut Hari Raya Idul Fitri Agar Lebih Meriah

Ramadan memang waktu yang special untuk mengontrol emosi dan bercermin atas perbuatan kita selama ini. Dengan adanya fenomena mudik, tentunya rumah akan terasa sangat ramai baik dari datangnya keluarga, sanak saudara ataupun tetangga. Kegiatan satu tahun sekali ini tentunya harus terasa istimewa dan meriah. Salah satu memeriahkan kegiatan ini adalah dengan mendekorasi rumah. Berikut beberapa tips mendekor rumah untuk menyambut hari raya Lebaran.

1. Persiapkan rumahmu

https://id.pinterest.com

Gunakan semangat liburanmu dengan mempersiapkan dekorasi ala Ramadan di rumah. Jika memang menghias dengan berbagai banner dan tulisan seperti ‘Eid Mubarak’ atau ‘Selamat Hari Raya Idul Fitri’ selesaikan dari jauh-jauh hari. Jangan baru mulai mendesain atau mencetaknya sehari sebelum hari H. Setidaknya persiapkan 10 hari sebelum hari raya tiba. Selama itu pula dekorasi juga sudah bisa dipasang untuk memeriahkan lingkungan di sekitar rumah kita. Letakkan banner atau dekorasi bertuliskan itu ditempat yang mudah dilihat secara umum, misalnya di depan pintu ataupun di ruang tamu.

2. Tambahkan elemen penerangan pada rumah

https://id.pinterest.com

Penerangan menjadi salah satu dekorasi yang tentunya dapat memeriahkan hari raya. Pada beberapa Negara bagian timur tengah menghias rumah dengan dekorasi lentera yang unik. Lentera dengan motif tertentu akan membuat suasana rumah terasa lebih khas dan istimewa.

3. Tampilkan pameran ala Ramadan

https://au.pinterest.com

Hiasi meja makan atau meja yang ada di rumahmu dengan berbagai macam hiasan atau pajangan Ramadan. Meletakkan lentera, dan berbagai ornament lainnya yang sesuai dengan tema Ramadan. Bisa juga berupa figura dengan gambar kaligrafi ataupun berbagai toples cemilan kue lebaran.

4. Sediakan buah Kurma

https://id.pinterest.com

Buah kurma cukup identik dengan bulan Ramadan. Letakkan buah kurma tersebut dalam berbagai toples dengan dekorasi unik. Buah kurma tersebut tentunya juga menjadi sebuah elemen penghias khas Ramadan ketika ditaruh di meja makan ataupun meja tamu. Sehingga buah ini memiliki peran ganda. Sebagai cemilan dan juga hiasan.

5. Libatkan anak-anak dalam mendekorasi

https://id.pinterest.com

Momen berkumpul bersama keluarga tentunya melibatkan berbagai generasi. Baik dari orang tua hingga anak-anak. Tambahkan elemen yang lucu dan menarik bagi anak-anak sehingga mereka juga ikut merayakan hari besar ini bersama keluarga. Berpikirlah kreatif dalam mendesain untuk Ramadan ini. Anak-anak juga dapat membuat dekorasi seperti menggambar ataupun membuat prakarya yang sesuai tema dan nantinya kita bisa pajang karyanya untuk memeriahkan hari lebaran. Jadi lebih seru dan mengasyikkan bukan?

6. Hitung mundur Hari raya

https://id.pinterest.com

Menghitung mundur kedatangan hari raya tentunya akan meningkatkan semangat dan antusiasme. Tambahkan dekorasi hitung mundur sehingga kamu dan keluarga tidak lupa bahwa hari raya akan segera tiba.

7. Menghias kue kering ala lebaran

https://id.pinterest.com

Mendekorasi kue kering dengan hiasan dan warna hari raya juga bisa menjadi sebuah ornamen yang menarik. Selain menarik minat untuk dimakan, kue khas lebaran ini akan menambah keceriaan di dalam rumah. Tapi jangan lupa juga ya tetap sediakan masakan ala hari raya seperti ketupat, opor, rendang, dan berbagai macam makanan lainnya.

8. Buatlah tradisimu sendiri

https://id.pinterest.com

Ramadan tidak hanya berada di Indonesia, namun juga dibeberapa Negara lainnya dengan kebudayaan yang berbeda-beda pula. Terapkan satu tradisi unik untukmu dan keluarga sehingga setiap berkumpul bersama setaun sekali tersebut lebih berkesan. Misalnya dengan mengadakan acara pecahkan piñata ataupun kegiatan lainnya yang mengakrabkan sesame anggota keluarga. Tentunya kaitkan juga tradisi tersebut dengan suasana hari raya. Misalnya memecahkan piñata berbentuk ketupat dan sebagainya. Persiapkan dekorasi yang nanti akan kamu butuhkan.

Jadi bagaimana teman-teman? Sudahkah kalian mempersiapkan segala dekorasi menyambut hari raya Idul Fitri?

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment