article / Building / Villa WRK: Villa Bali di Atas Bukit yang Menghadap ke Arah Laut dan Ruang Terbuka di Dalam Huniannya
28 Maret 2018 1K Views

Villa WRK: Villa Bali di Atas Bukit yang Menghadap ke Arah Laut dan Ruang Terbuka di Dalam Huniannya

Sebuah villa yang berlokasi di Badung, Bali memiliki luasan area sebesar 637 meter persegi. Didesain oleh parameter Architecture, hunian ini berada di perbukitan kapur daerah Uluwatu. Hunian yang mengarah ke laut ini memberikan pemandangan cantik di luar bangunan. Desain villa untuk keseluruhan terdiri dari empat kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga, dan juga kolam renang dengan deknya.

Villa ini sendiri terdiri dari dua lantai yaitu lantai dasar dan juga lantai basement. Untuk lantai basement difungsikan sebagai ruang servis. Terdapat kamar tidur pelayan villa dan juga dapur. Tidak lupa pula tersedia area parkir di lantai ini. Berbagai ruang utilitas juga terdapat di area ini.

Untuk masuk ke dalam hunian, pengunjung akan melalui dua pintu depan. Pintu yang berada paling depan dianggap juga sebagai pintu pagar menuju area transisi ke dalam rumah. Bagian dalam rumah sangat tertutup sehingga tidak dapat dilihat dari luar begitu saja. Dinding tinggi pun mengelilingi kawasan villanya. Pintu depannya ini pun menunjukkan desain yang modern dan juga tegas dengan frame kotak dan warna netralnya.


Setelah memasuki pintu depan rumah, pengunjung akan memasuki area transisi dimana terdapat kolam ikan dibalik partisi berlubang. Area transisi dihiasi dengan taman hijau dan jalanan setapak menuju pintu kaca ke dalam rumah. Dari area transisi ini dapat terlihat ruangan di dalam villa melalui dinding kacanya. Adanya innercourt ini membuat rumah terasa lebih unik dan juga fresh.

Ketika memasuki rumah ini, ruang makan dan juga ruang keluarga menjadi hal yang terlihat pertama kali. Ketiga ruang utama yaitu ruang makan ruang keluarga dan juga dapur berada di dalam satu ruang terbuka di bagian tengah rumah. Tanpa sekat tentunya area ini menjadi ruang public yang membuat suasana penghuninya terasa lebih akrab.


Ruang makannya terdiri dari meja kayu dan juga kursi empuk. Ukuran meja yang cukup panjang ini dapat menampung sekitar 10 orang. Nuansa yang terlihat formal dan hangat ditambah dengan lampu gantung melingkarnya yang unik.

Sedangkan di bagian ruang keluarga yang tepat di samping area makannya, di fasilitasi dengan sofa duduk yang nyaman dan juga televisi. Tempat ini akan sangat nyaman untuk mengakrabkan diri dengan keluarga ataupun sahabat yang menginap di vila ini. Dinding kayu yang menghias ruangan tentunya menjadi salah satu tampilan untuk mengharmoniskan ruang keluarga dengan ruangan lainnya. Warna kayu tersebut juga menyamarkan pintu masuk menuju kamar tidur yang berada tepat di belakang dinding televisinya.


Setiap kamar tidurnya dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan almari kloset. Hanya kamar tidur utama saja yang memiliki area mandi bath-tub sedangkan yang lainnya hanya dilengkapi oleh shower untuk mandi. Kamar tidur utama juga memiliki pemandangan yang lebih menarik karena letaknya yang berada melayang di atas kolam renangnya. Pelingkup kaca di kedua sisinya tentu membuat kamar tidur akan dapat melihat pemandangan cantik ketika tidur ataupun bangun. Kolam renang pun juga dapat langsung diakses melalui kamar tidur utama ini.

Villa juga memiliki area teras yang menghadap ke kolam renang dan juga pemandangan laut. Teras ini dibikin dengan atap sehingga areanya akan terlindungi dari hujan dan juga panas matahari. Sofa dan juga kursi gantung menjadi bagian dalam ruang santai teras. Adapun kipas angin juga dipasang pada bagian langit-langit terasnya.

Adapun villa ini memiliki atap rumah yang difungsikan. Bagian atap dak rumah dimanfaatkan sebagai ruang kumpul terbuka. Atapnya ditumbuhi dengan rerumputan hijau dan dilengkapi dengan dudukan sofa yang nyaman.

Massa bangunan villanya terdesain baik dari bentuknya hingga orientasinya. Keseluruhan ruang dapat menikmati cahaya alami dari matahari melalui dinding kaca di berbagai area dan juga udara segar dari ventilasinya. Pengembangan desain dan juga pemilihan materialnya dilakukan dengan teliti agar dapat memperlihatkan tampilan resor modern dengan sentuhan lokal sehingga identitas bangunan tidak hilang.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter