article / Building / Dua Style Desain dalam Satu Rumah! Unik dan Keren!!!
08 Februari 2018 622 Views

Dua Style Desain dalam Satu Rumah! Unik dan Keren!!!

Rumah dengan luasan area 70 meter persegi ini berlokasi di West Tytherley, UK. Dirancang oleh Stephen Marshal Architects, rumah ini memiliki penampakan yang unik. Bagaimana tidak, rumah ini memiliki fasad yang tampak modern namun di lain sisi memiliki penampilan yang berkesan tua dengan dinding yang dihiasi oleh tanaman di sebagian bangunannya.

Bagian rumah dengan gaya modern memiliki fasad kaca ultra yang membuat ruangan terdiri dari ruang makan dan dapur terbuka menerima pencahayaan alami dari luar. Suasana rumah di area dengan banyak pepohonan tentu membuat pemandangan dari tempat ini terasa menarik.

Pemilik rumah ini merupakan produser TV dan Film yaitu Elaine Sperber dan Nick Manzey. Mereka menyukai hasil karya dengan material yang alami termasuk dengan pencahayaan. Rumah ini sendiri pun menjadi renovasi rumah yang unik dan menarik baik dari eksteriornya maupun interiornya.

Rumah yang awalnya memiliki bentuk dasar L ini dijadikan dasar kotak dengan penambahan bangunan baru tersebut. Bagi Stephen Marshall, penambahan bagunan baru harus memiliki tampilan yang berbeda dari aslinya dan kedua tampilan tersebut dapat terlihat berdiri sendiri.


Bagian rumah yang dilingkupi oleh tanaman tersebut merupakan bagian eksisting dari rumah ini. Bentuk rumah dengan gaya victorian menjadi ciri khas asli rumah ini. Namun perpaduan menarik pun diberikan dengan penambahan bangunan bergaya modern dari dasar hingga atapnya. Tidak hanya tampilannya saja, baik dari material dan struktur juga menggunakan sistem modern.

Dalam mendesain renovasi rumah ini, sang arsitek pun membuat gambaran modeling menggunakan komputer sehingga dapat terlihat struktur apa yang akan digunakan. Bentuk bangunan modern pada rumah ini menggunakan sistem kantilever sehingga pada bagian sudut ruangannya tidak terdapat balok penyangga dan bisa diletakkan dinding kaca ultra.


Lantai batu yang berada di bagian luar dan dalam bangunan baru menjadi hal yang menyambungkan antara rumah dengan area outdoornya. Hal ini juga kontras dengan tampilan rumah asli yang menggunakan batu bata.

Rumah ini memiliki pintu masuk utama di area barat rumah dimana bagunan aslinya terbentuk. Pada lantai dasarnya terdapat ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga. Kemudian dikarenakan adanya bangunan baru, area baru tersebut difungsikan sebagai area dapur dan ruang makan terbuka yang luas. Tentunya hal ini membuat area ruang keluarga jadi lebih besar dan dapat didesain ulang dengan lebih menarik.


Lalu untuk lantai atasnya menjadi area privat pemilik rumah. Terdapat 3 kamar tidur, satu kamar mandi di bangunan asli dan bangunan baru pun menjadi kamar tidur utama beserta dengan walk-in closet dan kamar mandi dalam. Dengan adanya bangunan tambahan tentunya menjadikan rumah ini lebih luas dan memiliki ruang lebih banyak.

Material yang saling kontras di kedua bangunannya memberikan keunikan tersendiri. Bisa dilihat pada bangunan ala victorian, jendela berframe menjadi identitas dan kekhasan tersendiri. Sedangkan pada bangunan barunya yang modern, jendela dan pintu terbuat dari kayu oak. Tidak hanya daun pintu dan jendela saja, namun material lantai pada kamar tidur di bangunann baru dan furniture di dalamnya juga menggunakan jenis kayu tersebut.

Perpaduan kedua gaya pada rumah ini tentunya terasa unik dan tidak biasa. Namun kedua gaya tersebut terlihat saling menyatu atau bahkan dapat terlihat sebagai bagian yang berdiri sendiri.

Area outdoor diantara rumah dengan gudang pada lahan rumah digunakan sebagai area bersantai dan berkumpul. Tentunya area luar rumah ini juga terasa sejuk dengan adanya pepohonan dan tanaman yang tumbuh disekitarnya.

sumber: Rumah dua style | photo by: Liz Eve


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter