article / Building / Renovasi Rumah dari Gaya Ranch Jadi Modern! Teras Halaman Belakangnya Unik Banget!!!
21 Desember 2017 116 Views

Renovasi Rumah dari Gaya Ranch Jadi Modern! Teras Halaman Belakangnya Unik Banget!!!

Rumah yang berlokasi di Austin, United States ini merupakan hasil renovasi yang dilakukan oleh co(X)ist Studio. Disebut dengan rumah Y karena dibagian ujung rumahnya terdapat massa bangunan tambahan berbentuk Y. Lahan rumah ini cukup luas sekitar 590 meter persegi, direnovasi tahun 2014.

Bagian depan rumah sebelum renovasi

Rumah yang awalnya ini didesain dengan gaya ranch atau peternakan di tahun 1962 memiliki bentukan rumah pada umumnya. Dengan material papan kayu yang menjadi ciri khas gaya ranch, rumah ini berubah menjadi lebih modern dan juga natural. Halaman yang luas menjadikan rumah ini dapat direnovasi dengan menambahkan ruang pada rumahnya.

teras belakang rumah

Gaya modernnya ini memberikan tampilan fresh pada lingkungannya. Rumah ini didesain dengan menyajikan fasilitas untuk beraktivitas sehari-hari dan juga untuk bekerja pemilik rumah.

transformasi desain massa bangunan

Penambahan desain dimulai dengan menambahkan bentukan massa kotak pada bagian ujung bangunan yang kemudian dibagi pada bagian tengah untuk membagi kotakan menjadi bentukan Y. Bagian yang terbagi itu kemudian dibentuk kembali dan dijadikan ruang privasi yang nyaman.

koridor ujung ruangan

Adanya pembagian massa tersebut menciptakan sebuah halaman di ujung koridor. Tentunya hal tersebut menjadi sangat menguntungkan sehingga pintu diujung koridor tersebut dapat menjadi media sirkulasi cahaya dan juga memberikan pemandangan alam dari luar ke dalam rumah.

denah rumah

Dari depan rumah, akan terlihat dua buah pintu. Pintu tersebut merupakan pintu menuju ruang tamu dan yang satunya lagi menuju ke ruang kerja. Meski begitu kedua ruang ini terhubung oleh area dapurnya. Desain rumah terbuka dapat dilihat dengan tidak adanya sekat antara ruang tamu dan ruang makan.

ruang tamu/keluarga dan ruang makan

Ruang makan terhubung dengan teras belakang rumah sehingga suasana fresh dan alami pun dapat terasa di area ini. Adanya bukaan yang lebar ke area outdoor tentunya juga baik untuk sirkulasi udara, sehingga udara panas dapat keluar ruangan. Karena area depan rumah juga memiliki bukaan yang lebar, tentunya pertukaran udara secara silang dapat terjadi.

kamar tidur anak

Rumah ini memiliki tiga kamar tidur berukuran sama dan satu kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam di ujung bangunan. Kamar tidur utama juga dilengkapi dengan jendela geser yang besar dimana terhubung langsung dengan teras halaman belakang rumah.

Kamar anak di dalam rumah ini dibuat sangat menyenangkan dengan berbagai warna dan tentunya furniture yang nyaman untuk anak. Baik dari kasut hingga area bermain didesain aman dan playful.

teras halaman belakang rumah

Pada bagian teras belakang rumah, terdapat berbagai dudukan dan furniture untuk bersantai. Adapula keunikan yang berada di teras ini adalah pohon yang dibiarkan tumbuh alami sehingga teras dan atap teras pun terdapat lubang yang membuat pohon tetap hidup. Desain seperti inilah yang sudah banyak menjadi panutan karena tidak merusak alam.

ruang keluarga dan dapur

Lalu untuk ruang kerja di dalam rumah, awalnya merupakan sebuah garasi. Ruang kerja ini merupakan sebuah studio untuk pemilik yang merupakan seorang arsitek. Ruang kerja tersebut menyediakan ruang untuk bertemu dengan klien dan juga bekerja. Ruangan yang juga terhubung dengan rumah ini memungkinkan klien mereka untuk dapat melihat rumah sebagai salah satu bentuk desain yang dibuat oleh sang arsitek.

tampak belakang rumah

Rumah ini menggunakan material daur ulang pada rumah sebelumnya. Kayu-kayu untuk area teras dan kursinya dibuat dari kayu rumah aslinya. Rumah ini juga dipenuhi dengan pencahayaan alami dari jendela dan skylights sehingga akan mengurangi kebutuhan akan listrik di dalam rumah.

ruang dapur dan ruang bbq outdoor

Renovasi rumah yang awalnya memiliki desain bergaya ranch menjadi modern ini benar-benar unik. Baik desain depan dan belakang rumah sangat cantik dan memiliki fasad yang beragam sehingga tidak terlihat membosankan. Desainnya yang memperhatikan alam salah satu cara untuk mengkombinasikan arsitektural dengan lingkungan. Desain yang tidak merusak lingkungan tentunya menjadi panutan untuk desain bangunan jaman sekarang.

sumber: Y house

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter