article / Tips & Trick / Trik Mendesain Interior Pada Ruangan Mungil
26 Maret 2022 2K Views

Trik Mendesain Interior Pada Ruangan Mungil

Ketika memiliki rumah yang mungil maka akan mengalami kesulitan dalam mendesain interiornya. Oleh karena itu, menjadi tantangan saat harus mencoba menyesuaikan semuanya dan membuat segala furniture dengan dekorasi yang digunakan tetap selaras dan membuat ruangan terasa lebih luas. Terdapat beberapa trik mendesain interior pada ruangan mungil yang dapat dijadikan referensi dalam menemukan solusi cerdas untuk hambatan yang dihadapi.

Tetap Homey

Sumber: id.pinterest.com

Meski memiliki ruangan mungil nampun pastikan untuk memilih segala furniture serta dekorasi dengan baik. Pada bagian raung tamu ini memiliki desain interior yang homey. Dengan sebuah sofa memanjang serta sofa single berwarna krem. Kemudian meja dengan ukuran cukup besar berwarna putih yang berasal dari material kayu. Diatas meja juga diletakkan vas bunga yang membuat tampilan ruang tamu nyaman untuk ditempati. Jendela yang ada pada ruang tamu ini juga memilikiukuran cukup besar dengan girden berwarna putih, sehingga menjadi pencahayaan di siang hari. Lampu yang digunakan pada ruang tamu mungil ini menggunakan lampu gantung. Agar tidak nampak sempit maka sebaiknya jangan terlalu banyak memasang hiasan dinding. Cukup dengan satu pigura berukuran sedang yang di tempel di dinding sebagai pusat ruangan.

Tetap Elegan

Sumber: pixabay.com

Saat mempunyai ruangan dengan ukuran mungil, bukan berarti harus mengabaikan sebuah konsep yang ingin diciptakan. Apalagi pada bagian ruang tamu yang menjadi tempat untuk orang yang berkunjung ke rumah serta melakukan perbincangan yang cukup panjang dengan mereka. Oleh karena itu, meski dalam area mungil ruang tamu tetap dapat di desain dengan menarik. Seperti pada gambar ruang tamu ini memiliki dua sofa memanjang dan satu single sofa yang disusun dengan bentuk melingkar, mengelilingi sebuah meja dibagian tengahnya. Ruang tamu ini juga dibuat dekat dengan jendela besar untuk memberi kesan luas dalam ruangan. Cat ruang tamu menggunakan warna dove grey, dengan furniture yang di dominasi warna abu muda membuat ruang tamu ini tampak elegan.


Elemen Kayu Dalam Ruangan

Sumber: id.pinterest.com

Penggunaan elemen kayu dalam desain interior ruangan juga membuat tampilan ruangan mungil menjadi tampak lebih nyaman dan luas. Bisa dilihat pada kamar tidur ini menggunakan material kayu pada bagian lemari, rak dinding, meja kursi hingga ranjang kasur. Ranjang kasur yang dipilih juga multifungsi, karena selain sebagai tempat kasur juga memiliki tiga laci yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Perpaduan warna putih serta warna coklat alami kayu menjadi kombinasi yang cocok untuk digunakan dalam ruangan mungil.

Furniture yang Tidak Terlalu Besar

Sumber: id.pinterest.com

Dalam ruangan yang mungil ukuran dari furniture memang perlu diperhatikan. Hindari memilih furniture yang terlalu besar, karena ini akan membutuhkan area yang halus. Namun, juga bukan berarti harus memilih furniture yang terlalu kecil. Pastikan bahwa furniture yang digunakan cukup dengan luas area yang berada di rumah dan memang sesuai dengan kebutuhan. Pada bagian ruang makan ini, meski memiliki ruangan mungil namun tetap dapat menampung empat anggota keluarga. Ukuran dari meja juga tidak terlalu besar, dengan panjang dan tinggi meja yang cukup. Pemilihan kursi juga harus dengan tepat, dan menghindari kursi yang memiliki lengan kursi yang membuat ruang makan tampak sempit. Bisa juga untuk memilih kursi yang terbuat dari material kayu untuk alas duduknya serta besi untuk bagian sandaran dan empat kakinya. Bagian dinding dapat diisi dengan pigura yang berisi beberapa gambar dan kata motivasi serta rak kecil untuk menyimpan teko hiasan. Letakkan juga satu pot tanataman dengan anyaman rotan dibagian samping tempat makan, untuk memberikan sentuhan alami dalam ruangan.


Tempat Penyimpanan yang Tepat

Sumber: pexels.com

Agar ruangan mungil tidak berantakan maka perlu menggunakan tempat penyimpanan yang tepat. Pada bagian dapur ini terdapat beberapa tempat penyimpanan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya gantungan digunakan sebagai penyimpanan beberapa perabotan dapur yang sering digunakan seperti teplon. Terdapat beberapa lemari yang disimpan dibagian bawah serta yang menempel di dinding. Lemari ini selain sebagai tempat penyimpanan, juga sebagai tempat untuk melindungi tabung gas elpiji dari kekacauan aktivitas dapur. Terdapat juga rak terbuka yang dapat digunakan sebagai menyimpan beberapa toples kaca yang berisi bumbu dapur.


Cermin Sebagai Pusat Ruangan

 Sumber: id.pinterest.com

Selain warna putih yang digunakan dalam ruangan agar nampak luas, penggunaan cermin sebagai pusat ruangan juga membuat kesan ceria dan lapang seperti pada bagian kamar tidur ini. Selain itu terdapat lemari sebagai tempat penyimpanan dan wastafelyang berada dalam satu tempat. Dalam membagi ruangan dengan shower tempat mandi juga menggunakan kaca bening. Hal ini membuat sekat sekaligus membuat ruangan nampak lebih luas.

Meski mendesain ruangan kecil merupakan sebuah tantangan, namun dengan beberapa trik yang telah dijelaskan ini dapat membantu dalam memasukan barang sebanyak mungkin ke dalam ruangan mungil. Dengan tetap membuat semua bagian ruangan dalam rumah tampak nyaman, tidak terlihat kacau dan berantakan.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter