ARTIKEL / Home Office / Cara Ciptakan Ruang Kerja Ideal di Rumah Selama WFH
42 lihat

Cara Ciptakan Ruang Kerja Ideal di Rumah Selama WFH

featured-image

Selama masa pandemi banyak orang yang terpaksa bekerja dari rumah, atau bisa disebut WFH (Work From Home). Berbeda dengan saat bekerja di kantor, kini kamu harus bekerja di rumah dengan kondisi tertentu. Nah, untuk memisahkan pekerjaan kantor dengan pekerjaan rumah, mungkin ada baiknya untuk mengatur ruang kerja di rumah. Hal ini tentunya bisa membantumu dalam berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan. Selain itu, terdapat manfaat lain dari memiliki ruang kerja pribadi di rumah, seperti:

  1. Dapat meningkatkan produktivitas.
  2. Hasil pekerjaan jadi lebih berkualitas.
  3. Memberikan lebih banyak waktu untuk keluarga.
  4. Mewujudkan work-life balance.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan saat menata ruang kerja di dalam rumah? Berikut penjelasannya!

Pilih Spot Khusus.

Image Source

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih spot atau sudut khusus, untuk dijadikan sebagai ruang kerja dirumah. Spot tersebut tidak harus besar, bahkan sebuah sudut ruangan dengan satu meja dan kursi pun sudah cukup untuk menjadi ruang kerja. Untuk memilih spot sendiri, usahakan posisi berada di depan maupun berada di dekat jendela rumah. Ini agar ruang tersebut memiliki sumber pencahayaan alami di siang hari, serta sumber aliran udara segar dari luar ruangan. Kamu juga bisa menikmati pemandangan yang bisa membantu mengatasi rasa jenuh atau sekedar mengistirahatkan mata. 

Pilih Meja dan Kursi yang Nyaman.

Image Source

Image Source

Ukuran meja bisa disesuaikan dengan seberapa luas ruang yang tersedia. Terdapat beberapa pilihan jenis meja yang dapat dipilih, jika anda lebih suka duduk lesehan bisa memilih meja yang rendah. Tapi jika sering berdiri untuk meregangkan punggung, bisa memilih meja dan kursi yang lebih tinggi. Saat memilih kursi juga harus mengutamakan kenyamanan saat bekerja. Jangan hanya memilih kursi karena tampilannya estetis tapi tidak nyaman diduduki, terutama jika anda bekerja selama berjam-jam. 

Pilih Desain Sesuai Selera.

Image Source

Untuk layout ruang kerja, coba saja cari inspirasi dari internet dan cocokkan dengan seleramu. Misalnya kamu lebih suka dengan desain ruang kerja minimalis, yang disesuaikan juga dengan interior rumah. Kalau lebih suka dengan penataan ruang kerja yang fungsional, kamu bisa memilih meja kerja yang memiliki tempat untuk penyimpanan. Salah satu contoh yang bisa kamu tiru adalah desain ruang kerja minimalis di atas. Selain cukup minimalis untuk sebuah ruangan yang terbatas, terdapat banyak ruang untuk penyimpanan di sebelah meja kerja. Warna hitam dan putih yang kontras juga terlihat cocok dengan desain interior rumah tersebut.

Gunakan Furnitur Multifungsi.

Image Source

Ada banyak kebutuhan furniture untuk menunjang pekerjaan, seperti meja, kursi, filing cabinet, lemari serba guna, dll. Sayangnya, luas ruangan terbatas membuat ruang kerja di rumah minimalis perlu pintar-pintar dalam memilih furnitur. Menggunakan furniture multifungsi merupakan salah satu langkah tepat yang bisa diterapkan saat membuat ruang kerja. Pilihlah desain yang modern dan futuristik dengan banyak fungsi dalam satu barang. Sebagai contoh meja besar yang dapat dilipat dan dijadikan sepaket kursi dan meja kecil atau almari. Kamu dapat menyesuaikan bentuk furniture dengan kebutuhanmu sehari-hari.

Pastikan Tempat Penyimpanan Memadai.

Image Source

Selain menata meja dan kursi, jangan sampai lupa menata ruang penyimpanan berkas dan peralatan kerja. Besaran ruang penyimpanan ini tentu tergantung dengan kebutuhan. Kamu juga bisa memasang sebuah rak buku kecil di samping meja, atau laci kecil dibawah meja. Atau jika meja kerja memang memiliki banyak laci, kamu bisa menyimpan berkas-berkas tersebut di dalamnya.

Dekorasi dengan Sentuhan Personal.

Image Source

Kamu bisa membuat desain ruang kerja dengan sentuhan personal. Bukan saja meja kerja, kamu dapat mendekor seluruh ruang kerjamu sesuai dengan selera. Hal ini bisa menambah semangat kerja, loh! Dekorasi dengan sentuhan personal juga dapat diwujudkan dalam warna favoritmu. Misalnya bagi kamu pencinta warna krem, kamu bisa membuat ruang kerja dengan warna kombinasi krem.

Nah, itulah panduan merancang ruang kerja di rumah. Perlu diingat, yang paling penting dalam membuat ruang kerja adalah kenyamanan.

invisible hit counter