ARTIKEL / Building /
456 lihat

Ini di Indonesia? Ini Nih, Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Minimalis dan Modern!

featured-image

Mendesain rumah di Indonesia yang memiliki iklim tropis pastinya memiliki tantangan tersendiri. Karena salah satu aspek penting adalah memastikan rumah memiliki ventilasi yang cukup. Karena hal tersebut, banyak arsitektur rumah di Indonesia yang menggunakan konsep open-plan layout atau ruangan yang terbuka dengan taman indoor yang hijau nan asri.

Ingin tahu ga sih, desainnya seperti apa? Yuk kita cek bareng-bareng!

 

 

1. DC 20 House, Jakarta

archdaily.com

Seperti yang kita tahu area urban Kelapa Gading yang sangat padat, dari Wahana Architects menawarkan hunian yang bernama DC 20 House. Rumah ini memiliki desain yang modern, efisien, dan kompak.

Memiliki taman indoor yang dapat dipastikan semua ruangan memiliki pencahayaan dan ventilasi yang bagus, dengan panel semi-transparan memberikan pemandangan sekaligus privasi bagi penghuninya.

 

2. Kampoong In House, Cimahi

arsitag.com

archdaily.com 

Kampoong In House, hasil karya arsitek yang bernama Ismail Solehudin ini memiliki tujuan mereplikasi pengalaman sang penghuni rumah yang terbiasa tinggal di kampung, untuk mendukung interaksi sosial.

Koridor yang terbentuk bukan hanya sebagai penghubung, namun juga sebagai kesempatan untuk bersosialisasi. Mengkombinasikan material lokal seperti batu bata, kayu, seng, besi, dan konkrit membuat arsitektur rumah tropis ini menjadi semakin unik dan autentik.

 

3. Rumah Kontainer Miring, Lombok

instagram.com

designboom.com 

Budi Pradono, sang arsitek yang mendesain rumah yang berada di tepi tebing dengan kontainer miring yang seolah-olah akan jatuh. Budi menggunakan tanah liat setebal 30 cm untuk melapisi dinding luar yang berguna untuk memastikan rumah tidak memerangkap panas yang ada.

Sang arsitek juga menggunakan material lain yang ramah lingkungan karena bersumber lokal, seperti kontainer berasal dari pelabuhan terdekat dan pelapis bambu sebagai plafonnya. Dan seperti inilah hasil arsitektur tropis yang modern dan inovatif.

 

4. Rumah Geometri, Jakarta

dezeen.com

Rumah Geometri yang keren ini ternyata rumah pribadi seorang arsitek yang bernama Realrich Sjarief, yang merupakan rumah sekaligus studio firma RAW Architecture dan perpustakaan arsitektur. Perpaduan antara kayu dan konkrit membuat desain rumah ini memiliki kesan industrial dan modern.

Dengan bentuk geometrinya yang sangat kuat, seperti jendela berbentuk lingkaran, kolam berbentuk persegi panjang, dan pintu yang berbentuk setengah daun memberikan kesan konsep organik yang cukup unik.

invisible hit counter