article / Building / Long House: Rumah Modern di Bandung yang Nyaman dan Sejuk dengan Berbagai Bukaan di Sekelilingnya
02 Oktober 2018 43 Views

Long House: Rumah Modern di Bandung yang Nyaman dan Sejuk dengan Berbagai Bukaan di Sekelilingnya

Rumah dengan luasan area sebesar 665 meter persegi ini merupakan hasil rancangan desain dari TWS & Partners. Berlokasi di Utara kota Bandung, masih terasa dikelilingi kawasan hijau dan rumah-rumah lama. Jauh dari padatnya jalanan kora Bandung, tentu saja tempatnya menjadi salah satu area yang pas untuk tempat tinggal bersama keluarga.

Perpaduan material dinding putih dengan kayunya memberikan sentuhan modern minimalis namun tetap autentik. Dari luar, hunian ini tampak megah karena bangunannya terbilang cukup tinggi. Pagar dinding yang tinggi membuat area rumah yang tampak dari luar hanyalah area parkir kendaraan dan eksteriornya. Bentuk massa bangunannya yang juga tidak biasa dirancang agar memiliki kesan dan imej yang berbeda dibandingkan dengan bangunan disekitarnya.

Bangunan rumahnya terdiri dari tiga massa yang dijadikan satu sehingga membentuk huruf H jika dilihat dari atas. Massa yang pertama berada di lantai dasar dengan bentukan memanjang yang menjadi penghubung antara kedua massa lainnya. Kedua massa yang sejajar namun berbeda tersebut memberikan bentukan unik pada eksterior bangunan. Bangunan ini sendiri juga disebut sebagai ‘Long House’ atau rumah panjang karena bentuknya yang memanjang dan horizontal.


Lahan hunian yang luas ini, memiliki area terbuka hijau yang cukup besar. Pengunjung yang masuk ke dalam rumah hunian ini akan disajikan dengan pemandangan taman depan rumah yang sangat hijau dengan berbagai macam tanaman hias ataupun rindang. Pengunjung akan melewati jalanan yang didesain cantik dengan lantai dan langit-langit kayu. Pada bagian dindingnya pun didesain unik, ada yang terbuka yang hanya dihiasi tiang-tiang penyangga adapun yang berpola persegi panjang dengan kayu coklat tua mengisi bagian bolongannya.

Pada lantai dasarnya terdapat berbagai ruang public seperti ruang tamu, ruang makan, dapur, dan juga berbagai servis area seperti laundry, toilet, dapur basah, serta kamar tidur asisten rumah tangga. Keseluruhan ruang di lantai dasar ini didesain terbuka dengan penggunaan dinding kaca sebagai partisinya. Penggunaan kaca tebal ini tentunya memberikan tampilan ruang yang lebih luas pada interior huniannya. Tidak hanya itu, cahaya dan udara dari luar dapat masuk ke dalam hunian lebih maksimal.


Selain bukaan yang lebar, untuk pendingin pada bangunannya terdapat pula kolam air yang menjadi sistem pendingin secara alami. Banyaknya bukaan juga memberikan pemandangan yang dapat dinikmati oleh pemilik hunian ditambahkan dengan adanya suara air yang mengalir sehingga memberikan ketenangan pada rumahnya.


Tidak hanya area bersantai dan berkumpul di dalam saja, namun juga terdapat area santai di teras terbuka pada bagian belakang hunian. Area ini juga dapat difungsikan sebagai area makan outdoor yang berada tepat di sebelah ruang tamu rumah. Dari area ini juga tampak terlihat tangga menuju lantai hunian di atasnya yang dilingkupi dengan kaca.

Untuk lantai duanya difungsikan untuk area privat penghuni dimana terdapat kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, dan juga ruang belajar. Setiap kamar tidurnya dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan juga area kloset pakaian yang cukup besar. Pada kamar tidur utamanya, juga tersedia area santai dan kamar mandi dalam dengan bathtub yang nyaman untuk menyegarkan diri. Seluruh ruangan di lantai dua ini dilengkapi dengan teras sehingga sirkulasi udara dan cahaya alami dan masuk ke dalam kamarnya.

Perpaduan material beton dan juga kayu memang menjadi salah satu hal yang normal dalam mendesain. Namun pada rancangan rumah ‘Long House’ ini TWS & Partners berhasil mengeksekusi desain menjadi cantik dan unik. Bukan hanya terdiri dari bangunan, lahannya pun juga digunakan untuk taman terbuka yang membuat rumah jadi terasa lebih nyaman dan menyegarkan.

sumber: archdaily

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter