article / Building / Untuk Kamu yang Suka Travelling, Wajib Mengunjungi Bangunan Ikonik Tiap Negara Ini...
14 Agustus 2017 160 Views

Untuk Kamu yang Suka Travelling, Wajib Mengunjungi Bangunan Ikonik Tiap Negara Ini...

Hari kemerdekaan tiap negara tentunya berbeda-beda, begitu pula dengan cara merayakannya. Selain bendera yang khas, tiap negara juga memiliki bangunan istimewa yang hanya ada di negara tersebut. Yap! Tempat tersebut adalah tempat-tempat ikonik di setiap negara yang berdiri megah. Yuk lirik beberapa bangunan yang menjadi ikon tiap negara di dunia.

1. Monumen Nasional, Jakarta, Indonesia

monumen nasional

Orang Indonesia, siapa yang tak tahu bangunan satu ini? Dikenal dengan tugu monas, monumen peringatan ini memiliki ketinggian 132 meter. Bangunan ini didirikan untuk mengingat jasa dan perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Monumen yang dibangun tanggal 17 Agustus 1961 dibawah pemerintahan Presiden Sukarno memiliki desain yang unik. Dihiasi dengan lapisan lempengan emas di bagian puncaknya yang melambangkan semangat perjuangan yang berapi-api.

2. Patung Liberty, New York, USA

liberty statue

Patung wanita satu ini merupakan salah satu patung raksasa yang menjadi ikon negara Amerika. Berada di Pulau Liberty, patung ini adalah hadiah dari Perancis pada akhir abad ke-19 sebagai simbol selamat datangnya imigran dan orang Amerika. Patung yang diresmikan tanggal 28 Oktober 1886 juga merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan USA. Patung ini pun melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.

3. Menara kembar petronas, Kuala Lumpur, Malaysia

menara petronas

Kedua buah tower kembar pencakar langit ini tentu sangat mencolok di negara satu ini. Menara yang dirancang setinggi 88 lantai tahun 1998 ini didesain dengan desain interior yang merefleksikan budaya Islam yang menjadi tonggak di Malaysia. 

4. Patung Merlion, Singapura

patung merlion

Patung singa laut memang menjadi simbol dari negara Singapura. Dirancang oleh Fraser Bruner, patung perpaduan ikan duyung dan singa tersebut diresmikan pada tahun 15 September 1972 oleh Lee Kuan Yew yang merupakan perdana menteri saat itu. Logo merlion sendiri pun juga dipergunakan di berbagai bentuk aksesoris ataupun makanan oleh-oleh khas Singapura.

5. Grand Palace, Thailand

grand palace

Grand Palace merupakan sebuah kompleks bangunan istana di Bangkok, Thailand. Bangunan yang menjadi kediaman resmi raja-raja Thailand dari abad 18 ini dibangun tahun 1782. Megah dan cantik ditampilkan oleh desain istana satu ini.Meskipun disebut sebagai Istana, namun Raja yang sekarang tidak tinggal disini melainkan di Istana Chitralada.

6. Angkor Wat, Kamboja

angkor wat

Kuil atau Candi di Kamboja ini terletak di dataran Angkor yang memang merupakan kawasan bangunan kuil. Pembangunan kuil yang membutuhkan waktu sekitar 30 tahun ini memang tidak sia-sia. Bangunan indah ini merupakan bangunan yang merefleksikan kepercayaan Hindu. 

7. Taj Mahal, India

taj mahal

Bangunan yang sangat terknela dan penuh dengan kesan romantis ini terletak di Agra, India. Bangunan ini didirikan oleh Kaisar Mughal Shah Jahan yang merupakan kaisar dari kekaisaral Mughal. Pembangunan selama 22 tahun dari 1630 hingga 1653 ini merupakan bangunan yang menunjukkan rasa sayang kaisar kepada istrinya yang telah meninggal. Bangunan yang berdiri simetris ini pun menjadi situs warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983.

8. Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab

burj khalifa

Gedung pencakar langit yang awalnya memiliki nama Burj Dubai ini remsi dibuka pada tanggal 4 Januari 2010. Memiliki ketinggian 828 meter, gedung ini pun menjadi bangunan tertinggi di dunia yang melampaui taipei 101. Struktur bangunan tanpa penyangga ini pun menjadi daya tarik ketika kita berada di Dubai karena ketinggian bangunan yang begitu menakjubkan.

9. Eiffel Tower, Paris, Perancis

eiffel tower

Menara besi ini merupakan salah satu bangunan tertinggi di Perancis. Terkenal karena bentuk dan strukturnya yang unik. Dibangun tahun 1889, tower ini merupakan bangunan di kota mode ini yang paling sering dikunjungi di dunia. Ikon negara Perancis ini pun dinilai artistik dan desainernya pun juga memahami kepentingan kekuatan angin dalam merancang bangunan tinggi.

10. Tembok Besar, China

tembok besar china

Tembok besar yang terbentang sepanjang 5000 km ini benar-benar terbilang menakjubkan. Menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, tembok  didesain cukup tinggi sekitar 23-26 kaki. Material yang digunakan untuk membuat tembok ini pun unik yaitu menggunakan tanah, batu dan kayu karena pada masa tersebut belum ditemukannya material batu bata.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


RELATED ARTICLES


INSTAGRAM POST



RELATED CATEGORIES