article / Building / Murphy House: Rumah Kecil yang Penuh Dengan Trik
01 Mei 2017 906 Views

Murphy House: Rumah Kecil yang Penuh Dengan Trik

Murphy house merupakan rumah yang didesain dan digunakan sendiri oleh biro Richard Murphy Architecture yang berkantor di Edinburgh. Rumah yang dibangun di setengah luasan lahan taman terbuka di persimpangan Hart Street dan Forth Street di kota Edinburgh. 

Penghubung antar dua perumahan ini memang terlihat tidak didesain. Kontur tanah pada area ini juga tidak rata. Jalan hart st merupakan turunan dari jalan forth st. Tentunya ruang kosong ini perlu didesain untuk menyelesaikan permasalahan ruang yang tampak sehingga tidak terlihat ganjal. Tentunya desain juga perlu melestarikan kawasan World Heritage Site dengan melanjutkan pola fasad bangunan sekitarnya.

Fasad bangunan yang berupa garis horizontal mengikuti pola dasar pada bangunan di sebelahnya. Dengan penambahan keunikan lainnya pada fasad, rumah dengan luas 165 meter persegi berukuran 11 meter x 6 meter ini memiliki tiga kamar tidur, satu ruang tengah yang berfungsi juga sebagai ruang dapur dan makan dengan ketinggian lantai yang berbeda, ruang belajar, gudang basement, garasi, ruang utilitas, dan teras di atap rumah.

Material bebatuan yang menjadi ciri khas daerah ini pun diberikan pada area belakang bangunan. Dilapisi dengan susunan batu, terlihat berbeda dengan bagian depan rumahnya. 

Masuk ke dalam rumah ini, pengunjung langsung dihadapkan dengan ruangan transisi. Terdapat pintu masuk untuk lebih ke dalam rumah. Pada area transisi ini bisa digunakan sebagai mudroom. Ruangan mendapatkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan dengan desain dinding pembatas berupa blok kaca. Tepat disamping pintu masuknya terdapat garasi yang cukup menampung kendaraan roda empat. Pintu garasi dibuka dengan cara digeser ke arah blok kaca yang terdapat rangka ujung pintu garasi.

Kembali ke dalam ruangan. Setelah memasuki pintu utama, pengunjung diperlihatkan pada area hall rumah. Ditempat ini terdapat rak display yang memajang koleksi miniatur dan juga foto. Salah satu keunikan pada rak display ini adalah perletakkan kaca di dalam beberapa rak sehingga rak terasa lebar.

Pada lantai dasar ini terdapat kamar tidur di sebrang rak display lalu juga terdapat kamar mandi di area belakang rumah yang dekat dengan tangga menuju basement dan juga ruang baca di lantai mezanin tepat dibelakang rak display. Rak buku diletakkan pada area tangga menuju lantai dua. Salah satu ilusi yang dilakukan di ruang baca dan rak ini adalah penggunaan cermin pada dindingnya yang membuat ruang ini terasa luas.

Rak buku pada dinding dapat dibuka penutupnya sehingga kaca persegi panjang pada sudut dan sela-sela fasad dapat memasukkan cahaya alami ke dalam rumah. Fungsional dan juga estetik.

Lalu pada lantai kedua aktivitas utama dalam rumah terlaksana. Tidak hanya sebagai ruang tengah, ruangan serba multifungsi ini berperan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan bahkan area beranda. Sedangkan untuk kamar tidur terletak dilantai paling atas, lantai dasar dan juga basement.

Fungsi keseluruhan ruang hanya dibatasi oleh ketinggian ruang dan juga jendela kaca sebagai partisi menuju berandanya. Nuansa di dalam ruangan sangat terasa cozy dengan material kayunya yang dipadukan dengan warna hitam. Terdapat sistem penghangat ruangan juga di dalam ruangan ini.

Menaiki tangga, pengunjung disuguhkan pada area bertamu. Terletak ditengah ruangan yang terhubung dengan fungsi ruang lainnya. Salah satu trik di rumah ini adalah dengan menambahkan jendela kaca di bagian dinding rumah. Namun saat tidak dibutuhkan, jendela tersebut dapat ditutup saja. Jendela geser tersebut dibuka secara manual dengan menarik tali kait untuk jendelanya.

Bagian atap dan plafon merupakan keunikan utama dalam ruang ini. Ketika plafon dibuka secara otomatis, cahaya masuk melalui desain skylight pada atapnya. Baik diterapkan ketika pagi dan siang hari. Pada ketinggian itu, dapur terasa lebih eksklusif. Rak terbuka pada dapur didesain dengan warna merah sehingga terlihat mencolok.

Pada area beranda, terdapat taman terbuka. Area ini tepat berada di atas garasi rumah. Pintunya pun dapat dibuka sehingga menunjukkan pemandangan ke arah jalan Hart st. Air hujan yang mengalir ke atap maupun beranda ini akan disimpan ke tempat penyimpanan grey-water di basement yang nantinya dapat digunakan untuk menyiram toilet. Selain itu air dalam penyimpanan juga digunakan untuk sistem sprinkler air pada taman.

Pada area kamar tidur lantai paling atas juga terdapat trik yang lebih menarik lagi. Kamar tidur tersebut memiliki bathtub tersembunyi yang terletak di sudut ruangan. Ditambah lagi jendela pada sudut kamar ini dapat dibuka ke luar sehingga jendela tergantung dengan bukaan yang unik.

Rumah ini sendiri memang dirancang agar dapat menanggapi pergantian musim di negara ini. Rumah dapat terbuka lebar memasukkan banyak cahaya di musim panas dan dapat sangat tertutup di musim dingin. Atap rumah ini pun dilengkapi dengan panel surya yang dapat menyimpan energi solar sepanjang tahun.

Sirkulasi udara pada rumah ini juga sudah dipikirkan oleh sang arsitek. Kaca pada atap juga dipilih untuk dapat menghasilkan panas saat dibuka akan tetapi mencegah radiasi panas ketika ditutup. Udara panas dari atap akan dilanjutkan ke basement melalui dinding bebatuan untuk menyimpan suhu hangat tersebut sehingga dapat dikeluarkan ketika malam yang dingin tiba. Seluruh jendela pada rumah ini dilengkapi dengan penutup jendela.

Rumah dengan banyak trik dan unik ini memang sangat menarik. Rumah Murphy ini memberikan kejutan pada setiap sudut di ruangannya. Inovatif dan juga playful. Video dibawah akan membantumu memahami trik dalam rumah ini yang membuatnya jadi rumah yang cantik, unik, dan fungsional.

sumber: Richard Murphy Architects

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment