article / Building / Food Court Keren Ala Singapura! Dari Interior sampai Teknologinya Bikin Kamu Betah Makan disini!
09 Februari 2018 370 Views

Food Court Keren Ala Singapura! Dari Interior sampai Teknologinya Bikin Kamu Betah Makan disini!

Pasir Ris Central Hawker Centre merupakan salah satu food court yang terdapat di Singapura. Food Court yang baru dibuka tanggal 25 Januari 2018 ini merupakan salah satu tempat makan seru dengan konsep yang cukup unik. Dengan mengusung dua konsep dalam satu bangunannya, tentunya banyak masyarakat yang menantikan tempat yang satu ini.

bangunan hawker centre

Bentuk bangunan Pasir Ris Central Hawker Centre ini didesain megah dan unik. Terdiri dari 3 lantai, dengan pembagian dua lantai area food court dan lantai paling atas sebagai tempat parkir. Tentunya menjadi hal yang tidak biasa. Bangunan ini didesain dengan gaya kontemporer yang terintegrasi dengan lingkungan di sekitarnya. Pemandangan ke arah taman dan danau sangat membuat nyaman pengunjung yang mendatangi bangunan baru ini.

lantai dua hawker centre

Di kelola oleh NTUC foodfare, hawker centre menawarkan kios makanan tradisional dan modern hipster yang tidak banyak ditemui dikebanyakan food court lainnya. Dengan adanya tema hipster ini tentunya akan membuat anak muda penasaran dan mendatangi tempat ini.

area makanan local lantai dasar


Untuk area tradisionalnya terdapat di lantai dasar yang terdiri dari 20 kios makanan yang menyajikan makanan lokal yang sudah menjadi keseharian bagi masyarakat singapura. Tentunya tipe makanan ini adalah makanan yang sudah biasa dikonsumsi sehingga orang yang sekedar ingin makan siang atau makan biasa tetap bisa nyaman mendatangi tempat ini. Makanan yang disajikan seperti nasi ayam, mie, dan beragam makanan lokal lainnya.

salah satu kios di lantai dua (fareground)

Sedangkan untuk lantai atasnya pengunjung akan menemukan tempat makan hits ala anak muda dengan nama "FareGround". Tidak hanya sekedar makanannya saja yang ala hipster namun juga desain food courtnya dibuat menyesuaikan dengan anak muda yang kekinian. Akan terdapat 22 kios jajanan ala street food yang tentunya membuat anak muda dapat menawarkan makanan inovatif serta kreatifitas yang unik. Tempat ini pun diharapkan menjadi tempat berkumpul dan bermain anak-anak muda.


suasana area fareground

Setiap kios makanan di tempat ini menawarkan makanan yang cukup menarik. Seperti kios the humble burger yang menjualkan jajanan burger dan juga makanan barat lainnya yang dipadukan dengan kekhasan makanan ala asia seperti burger dengan nasi jepang atau daging ayam dengan kecap. Lalu adapun makanan kekinian lainnya seperti bingsu ala korea dan kios ice cream.

interior fareground

Adapun persyaratan di food court ini bahwa setiap kios harus menyediakan makanan sehat dibawah 500 kalori pada menunya. Tidak hanya sehat, mereka bahkan harus menyediakan dua jenis makanan yang harganya tergolong murah, sehingga siapapun dapat menikmati tempat makan ini.


pembayaran elektronik

Area fareground ini terbilang luas dan juga sejuk. Tampilan furniturenya pun tampak seperti kafe hipster tongkrongan anak muda. Seperti meja dan kursi yang di mix and match, meja bar, dan dekorasi warna-warni di dalamnya. Untuk mempromosikan mengurangi pembayaran secara tunai, hawker centre memperbolehkan pembayaran dengan kartu top up. Kartu tersebut nantinya akan mendapatkan penilaian poin setiap penggunaan yang dapat ditukarkan untuk berbagai makanan lainnya di hawker centre dan 100 kios lainnya di NTUC FairPrice.

tempat pengembalian perabotan makan

Tidak hanya desain dan makanan saja yang ditingkatkan pada food court ini, adapun fitur lainnya yang membuat tempat ini lebih menarik dan produktif. Seperti halnya tempat pengembalian bekas makanan dijadikan pada satu area. Hal ini akan memudahkan pengelolaan sampah makanan dan juga pembersihan peralatan makan. Adapun area makan keluarga dengan kursi dan meja yang nyaman untuk anak serta akses yang mudah untuk para disabilitas. Tidak hanya itu saja, bahkan area parkir pun dipermudah dengan sistem elektronik dan tersedianya tempat parkir yang aman untuk pengendara sepeda.

pengembalian perabotan makanan

Konsep dual pada hawker centre mengundang banyak tanda tanya sehingga orang pun penasaran untuk datang ke tempat ini. Akan sangat menarik memadukan makanan lokal dengan jajanan food street. Namun dengan adanya konsep ini orang yang berkunjung pun tidak akan bosan karena banyaknya pilihan makanan yang ditawarkan. Mempromosikan makanan sehat, meningkatkan taraf kesejahteraan dengan inovasi terbaru, serta mendukung bisnis usaha anak muda menjadikan hawker centre tempat yang seru untuk didatangi.

sumber: channelnewsasia | labourbeat | labourbeat2


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter