article / Building / Retina House: Rumah Dengan Bukaan Seperti Retina Pada Fasadnya! Simple dan juga Unik!!!
08 Juni 2018 206 Views

Retina House: Rumah Dengan Bukaan Seperti Retina Pada Fasadnya! Simple dan juga Unik!!!

Rumah unik yang satu ini didesain oleh Arnau estudi d'Arquitertura, arsitek asal Santa Pau, Spanyol. Desain pada fasadnya dibuat fleksibel dan dapat terbuka maupun tertutup sesuai dengan keinginan sang pemilik. Lokasinya yang berada dekat dengan tepi sungai ini tentu memberikan panorama rumah yang unik. Dalam keadaan musim dingin, rumah ini akan tetap hangat dan juga nyaman.

Rumah dengan berbagai material ekspos di setiap sudutnya ini mermiliki eksterior balok memanjang. Rumah ini memiliki bagian menggantung pada salah satu sisinya sebagai kantilever untuk bagian garasinya. Hunian ini memiliki dua lantai. Pada lantai pertamanya hanya digunakan sebagai ruang mekanikal dan juga parkir kendaraan. Sedangkan di lantai duanya difungsikan sebagai tempat tinggal.

Terdapat dua jalur masuk ke dalam rumahnya, yaitu melalui halaman depannya dan melalui jalur belakang rumah. Pintu di jalur belakang ini tentunya menjadi jalan masuk privat untuk penghuni rumahnya. Sedangkan tamu dapat masuk melalui tangga depan dengan pemandangan halaman luas dan kolam renang. Rumah ini memiliki orientasi bangunan ke arah barat pada bukaan jendela besar di bagian depan rumah.


Ruangan di dalam hunian ini didesain terbuka sehingga dari kamar tidur utama dengan ruang lainnya hanya dibatasi dengan partisi yang juga difungsikan sebagai rak ruangan. Setiap perpindahan antar ruangnya tidak terdapat Rumah ini dilengkapi dengan ruang keluarga, kamar tidur utama, kamar tidur anak, ruang makan, dapur, dan juga kamar mandi. Bisa dibilang desain tata ruangnya sangat sederhana.

Setiap ruangnya terbuat dari bentukan modul. Terdapat 5 modul ukuran persegi panjang pada denah ruangnya. Kamar tidur orang tua dan anak berada di ujung-ujung ruangan sehingga memberikan privasi pada kedua ruang tersebut. Dengan ukuran yang sama, kamar tidur utama dan kamar tidur anak memiliki furniture yang berbeda di dalamnya. Kamat tidur utama dilengkapi dengan kasur berukuran king sedangkan pada kamar tidur anak didesain dengan tempat tidur bertingkat.


Lalu, untuk ruang diantara kamar tidur anak dan kamar tidur utama digunakan sebagai ruang bersama. Terdapat area dapur, ruang keluarga, dan juga dapur. Pada area ruang keluarga atau ruang tamunya, dilengkapi dengan sofa dan juga karpet bundarnya. Pemanas ruangan pun juga tersedia di ruangan ini. Dari ruangan ini, penghuni langsung disajikan pemandangan kolam renang.

Masih di dalam satu modul ruangan, terdapat area dapur yang terletak di dinding bagian timur ruang keluarga ini. Bentuk dapur pun cukup minimalis dan juga modern. Dengan rak kabin kayu menggantung di bagian atasnya. Adapun kompor listrik, oven, dan juga wastafel cuci di areanya. Sederhana namun cantik.


Ruang makan di rumah ini bisa dibilang cukup luas. Sebagai ruangan yang berada di tengah, tentunya juga menjadikan areanya sebagai sirkulasi penghuninya. Meja makan memanjang ini bisa digunakan untuk 8 orang. Pada area ini juga terdapat lampu berdiri dan rak dorong yang difungsikan untuk meletakkan berbagai perlengkapan makan.

Material yang digunakan pada interior hunian sangat menonjol dan menarik. Dapat dilihat beton ekspos sebagai pelingkup keseluruhan ruang yang dapat terlihat pada dinding dan langit-langitnya. Sedangkan pada bagian lantainya sudah difinishing sehingga lebih halus dan nyaman digunakan. Untuk material pada furniturenya dibuat lebih berwarna yaitu menggunakan material kayu yang dapat terlihat dari berbagai kerangka furniture, rak, partisi, ataupun meja dan kursi makan.

Rumah yang dihuni oleh keluarga pengungsi ini didesain menyatu dengan alam. Pemandangan indah dapat dilihat di sekitar hunian ketika fasadnya diangkat. Selain fasad kayu yang dapat berubah menjadi kantilever tersebut, tentunya terdapat jendela kaca sehingga rumah tetap terjaga keamanannya. Jendela kaca geser ini dapat dibuka sebagai pintu masuk tamu dari depan. Ketika fasad kayu menjadi kantilever, pepohonan sekitar juga membantu melindungi ruma dari matahari. Fasad kayu yang didesain seperti sebuah retina inilah yang menjadi keunikan rumahnya.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter