article / Living Room / Mengenal Impresi Ruang Tamu Rumah Melalui 14 Warna Berbeda pada Desain Ruang Tamu
29 April 2017 874 Views

Mengenal Impresi Ruang Tamu Rumah Melalui 14 Warna Berbeda pada Desain Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan ruang yang berada di paling depan ketika memasuki rumah. Berfungsi untuk menerima tamu, ruangan ini harus didesain nyaman baik untuk pemilik maupun tamu yang berkunjung. Lalu seperti apa desain yang bisa membuat ruangan ini jadi nyaman tanpa menghilangkan nilai artistiknya?

Melalui berbagai macam penggunaan warna, ruangan akan memberikan impresi yang berbeda. Berikut ini penggunaan 14 warna pada ruang tamu membantumu mengenali kesan yang ditimbulkannya. Sehingga nantinya kamu akan lebih mudah dan bijak untuk memberikan pewarnaan pada ruang tamu di rumahmu.

Biru Pekat

http://www.ikea.com

Warna biru memang cukup populer untuk pewarnaan dalam rumah. Memberikan kesan yang stabil dan kepercayaan diri saat orang memandangnya. Warna biru juga memberikan nuansa sejuk dan tenang ketika kamu dan tamumu berada di dalamnya. Komunikasi pun dapat lebih lancar karena warna ini dapat menjernihkan pikiran. Meskipun memang biru tua sedikit menimbulkan kesan formal.

Krem / Beige

http://www.ikea.com/

Ruangan dengan sentuhan warna krem akan memberikan kesan klasik. Nyaman dan juga lembut hadir dalam ruang tamu ini. Gabungkan warna ini dengan warna netral seperti putih, abu-abu, ataupun hitam sehingga warna dapat lebih menonjol dibandingkan warna lainnya. Cozy dan juga classy.

Merah

http://www.ikea.com

Siapa yang menyangka merah bisa terlihat menarik untuk disodorkan pada pandangan mata. Yap! Warna merah yang mencolok ini memberikan kesan semangat, kehangatan, dan keberanian. Memilih warna ini berarti kamu berani menghadapi tantangan karena tidak mudah memberikan warna ini untuk ruang tamu. Namun dengan kombinasi yang tepat warna merah memberikan kenyamanan pada ruang. Warna ini sangat mencolok jadi jangan langsung memberikan warna ini keseluruh sisi ruangan.

Kuning

http://www.ikea.com

Memilih warna kuning berarti membuat ruang tamu menjadi lebih terang dan ceria. Hangat dan juga ramah dapat dirasakan oleh pengunjung di ruang ini. Warna ini juga memiliki daya tarik yang kuat. Merangsang pandangan mata sehingga memanjakan mata ketika melihat warna ini. Tentunya tetap dalam skema tertentu yang tidak berlebihan. Kuning juga menambah tingkat konsentrasi dan suasana akrab lebih terjalin. Namun jika terlalu banyak warna kuning akan memerikan suasana kecemasan dan ketakutan.

Hitam

http://www.home-designing.com

Hitam merupakan warna yang solid dan kuat. Selain memberi ketegasan pada ruangan, glamor dan juga elegan dilukiskan pada ruang tamu. Tamu pun merasa jadi terasa eksklusif berada di ruangan seperti ini. Pemilik rumah pun jadi terkesan misterius dengan adanya warna ini. Dengan penambahan material yang tepat seperti warna emas pada dinding akan menambahkan kesan dramatis pada ruangan.

Merah Muda / Pink

http://www.housebeautiful.com

Untuk warna yang satu ini sudah banyak yang setuju akan memberikan kesan feminin. Pink secara keseluruhan akan tampak berbeda dengan warna merah menyala. Jika merah memberikan sifat yang merangsang dan kuat, warna pink memberikan sifat yang lemah lembut dan menenangkan. Menghilangkan ketegangan yang terjadi. Adapun warna ini juga menggambarkan romantisme pada ruangan.

Putih

http://www.goodhousekeeping.com

Nah untuk warna yang satu ini warna yang cocok digunakan untuk segala ruang. Melambangkan kebersihan dan kesucian, ruangan jadi tampak sederhana dan juga damai. Dapat dipadukan dengan berbagai warna dan material lainnya. Ruangan jadi lebih terang dan juga luas. Tidak lupa juga memberikan keleluasaan gerak dalam ruangan.

Teal

http://www.ikea.com

Perpaduan hijau dan biru memang banyak dan menarik perhatian. Warna teal memberikan kesan yang tenang dan menyiratkan perubahan yang lebih baik. Aman dan dapat diandalkan terhubung dengan warna ini. Pemilik ruang ini akan terlihat bermartabat dan juga canggih. Warna ini cocok dipadukan dengan warna ceria ataupun netral.

Cokelat

http://www.houseandgarden.co.uk

Siapa yang tak akrab dengan warna satu ini? Warna coklat identik dengan material kayu. Memberikan kehangatan dan juga kesan alami pada ruangan. Adapun warna ini memberikan kesan formal dan serius. Walaupun begitu ruang tamu dengan warna cokelat merupakan warna yang welcoming. Kesan antik dan tua juga ditimbulkan, namun benar-benar nyaman untuk pelingkup ruangan.

Abu-abu

https://www.houzz.com

Beri ruangan sentuhan abu-abu maka ruangan itu akan memberikan keteduhan. Salah satu warna yang juga dekat dengan alam, netral dan tidak kontras. Cocok dipadukan dengan berbagai warna. Ruang tamu tidak akan terlalu menonjol akan tetapi menyejukkan dan menentramkan batin.

Tosca

http://www.housebeautiful.com

Warna yang mengarah pada hijau dan biru ini lumayan digemari. Dengan sebutan tosca, warna ini memberikan kecerahan pada ruang dan ketenangan. Cahaya yang langsung menembus warna tosca ini sangat cantik. Tampak lebih segar dan juga bijaksana, warna ini memberikan kejernihan dan konsentrasi pikiran saat berbicara dengan orang lain karena menenangkan saraf. Warna ini juga mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan daya kreativitas. Cantik dan menarik untuk digunakan pada ruang tamu.

 

Hijau

http://www.houseandgarden.co.uk

Warna satu lagi yang dekat dengan warna alam. Yap Hijau! Seakan mengingatkan pada suasana alam dengan rerumputan dan dedaunan di pepohonan. Keselarasan dan harmoni pada ruang dapat terasa dengan warna ini. Rileks dan juga menenangkan. Memberi kesegaran pada orang yang berada di dalam ruangan. Namun ketika salah digunakan akan memberikan kesan yang hambar pada ruangan.

Ungu

https://www.houzz.com

Spiritual dan agung adalah sifat dari warna ungu. Memberikan kesan mewah pada ruangan yang dihiasinya. Ungu juga memberikan ketenangan di dalamnya maka dari itu warna ini cocok digunakan untuk meditasi. Warna ini juga dekat dengan kesan "magical" nya sehingga memberikan imajinasi lebih dalam ruangan.

Hijau Kekuningan / Chartreuse

http://www.houseandgarden.co.uk

Tidak banyak yang mengenal penggunaan warna terakhir ini. Chartreuse ini mengingatkan kita pada warna buah yang masih belum matang atau mentah. Kesan asam dan juga loyal diberikan pada ruangan. Warna kuning yang cukup terang tidak hanya memberikan kesan loyal namun juga sekaligus royal. Cukup stylish untuk ruangan namun jangan lupa untuk padukan dengan warna netral agar tidak terlihat kusam.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter