article / Building / Valley House: Rumah dengan Layout Terbuka dan Taman Tropis di Dalamnya
14 Februari 2018 414 Views

Valley House: Rumah dengan Layout Terbuka dan Taman Tropis di Dalamnya

Rumah yang didesain oleh David Guerra ini berlokasi di Nova Lima, Brazil. Memiliki luasan area sekitar 700 meter persegi, rumah valley ini dihuni oleh sepasang suami istri dengan dua anak laki-lakinya yang sedang tumbuh. Rumah ini dirancang dikelilingi oleh berbagai tanaman lebat dan tropis yang membuat rumah memiliki pemandangan alam di keseluruhan sisi rumah.

Rumah dua lantai yang ditutupi oleh material semen dan batu bata ini memiliki gaya desain modern. Eksterior bangunan rumah ini memperlihatkan desain yang simple, kokoh, dan kaku namun memiliki kekompleksan pada interiornya. Letak rumah yang berada di perbukitan membuat rumah ini memiliki lanskap yang unik dengan taman di sekitar rumahnya.

Pada lantai satu rumah ini difungsikan sebagai area bersosial, bersantai, dan juga servis rumah. Untuk masuk ke dalam rumah ini, pengunjung akan melewati area tangga dari bebatuan yang terlihat alami di lanskapnya. Pintu kayu yang berada di bagian depan rumah ini menjadi jalan masuk utama ke dalam rumah. Tidak luput pula area parkir kendaraan juga berada di bagian depan.

Setelah memasuki rumah, pengunjung tiba di selasar yang dihadapkan dengan taman tropis dalam rumah. Taman tropis ini sendiri menjadi bagian yang paling menonjol dalam rumah.

Sang arsitek mendesain taman dengan pelingkup kaca sehingga dapat dilihat dari berbagai arah. Adapun pintu kaca disekitarnya sehingga taman dapat diakses oleh penghuni.


Ruang kerja dan toilet menjadi ruang terdekat di area pintu masuk. Hal ini tentu memudahkan penghuni untuk menerima tamu yang berhubungan langsung dengan perkerjaannya di dalam ruang kerja.

Sedangkan di arah sebaliknya, terdapat ruang menonton dan ruang tamu sejajar dengan ruang makan indoor dan dapurnya. Area ini pun juga terhubung dengan teras di luar yang digunakan sebagai area santai ataupun area makan outdoor. Tentunya ruang tamu ini dibatasi oleh jendela kaca geser yang juga menjadi partisi antara teras di luar rumah dengan bagian dalam rumah.

Dapur yang berukuran cukup besar di dalam rumah ini merupakan titik pusat rumah. Dapur ini dapat dibuat terbuka dengan menggeser partisi kayu di keempat sisinya yaitu pada area ruang makan, teras, ruang bermain, dan juga dek kolam renang. Tentunya berbagai fasilitas di rumah ini cukup menyenangkan dan membuat rileks. Seperti terdapatnya ruang bermain yang dilengkapi dengan meja biliard dan juga bar.


Dek kayu kolam renang pun juga menjadi area untuk berjemur, bersantai, atau bahkan makan bersama dengan pemandangan yang menenangkan. Di area dek kayu ini tidak hanya terdapat kolam saja, namun juga ruang spa yang bisa digunakan bersama keluarga maupun sahabat.

Area spa sendiri juga memperlihatkan pemandangan alam sekitar rumah melalui dinding kacanya.

Rumah ini didesain dengan beberapa partisi sehingga pemilik rumah dapat membuka ruang dan menjadi area terbuka yang luas saat mengadakan pesta di dalam rumah. Tentunya layout ruang pun dapat beradaptasi sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.


Tangga menuju ke lantai atasnya berada di sekitar taman tropis. Dengan pelingkup kaca, tangga ini pun menjadi area yang cukup menarik karena dapat melihat taman dalam rumah dari sisi yang lebih tinggi. Tentunya dengan pemandangan yang tidak membosankan ketika naik dan turun tangga.

Lantai dua ini difungsikan sebagai area privat. Terdapat satu kamar tidur utama dengan walk-in closet dan kamar mandi dengan bathtub di dalamnya. Adapun 3 kamar tidur yang juga dilengkapi dengan kamar mandi dalam dengan fasilitas shower. Keseluruhan kamar tidur memiliki pemandangan ke area outdoor melalui jendela di kamarnya.

Kamar tidur utama yang didesain luas ini tentunya memiliki keuntungan lain di dalamnya. Selain ukuran closet yang luas, kamar mandi dengan taman mini, kamar ini juga memiliki akses ke area teras di atap dak bangunan. Area ini tentunya menjadi tempat bersantai yang nyaman untuk sekedar minum teh di pagi hari ataupun menikmati senja sambil mengakrabkan diri dengan pasangan.

Keunikan rumah ini tidak hanya dari taman indoor ataupun layout rumahnya, namun juga material yang digunakan. Penggunaan material alam, material ekspos dan juga warna coklat kayu di keseluruhan indoor rumah memberikan kehangatan tersendiri. Segala sisi rumah yang menghadap ke area terbuka baik itu taman di sekeliling rumah ataupun taman tropis di dalamnya memberikan kenyamanan bagi penghuni di dalamnya. Setiap sisi rumah ini pun menjadi tempat yang mengasyikkan untuk bersantai dan menyegarkan pikiran.

Untuk furniture di dalam rumah ini sendiri didesain khusus oleh desainer asal brazil dan juga desainer internasional lainnya. Dekorasi dalam rumah ini seperti pada karpet, tirai dan kayu didesain untuk menunjukkan identitas dari 'brazil' itu sendiri. Unik dan juga sangat lokalitas.

sumber: valley house | photography by Jomar Braganca.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter