article / Building / Rumah Minimalis yang Unik dan Cantik dari Luar hingga ke Dalam Huniannya
18 Oktober 2018 327 Views

Rumah Minimalis yang Unik dan Cantik dari Luar hingga ke Dalam Huniannya

Rumah yang berlokasi di dataran tinggi, Varese, Italia ini memiliki desain yang simple namun juga cantik. Dengan luasan 260 meter persegi, hunian yang didesain oleh Studio Ecoarch ini dirancang dua lantai. Namun uniknya rumah ini memiliki area parkir kendaraan terpisah di bagian bawah hunian yang tampak terpisah dari bangunan rumah utamanya.

Lanskap dan vegetasi yang menghiasi keseluruhan rumahnya tentu menjadikan hunian ini terbuka terhadap cahaya dan juga udara. Desain rumah huniannya dengan bukaan jendela yang besar dan juga taman hijau luas memberikan kesegaran tersendiri untuk penghuni rumahnya. Seketika saat melihat ke taman hijau diluarnya, banyak sekali elemen alam yang nyaman untuk dipandang. Penggunaan material pada rumahnya pun terbilang cukup unik dengan partisi geser dan jendela kacanya.

Perpaduan warna putih dan juga coklat kayu pada eksteriornya memberikan kesan yang simple dan juga minimalis. Bentukan rigid kaku dan juga garis-garis vertikal dari frame kacanya memberikan pola pada bangunan sehingga tidak tampil monoton dan juga lebih menarik dilihat dari luar.


Memasuki ruang di dalam rumahnya, penghuni langsung dihadapkan pada ruang tamu yang luas. Ruangaan ini tentunya juga berfungsi sebagai ruang keluarga yang dapat memberikan kesejukan di dalam rumah. Dengan pintu dan jendela kacanya yang dapat dibuka tentu saja udara dapat masuk ke dalam huniannya. Adapun jika cuaca terlalu panas dan sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam rumah, partisi terluar dari kayu dapat menutupi ruangan sehingga lebih teduh dan juga lebih privat.

Selain ruang tamu, juga terdapat ruang makan beserta dapurnya yang didesain simple dengan warna putih pada keseluruhan ruangnya. Dibelakang meja makan terdapat rak-rak tempat penyimpanan buku dan juga hiasan sebagai dekorasi di dalam huniannya. Tepat disamping rak terbuka tersebut juga terdapat pintu dan juga almari berwarna putih yang tersamarkan dimana terdapat kamar mandi di dalamnya serta berbagai area servis.


Dapurnya yang didesain pada sudut ruangan dimanfaatkan dengan baik dengan mendesain jendela di antara dindingnya. Dengan desain rak terbuka dan juga tertutup tampil rapi dan juga simple di dalam satu ruangan. Cahaya yang masuk pun juga dapat dipantulkan karena keseluruhan ruangnya yang berwarna putih. Lantai kayunya yang berwarna gelap pun memberikan tampilan elegan yang kontras pada huniannya.

Lalu pada lantai atasnya difungsikan sebagai area yang lebih privasi denngan adanya dua buah kamar yaitu kamar tidur utama dan kamar tidur untuk anak. Untuk kamar tidur utama, tersedia area kloset penyimpanan pakaian dan juga kamar mandi dalam. Sedangkan untuk kamar tidur satunya disediakan kamar mandi di luar ruangannya. Kamar tidurnya dihiasi dengan warna putih pada keseluruhan ruangannya. Jendela lebar pun juga menjadi area sirkulasi cahaya dan udara dari luar. Desain yang cukup simple dan tentunya nyaman untuk penghuninya.


Pada kamar mandinya diberikan tampilan warna krem pada dinding dan juga furniturenya. Tentunya masih dengan sentuhan warna putih pada bagian perabotan kamar mandi seperti bathtub, wastafel, dan toilet duduknya. Di kamar mandi pada kamar tidur utama, bathtubnya menghadap ke jendela dengan pemandangan hijau di luar rumah. Berendam sambil menikmati pemandangan tentunya akan terasa menenangkan.

Adapun balkon rumah yang juga terdapat di lantai duanya yang cukup besar. Area ini mempersilahkan penghuni untuk menikmati pemandangan perkotaan di bawah yang menakjubkan. Tentu saja tempat ini bisa dijadikan area bersantai dengan ditambahkannya kursi dan meja yang nyaman.

Berbagai macam keunikan pada rumah ini dapat langsung dilihat oleh penghuni ataupun peengunjungnya. Seperti misalnya adanya pintu partisi kayu pada bagian luar hunian yang dapat dibuka dan juga ditutup sehingga ruangan lebih nyaman dan privat. Kemudian jalan masuk yang menanjak dan sangat unik karena letaknya berada pada ketinggian yang berbeda dengan jalan utamanya.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter