article / Home Decor / Dijamin Dengan Menerapkan 5 Style Popular Ini, Interior Rumah Kamu Jadi Lebih Kekinian
19 Juni 2017 275 Views

Dijamin Dengan Menerapkan 5 Style Popular Ini, Interior Rumah Kamu Jadi Lebih Kekinian

Mendekorasi interior rumah tentunya akan membutuhkan suatu konsep perancangan yang sesuai dengan tema di rumah. Berbagai style dalam mendekor tentunya bisa menjadi inspirasi dan juga diaplikasikan ke dalam rumah. Akan tetapi perlu diperhatikan ketika mendekor jangan sampai satu ruangan dipenuhi dengan beberapa style yang membuat ruangan tidak memiliki identitas yang jelas. Beberapa dari kalian mungkin hanya mengenal beberapa style saja dalam mendekor, seperti rustic, modern, dan sebagainya. Namun kali ini style desain akan lebih menjerumus lagi. Yuk langsung simak berbagai style desain interior yang bisa kamu gunakan untuk interior rumahmu.

Mid-Century Modern

https://www.houzz.com

Style ikonik ala modern paling banyak ditemukan pada masa pertengahan abad sekitar 1900s. Stylenya memiliki karakteristik seperti garis halus, siluet yang minimalis, dan bentukan natural. Berbagai desainer pada era tersebut juga sangat kreatif dalam mengolah dan memanfaatkan berbagai material baru seperti plywood, plastic, dan aluminium untuk desain.

Beberapa hal yang digunakan untuk mendesain dengan style ini adalah memilih warna yang tepat untuk ruangan. Style mid-century ini lebih condong ke kombinasi warna gelap dan tone netral serta warna aksen yang tidak terlalu banyak. Dengan susunan 60% warna dasar, 30% warna kedua, dan 10% warna aksen. Hindari memilih tiga hingga 4 warna sekaligus untuk ruangan.

http://vintageindustrialstyle.com

Pada penggunaan furniture, pilihlah yang memiliki garis jelas, dan aksen yang lembut. Bentukan sudut yang melengkung juga menjadi nilai untuk style ini. Pemilihan motif yang asimetris dan abstrak akan menunjukkan identitas style rumah ini. Tidak lupa pula pencahayaan yang lurus dan tegas yang menerangi interior ini.

Industrial

http://shoproomideas.com

Salah satu style popular ini berasal dari era industrial. Pemakaian material ekspos ditambah elemen kayu yang tampak pada ruangan menjadi ciri khas dari style ini. Cara yang paling sering untuk menampilkan style ini adalah dinding batu bata ekspos. Batu bata ekspos pun tidak hanya terdiri dari satu macam saja, namun juga bisa dari beragam penyusunan dan juga warna. Kesan yang dihasilkan oleh desain yang satu ini lebih kepada kesan rustic dan mature.

https://www.czmcam.org

Warna yang dipilih pada style ini adalah warna coklat, beige, dan gradasinya. Keseluruhan kesan akan berpengaruh dengan pemilihan warna yang tepat pula. Furniture yang digunakan juga menunjukkan ketegasan pada ruangan. Meja kayu menjadi elemen yang penting untuk ada dalam style industrial.

Nautical

http://www.impressiveinteriordesign.com

Untuk style yang satu ini memberikan kesan yang nyaman, rileks dan juga membawa aura positif di dalam ruangan. Nautical ini sendiri disebut juga style décor coastal yang mengingatkan dengan suasana pantai. Tentunya pemilihan warna dasar dalam style ini adalah warna putih atau warna pasir dan warna biru sebagai warna aksen utamanya.

http://www.impressiveinteriordesign.com

Pemilihan furniture untuk style ini tentunya berkaitan erat dengan warna kayu, biru, dan berbagai warna lain yang mengingatkan tentang pantai. Bentukannya yang fleksibel juga menjadi ciri khas untuk style yang satu ini. Terdapat dua tipe pencahayaan pada desain ini yaitu vintage dengan ornamentasi dan detail, atau modern dengan kerangka baja.

Scandinavian

http://decoholic.org

Kebanyakan orang mendesain ruangan mereka dengan style yang satu ini namun tidak mengenal nama gaya ini. Diperkenalkan dengan tampilan yang sangat popular di masa kini yaitu minimalis, style ini berhasil merebut banyak hati orang-orang. Dengan warna yang playful, kontur yang lembut, dan juga penggunaan material organik.

http://decoholic.org

Furniture yang digunakan juga mencerminkan kesederhanaan dengan memaksimalkan aspek fungsionalnya. Salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk menerapkan style Scandinavian adalah dengan menggunakan warna putih dan abu-abu sebagai warna dasar dalam interiornya.

Bohemian

http://rilane.com

Bohemian termasuk dalam style yang menunjukkan kebebasan si pemilik rumah yang disajikan pada interior. Penuh dengan motif kreatif dan warna yang kental terutama warna merah dan ungu. Kunci utama dalam mendesain dengan gaya yang satu ini adalah memperlihatkan ruangan dengan kesan berantakan namun tetap terlihat nyaman. Untuk yang ingin mendesain rumah dengan ala bohemian bisa langsung mengecek cara mendekor rumah dengan gaya bohemian.

sumber: interior style

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter