article / Garden / Tanaman Hits Satu Ini Akan Mempercantik Rumahmu! Cocok Untuk Hiasan Natal Loh!
11 Desember 2017 2K Views

Tanaman Hits Satu Ini Akan Mempercantik Rumahmu! Cocok Untuk Hiasan Natal Loh!

Mungkin banyak yang tidak tahu jika tanaman jenis ini ada. Tanaman ini memang umumnya dimiliki di Afrika, Amerika dan Eropa, namun baru-baru ini menjadi hits di Indonesia. Tak perlu lahan ekstra dalam memelihara tanaman ini. Warnanya yang cantik dan bentuknya pun unik cocok jadi hiasan di ruanganmu. Lalu tanaman apakah ini?

Nama tanaman ini ialah Sukulen

pinterest.com

Kata sukulen berasal dari bahasa inggris “Succulent”. Istilah succulent ini berasal dari kata Latin “sucus” yang berarti jus atau getah. Sukulen adalah istilah yang diberikan bagi sekelompok tanaman yang salah satu atau lebih bagian tubuhnya lebih tebal dan gemuk, dapat menyimpan air dan bisa tumbuh walaupun dengan sumber air yang terbatas.

Tidak salah bila kamu berpikir bahwa karakteristik sukulen ini dimiliki juga oleh kaktus. Oleh karena itu, semua jenis kaktus adalah termasuk jenis sukulen, tapi tidak semua sukulen adalah kaktus. Tanaman sukulen terdiri dari sekitar 60 famili dan 300 genera. Bentuknya juga macam-macam ada yang seperti pohon, bertumpuk-tumpuk, bulat-bulat kecil dan bunga. 

pinterest.com

Yang perlu kamu perhatikan adalah tidak semua jenis sukulen dapat bertahan hidup dengan kondisi di dalam ruangan. Sukulen yang lebih tahan hidup di dalam ruangan biasanya adalah yang berwarna agak gelap dan hijau. Sedangkan sukulen berwarna terang lebih kuat hidup di luar ruangan. Selain itu penting juga mengetahui cara pemilihan media penanaman, penyiraman dan perawatan sukulen di dalam ruangan. Kamu bisa membacanya disini.

Nah, setelah mengetahui hal-hal penting tentang penanaman sukulen, kini saatnya kamu mulai mendekorasi sukulenmu menjadi lebih menarik ya. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa beberapa jenis sukulen kurang bisa menyesuaikan diri di dalam ruangan karena sangat membutuhkan udara panas. Jadi kamu tinggal menyesuaikan desainmu dengan lokasi yang kamu inginkan, yaitu di dalam ruangan. Simak pembahasan berikut ya!

Pigura

pinterest

 Pigura kayu yang polos terlihat membosankan bukan? Lebih baik hias saja dengan tanaman sukulen. Siapkan media tanam sukulen yaitu Substrat Diatomite, tempel pada sisi pigura. Lalu pilih sukulen berbentuk bunga dan tanam di media tanam. Rangkai dengan sukulen berbentuk daun kaktus.

Pohon Natal


 aliexpress 

Dekorasi yang satu ini cocok ya untuk merayakan hari Natal yang hampir tiba. Siapkan kerangka besi berbentuk limas dimana terdapat petak-petak di dalamnya. Lalu siapkan media tanam yaitu tanah yang dicampur Substrat Diatomite, rekatkan pada kerangka besi. Pilih dan tanam sukulen yang berbentuk daun dan bunga. Terakhir, berikan hiasan bintang di ujung atas dan bola-bola glitter di sekitarnya. Pohon natalmu sudah jadi!

Pot Mangkuk

pinterest

Jika kamu ingin menanam sukulen tapi tidak mempunyai pot, kamu bisa lho menggunakan wadah lainnya. Contohnya adalah menggunakan mangkuk. Pilih mangkuk yang bahan model dan warnanya bagus untuk dekorasi. Kemudian isi mangkuk tersebut dengan media tanam sukulen dan tanam sukulen yang kamu inginkan. Kamu bisa merangkai beberapa sukulen dalam satu mangkuk, asalkan jenis sukulennya adalah yang tahan hidup di dalam ruangan.

Kulit Telur


pinterest.com

Kulit telur yang sudah kamu bersihkan bisa jadi wadah penanaman sukulen juga lho! Kamu tinggal memecahkan telur bagian atas, lalu mengeluarkan isinya di wadah lain. Kemudian kamu cuci kulit telur itu sampai bersih. Isi dengan media tanam secukupnya, lalu tanam sukulen diatasnya. Pilih sukulen yang berukuran agak kecil dan tidak melebihi besar kulit telurnya ya!

Pot Kristal

pinterest

Desain yang satu ini cukup unik yaitu menggunakan batu kristal sebagai wadah penanaman sukulen. Caranya adalah batu kristal kamu lubangi dan buat cekungan yang cukup untuk menampung media tanam. Setelah itu, isi cekungan dengan media tanam sukulen. Terakhir, pilih sukulen yang akan ditanam, bisa yang berbentuk bunga maupun daun. Cantik ya!


Pot bertingkat

pinterest 

Jika pot tanah liat biasanya berbentuk seperti ember dengan cekungan dalam, maka lain dengan desain pot tanah liat yang satu ini. Bentuknya bertingkat dan berbagai ukuran dan terlihat seperti potongan di tiap tingkatnya. Pot tanah liat bentuk ini sudah banyak dijual di pasaran, kamu bisa membelinya di toko tanaman. Nah, di tiap tingkat potnya kamu bisa berikan media tanam sukulen. Lalu rangkai dan tanam sukulen yang kamu inginkan. Bisa juga dipadu dengan bebatuan dan rumput, juga rumah-rumahan untuk mempercantik desainmu ya!

Pot gantung

pinterest.com

Bentuk sukulen yang satu ini memang seperti rangkaian bola-bola kecil. Jika kamu rawat beberapa lama, sukulen jenis ini akan terus memanjang seperti tanaman rambat. Untuk itu sukulen bentuk ini cocok sekali didesain seperti model tanaman gantung. Kamu tinggal menyiapkan pot yang tidak terlalu besar, lalu lubangi kedua sisi pot agar bisa dipasangi rantai atau tali yang kuat untuk menopang pot gantung. Sebelum menggantung pot di langit-langit rumah, jangan lupa untuk memasukkan media tanam sukulen dan menanamkan sukulennya. Tanaman gantungmu sudah jadi!

Terarium

pinterest.com

Dekorasi Terarium saat ini sedang naik daun di masyarakat. Terarium adalah wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman. Jika kamu ingin menaman sukulen dalan terarium tapi tidak punya wadah transparan yang cukup besar, kamu bisa gunakan wadah yang kecil. Misalnya seperti desain diatas, wadah transparan berbentuk setengah bola, kamu bisa isi dengan media tanam sukulen. Lalu kamu tanam sukulen, banyaknya sukulen kamu sesuaikan dengan luas wadahnya ya. Nah, biar makin cantik, kamu bisa tutupi media tanam dengan bebatuan atau kristal warna-warni.

Hiasan pintu

 aliexpress 

Menjelang hari Natal ini, ada satu lagi hiasan yang identik dengan Natal yang kamu bisa buat dari sukulen. Yup, Hiasan pintu berbentuk lingkaran ini biasa disebut Door Wreth. Caranya hampir sama dengan membuat pohon natal sukulen diatas ya, hanya saja kerangka besinya berbentuk lingkaran. Rekatkan media tanam di kerangka besi yang bulat, kemudian tanam sukulen. Kamu bisa merangkai lebih dari satu sukulen agar hiasanmu lebih menarik.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment

Muhammad Husni Aziz
19 Desember 2017
Cocok buat dekorasi meja
 

LEAVE A COMMENT


invisible hit counter