article / Building / Hunian Tiga Lantai yang Simple dengan Berbagai Penggunaan Material Alam di Dalamnya
05 Februari 2018 381 Views

Hunian Tiga Lantai yang Simple dengan Berbagai Penggunaan Material Alam di Dalamnya

Apartemen yang didesain oleh Lenka Mikova dan Marketa Bromova ini memiliki luasan area 180 meter persegi. Proyek tahun 2015 ini berlokasi di Prague, Republik Ceko. Apartemen ini didesain serba putih dengan elemen-elemen menarik di dalam ruangannya. Klien rumah ini meminta sang arsitek untuk mendesain ulang triplek eksisting pada rumah itu dengan pemandangan yang cantik dan menciptakan rumah tinggal yang modern terinspirasi dengan gaya interior amerika abad pertengahan.

Gaya abad pertengan ini dilakukan dengan membuat ruang interior bersih dan memiliki desain yang simpel serta memberikan penekanan yang khas pada permukaannya. Dengan meminimalkan detail dan menyembunyikan berbagai perlengkapan teknis pada dinding dan lantainya. Tidak terlihat saklar lstrik ataupun kabel bergelantungan di dinding ataupun di lantai. Hal ini dilakukan untuk menonjolkan tekstur alami dari material secara visual dan kualitasnya.

Pemilihan material secara hati-hati terlihat dari pemilihan untuk permukaan lantainya. Di setiap lantai dan juga kamar mandinya memiliki material yang berbeda untuk lantai. Tentunya perbedaan material itu bergantung pada fungsi ruangannya. Meski lantai disetiap lantainya berbeda namun terdapat beberapa fitur yang dipasang sebagai benang merah untuk interior keseluruhan hunian.

Fitur yang dimaksud adalah perlengkapan hunian dari material kayu oak alami. Veneer kayu oak ini dapat ditemui pada dinding hunian di salah satu lantai, pelapis pintu geser, ataupun berbagai furniture di dalam kamar tidur ataupun kamar mandi. Penggunaan pintu yang tinggi dari lantai ke langit-langit, membuat ruangan terasa luas dan tinggi.


Hunian ini terbagi menjadi tiga lantai, sehingga layout ruangan pun terbagi tergantung pada lantainya. Lantai yang berada di tengah atau lantai utama menjadi area masuk menuju hunian. Pengunjung masuk dan dihadapkan pada koridor dan tangga turun ke area tengah. Pada lantai ini terlihat ruang keluarga atau ruang tengah yang besar dilengkapi dengan ruang menonton tv, ruang makan dan juga dapur terbuka. Ruangan tanpa sekat ini membuat ruang terasa lapang. Tak lupa pula terdapat teras di area luarnya yang terhubung melalui jendela kaca geser.

Fitur utama yang terdapat pada ruang di lantai utama adalah unit kayu yang memanjang sebagai lounge dan juga dapur di dindingnya. Pada area ruang keluarga unit furniture tersebut difungsikan untuk menyimpan barang dan meletakkan televisi sedangkan di sisi lainnya menjadi area memasak yang lengkap dengan kulkas, dan wastafel.


Dengan meletakkan berbagai barang keperluan di satu sisi ruangan, maka sisi lainnya dapat dimanfaatkan sebagai area untuk menggantungkan lukisan. Area dapur sendiri dapat disembunyikan ketika tidak dibutuhkan sehingga tidak mengganggu pemandangan ruang tengah lantai ini.

Terdapat panel geser putih tepat dibelakang wastafel dapur yang difungsikan untuk menyimpan peralatan ataupun bumbu dapur. Adapun area dapur dilengkapi dengan meja marble yang berada di antara dapur dan ruang makan. Dapur dan koridor area masuk hunian dipisahkan oleh partisi berlubang sehingga cahaya dapat masuk ke area koridor.


Lalu pada lantai dibawahnya terdapat kamar tidur anak yang dilengkapi dengan hall kecil yang difungsikan sebagai ruang bermain. Tempat tidur single bed ini diletakkan di sudut kamar. Ruang tengah kamar cukup luas sehingga dari hall bermain hingga kamar tidur bisa menjadi tempat bermain yang mengasyikkan. Kamar tidur anak dilengkapi area teras outdoor melalui pintu geser kaca.

Teras ini langsung terhubung dengan taman hunian. Kedua kamar tidur anak dihiasi dengan ilustarsi dinding yang menarik. Adapun area walk in closet dan dengan warna kalem dan kamar mandi dengan dekor ubin yang playful.

Lalu untuk lantai diatasnya merupakan area privasi untuk orang tua. Pada lantai atas terdapat ruang kerja dan juga kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi dan walk-in closet. Kamar tidur untuk orang tua didesain cukup sederhana tanpa banyak ornamen di dalamnya. Sehingga ruangan terasa lebih bersih dan juga simple.

Kamar mandi didesain elegan untuk kamar mandi orang tua. Dengan perpaduan ubin hitam di keseluruhan dinding dan warna emas pada fitur kamar mandi membuat ruang ini terasa mewahdan intim. Keran air disesuaikan perletakannya sesuai dengan ubin hexagonalnya. 

sumber: triplex apartment photo by: Veronika Raffajová


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter