article / Building / 5 Resort Eksotis di Sumba yang Patut Kamu Pertimbangkan Untuk Akomodasi Berliburmu! Ada Resort Terbaik di Dunia Loh disini!!
05 Juni 2018 523 Views

5 Resort Eksotis di Sumba yang Patut Kamu Pertimbangkan Untuk Akomodasi Berliburmu! Ada Resort Terbaik di Dunia Loh disini!!

Pulau Sumba merupakan sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki luas sebesar 10.710 km2. Pulau yang tidak kalah cantik dengan lombok dan juga bali ini punya banyak sekali objek wisata yang indah dan juga tempat menginap yang menyenangkan. Berbagai macam resort yang tersedia di sumba tentunya menjadi pilihan untuk menginap nyaman di pulau satu ini. Berikut beberapa resort yang indah dan eksotis untuk liburanmu.

1. Nihiwatu Resort / Nihi Sumba

Tentunya resort satu ini berada pada list rekomendasi pertama jika kamu mencari penginapan di Sumba. Resort ini sendiri sudah dikenal sebagai hotel terbaik di dunia. Bukan sekedar di Indonesia saja, namun sudah diakui dunia oleh majalah Internasional Travel & Leisure. Dengan adanya title ini pun tentu anda ingin mengetahui sendiri alasan resort ini menjadi penginapan terbaik, bukan?

booking

Resort Nihi ini berada di Desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat. Masyarakat Sumba yang masih hidup secara tradisional pun menjadi pengaruh bagi resort satu ini. Perpaduan kemewahan dengan budaya lokal melebur menjadi satu dan membuat resor ini menjadi favorit setiap tamunya. Tidak hanya kelokalannya saja, alam pun juga turut andil dalam mempengaruhi suasana resor ini. Resor yang langsung menghadap ke arah pantai ini pastinya menjadi incaran para turis luar negeri yang gemar berselancar.

booking

Resor ini menyajikan berbagai jenis penginapan dengan beragam fasilitas. Dari vila berbentuk rumah pohon, vila di puncak bukit, vila dengan kolam renang privat, dan vila lainnya menjadi konsep yang menarik pada resor. Tentunya hal ini membuat tamu yang datang mengalami pengalaman menginap yang berbeda-beda. Pembangunan resor ini pun juga sudah mengikuti standar internasional. Terang saja secara internasional, resort ini mendapat pengakuan sebagai resort terbaik dunia.

2. Watukaka Resort

Penginapan eksotis satu ini merupakan penginapan glamping yang terletak di Ubuoleta. Glamping merupakan singkatan dari glamorous camping dimana bentuk penginapan berupa tenda namun tenda yang mewah. Perpaduan fasilitas mewah seperti AC dengan aktivitas camping ini sendiri menjadi salah satu pengalaman yang seru untuk mereka yang ingin menginap dengan pengalaman baru. Menjadikan salah satu gaya hidup yang tentunya menarik di kalangan wisatawan.

tripadvisor


Meski terkesan mewah, resor ini tidak melupakan keadaan alam sekitarnya. Desain penginapan yang ramah lingkungan menjadi dasar perancangan penginapan ini. Pendingin yang digunakan pun juga ramah lingkungan. Perpaduan harmonis tenda dengan alam menjadi satu hal yang serasi pada penginapan ini.

booking

Vila penginapannya sendiri terbuat dari material alam ekspos di setiap sisinya. Baik dari eksteriornya hingga interior terdapat berbagai macam material alam seperti batang kayu atau kursi anyaman rotan, dan sebagainya. Adanya teras yang luas juga menjadi tempat tamu untuk melakukan berbagai aktivitas. Dari sekedar melihat pemandangan hingga menikmati sarapan pagi dapat dilakukan di area ini. Konsep Exotic French Touch menjadi dasar dari pendesainan resornya.

3. Maringi Eco Resort

Resor yang mengusung tema eco ini berlokasi di Karuni, Sumba. Uniknya, resor ini juga merupakan sebuah sekolah perhotelan untuk anak muda Sumba. Inge de Lathauwer, seorang wanita asal Belgia merupakan pendiri dari Sumba Hotel School dengan menggunakan biayanya sendiri.

tripadvisor


Jika anda menginap di resor ini sama saja anda ikut berkontribusi dalam pendidikan perhotelan ini. Untuk memilih anak yang bisa bergabung dengan resor ini, mereka melakukan seleksi yang cukup ketat. Semua murid akan tinggal di asrama yang menyatu dengan resor, jadi jangan heran jika kamu melihat banyak murid yang bersliweran di penginapan ini.

sumbahospitalityfoundation

Maringi Eco Resort ini dilengkapi dengan fasilitas 9 paviliun dari bambu, restoran, ruang kelas, dan juga kebun permaculture. Setiap paviliunnya sudah mendekati resor bintang empat dengan kamar mandi dalam, ac, dan juga air panas. Resor ini dibangun oleh biro arsitektur yaitu Ibuku. Material bambu sangat dominan di penginapan ini, baik di eksterior maupun interiornya.

4. Sumba Adventure Resort

Bukan penginapan mewah, resor satu ini memberikan pengalaman seru bagi mereka yang suka dengan petualangan. Paviliun terbuka yang disediakan di resor ini sangatlah back to nature. Meski tampilan penginapannya yang sederhana, namun resor ini menyajikan berbagai macam fasilitas untuk berbagai kegiatan olahraga. Berbagai peralatan untuk aktivitas bersepeda, menyelam, snorkeling, dan berselancar tersedia di resor ini.


sumbaadventureresort

Terdapat empat buah fasilitas akomodasi penginapan di dalam resor ini. Pertama terdapat camping dimana tersedia kamar mandi di dalamnya. Kemudian penginapan beach hut yang merupakan bangunan bambu yang langsung mengarah ke pantai. Di dalamnya tersedia kamar mandi, kulkas bar, dan juga area kopi.

sumbaadventureresort

Penginapan yang tidak kalah menarik yaitu Palm Forest hut. Penginapan ini berlokasi di bawah pohon kelapa sawit dengan dua macam pelindung atapnya. Tentunya tersdia kamar mandi privat yang terpisah dari huniannya. Lalu yang terakhir adalah A-frame yang merupakan area terbuka beratapkan bambu dengan tempat tidur berupa hammock. Resor ini akan menjadi tempat yang asik bagi mereka yang menyukai petualangan dan juga alam terbuka.

5. Sumba Nautil Resort

Resor satu ini berada di bukit yang miring kecamatan Lamboya, Sumba Barat. Dengan 7 buah paviliun mewah, menyajikan berbagai macam pemandangan alam di sekitarnya. Material yang digunakan dalam pembangunan paviliun ini tentunya sangatlah mengacu pada kearifan lokal. Material lokal, artefak tradisional, dan juga jendela yang lebar menjadi acuan dalam perancangannya. Setiap paviliunnya tersedia teras untuk bersantai dengan pemandangan spektakular dari laut Indian dan berbagai pemandangan tebing.

tripadvisor

Setiap paviliunnya dapat digunakan untuk dua orang dengan dua macam kamar tidur yang berbeda yaitu kasur ukuran king atau kasur twin terpisah. Di dalam kamarnya tersedia kipas angin di langit-langit, AC, kamar mandi dengan air panas, mini bar, pemanas air, dan juga brankas untuk menyimpan barang berharga.

sumbanautilresort

Berbagai macam fasilitas juga tersedia di resor ini seperti kolam renang, perpustakaan di lobi, toko kerajinan, bar restoran, dan berbagai fasilitas servis seperti laundry dan telepon. Berbagai macam koleksi buku dengan bahasa asing tersedia di tempat ini. Tentunya hal ini dikarenakan Sumba Nautil Resor dimiliki oleh pasangan berkebangsaan Perancis.

Jadi, penginapan yang mana yang akan kamu pesan saat berlibur ke Sumba?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter