article / Building / 5 Rumah Ramah Lingkungan yang Didesain Dengan Berbagai Prinsip Eco House
02 November 2018 191 Views

5 Rumah Ramah Lingkungan yang Didesain Dengan Berbagai Prinsip Eco House

Bumi yang semakin tua tentunya harus lebih dijaga dan dirawat agar menjadi tempat yang nyaman untuk anak dan cucu kelak. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam menjaga bumi itu sendiri adalah dengan merancang rumah yang ramah lingkungan. Tentu saja ada berbagai macam cara untuk menjadikan rumah hunian lebih eco, mulai dari penggunaan material, pemanfaatan lingkungan, hingga pendesainan huniannya. Eco sendiri tidak harus selalu berlokasi diliputi oleh pepohonan, berikut beberapa rumah hunian yang didesain ramah lingkungan sesuai dengan ide rancangannya tersendiri.

 

WaterShed Maryland House

Rumah yang didesain oleh universitas Maryland ini merupakan salah satu rumah ramah lingkungan yang dirancang dengan sistem daur ulang limbah airnya. Air bekas mencuci dan juga mandi ditampung difilter ulang sehingga dapat digunakan lagi untuk taman di rumah ataupun penggunaan lainnya.

Selain penggunaan limbah air, solar panel juga digunakan pada huniannya sehingga listrik juga didapat dari panas dan cahaya matahari yang terkumpul. Adanya desain air terjun pada bagian depan rumah huniannya juga menjadi salah satu cara untuk mengontrol kelembaban lingkungannya.

sumber

 


Caterpillar House

Rumah yang didesain oleh Sebastian Irarrazaval ini menggunakan 12 kontainer yang di daur ulang. Tentu saja hal ini tidak hanya unik namun juga salah satu cara merancang bangunan ramah lingkungan. Tidak hanya estetika, rumahnya pun juga menggunakan sistem pendingin yang pasif yaitu memanfaatkan udara sejuk dari Pegunungan Andes sehingga tidak memerlukan pendingin ruangan atau AC pada rumahnya. Tidak hanya ramah lingkungan, rumah ini juga tampil modern dan elegan dengan warna hitamnya.

sumber

 


House at Melbourne

Merenovasi rumah tentunya juga dapat menjadi salah satu cara untuk merancang rumah yang eco. Bentuk rumah yang tadinya menghadap ke arah datangnya matahari tentu saja bisa didesain agar lebih teduh dan terhindar dari panas dan sinar matahari langsung ke bangunannya. Menata kembali susunan ruang di dalam rumah bisa menjadi salah satu trik yang mempermudah sirkulasi udara dan cahaya. Tak hanya itu saja, desain bentuk atap dan jendela yang tinggi juga membuat cahaya masuk ke dalam rumah dari berbagai arah namun dapat dikondisikan agar tidak menyalurkan panas ke dalam rumahnya.

sumber

 


House by Koru Architects

Rumah tiga kamar tidur satu ini merupakan hasil desain dari Koru Architects. Salah satu cara pendesainan ramah lingkungannya terlihat dari penggunaan material alam seperti atao zinc, dinding oak, insulasi kayu, kaca daur ulang pada dapur dan berbagai macam lukisan alam. Air hujan yang jatuh di atap rumahnya juga dikumpulkan agar dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman, toilet, ataupun digunakan untuk mencuci. Adanya panel surya juga membuat rumah ini jadi lebih ramah lingkungan karena menghemat penggunaan energi.

sumber

 

Method Homes

Rumah yang berlokasi di West-Seattle ini dikenal dengan desain yang sustainable karena penggunaan material pabrikannya. Tentu saja dengan mendesain rumah yang menggunakan material pre-fab akan mengurangi limbah material sisa-sisa pembangunan. Tidak hanya ramah lingkungan, rumah ini pun jadi terasa lebih futuristik dengan tampilan material pabrikannya. Adapun pembangunan rumah akan terasa lebih mudah dan menghemat waktu dengan sistem ini.

sumber


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter