article / Tips & Trick / 8 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mendesain Kantor Baru Untuk Anda yang Memulai Bisnis Startup
08 Oktober 2018 177 Views

8 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mendesain Kantor Baru Untuk Anda yang Memulai Bisnis Startup

Dengan zaman yang makin modern dan canggih ini, berbagai macam perusahaan startup pun juga mulai tampil dengan jenis usaha yang beragam. Startup yang menjadi bidang usaha bisnis berkembang tentunya dimulai dari usaha kecil-kecilan. Usaha yang awalnya kecil ini tentu saja bisa menjadi besar setelah mengetahui target pasaran mereka. Setelah menemukan berbagai ide dan sudah mulai berjalan beberapa tahun, tentu saja mendesain sebuah kantor yang nyaman untuk bekerja juga menjadi hal yang diperlukan agar perusahaan dapat berjalan lebih lancar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain kantor baru untuk startup yang bikin kerja lebih nyaman dan kreatif.

 

1. Rancang Ruangan yang Luas dan Terbuka pada Area Kerja

sumber foto

Kantor startup tentunya menjadi tempat berkumpul orang-orang kreatif dengan berbagai ide di kepala. Tentu saja ruangan yang luas dan saling terbuka antar karyawannya memberikan gerak yang lebih bebas dan nyaman. Karena berada di ruangan yang sama, para karyawan pun dapat saling bertukar pikiran mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis perusahaannya. Tidak harus benar-benar besar dan luas, Anda tentunya bisa menyesuaikan ukuran kantor dengan kapasitas pekerja di dalamnya. Memberi kesan agar ruang terasa lebih luas juga dapat dilakukan dengan pemilihan warna putih pada ruangannya.

 

2. Desain Area Dinding dengan Mural Art atau Gambaran Unik

sumber foto

Salah satu bentuk kreatifitas yang dapat dimunculkan dalam kantor adalah dengan mendesain dinding ruangannya dengan mural. Tampilkan berbagai macam mural unik yang dapat menjadi inspirasi bagi karyawan saat bekerja. Selain itu, adanya mural membuat ruangan terasa lebih hidup dan menarik yang membuat suasana hati karyawan di perusahaan lebih senang sehingga bekerja lebih baik dan efisien.

 

3. Warna Dominan atau Aksen Warna pada Kantor


sumber foto

Tidak semua warna cocok untuk menunjukkan kesan yang sesuai dengan bisnis dari perusahaan startup tersebut. Tentu saja jika ingin kantor yang dapat didekor sebebas mungkin, pemilihan warna netral pada dinding, lantai, ataupun langit-langit ruangan menjadi hal yang dapat dilakukan. Setiap warna memiliki arti dan makna tersendiri yang bisa dijadikan bentuk impresi pada ruangan kantor. Tidak harus selalu dominnan dengan warna, namun penggunaan beberapa aksen seperti garis hitam pada dinding ataupun sedikit warna pada furniture juga akan menjadikan ruangan memiliki kesan tertentu.

 

4. Meja dan Kursi Kerja yang Nyaman

sumber foto


Meja dan kursi menjadi furniture yang sangat dibutuhkan pada ruang kerja kantor. Tentu saja dengan memilih meja yang tidak mudah bergoyang ataupun kursi yang empuk dan nyaman, akan membuat produktivitas dalam bekerja jadi meningkat. Ketinggian antara meja, kursi serta komputer juga turut mempengaruhi. Untuk meja, dapat dipilih yang satuan atau memanjang jika startup terbentuk dari satu tim yang perlu bekerja dalam tim. Sedangkan untuk kursi, pilihlah kursi roda yang pas untuk kantor.

 

5. Sediakan Ruang Meeting

sumber foto

Ruang pertemuan tentunya tidak luput dalam sebuah kantor. Area ini dirancang agar setiap tim dalam kantor dapat berdiskusi langsung mengenai proyek mereka dengan fasilitas yang memadai. Tentu saja di dalam ruang pertemuan atau rapat tersebut juga dibutuhkan perlengkapan seperti proyektor, meja melingkar, dan perlengkapan lain yang mendukung kegiatan di dalamnya. Ruangan ini pun harus diusahakan terhindar dari lokasi ramai agar orang di dalamnya dapat lebih berkonsentrasi.

 


6. Rancang Area Istirahat dan Hiburan

sumber foto

Bekerja seharian apalagi terus-terusan melihat komputer membuat para karyawan lelah dan juga bosan. Adanya ruangan istirahat dengan tersedia berbagai hiburan akan membuat para karyawan lebih rileks dan siap melakukan proyek selanjutnya. Setelah cukup fresh dan juga terhibur di area ini, ide-ide baru pastinya bermunculan sehingga menjadi nilai plus untuk kantor startup Anda.

 

7. Desain Area Pantry

sumber foto

Baik kecil ataupun besar, pantry tentunya menjadi salah satu area yang dibutuhkan dalam kantor. Perut yang kosong tentunya akan menghambat kerja otak, disini peranan pantry menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Tidak harus besar, pantry memanjang atau pada ruang seadanya pun tidak masalah asal dirancang bersih dan juga nyaman. Tersedia area untuk sekedar memasak air panas untuk menyeduh kopi dan teh ataupun membuat makanan dan cemilan sederhana yang dapat mengganjal perut selagi sibuk bekerja.

 

8. Tambahkan Tanaman di Luar dan di Dalam Bangunan

sumber foto

Kenyamanan kantor tidak hanya berasal dari desainnya saja, namun juga cara menghadirkan suasana santai dan segar melalui tanaman hijaunya. Pepohonan di luar bangunan akan menjadi pelindung yang memberikan keteduhan dan juga udara segar. Sedangkan di dalam bangunan kantor, akan memberikan suasana yang tenang, damai, dan fresh. Tanaman hias juga dapat mempercantik area kantor Anda. Selain itu, menghirup aroma tanaman yang khas akan membantu menghilangkan kecemasan dan stress saat bekerja.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter