article / Tips & Trick / Takut Rumah Dihinggapi Rayap? Lakukan 8 Tips Ini Agar Terhindar Dari Rayap yang Menggerogoti Hunian Tercintamu!
06 Agustus 2018 110 Views

Takut Rumah Dihinggapi Rayap? Lakukan 8 Tips Ini Agar Terhindar Dari Rayap yang Menggerogoti Hunian Tercintamu!

Rumah kayu sangatlah alami dan juga unik. Akan tetapi rumah dengan material kayu juga cukup merepotkan. Perabotan di dalam rumah juga tentunya tidak lepas dengan penggunaan material kayu. Misalnya seperti meja ataupun sofa dengan kayu sebagai rangkanya menjadi hal yang sudah umum ditemui. Ada hal yang tidak bisa lepas dari penggunaan material kayu ini yaitu serangan dari rayap. Rayap yang memakan kayu baik pada dinding rumah atau bahkan perabotan dalam rumah membuat struktur ataupun estetika rumah berkurang. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari serangan rayap seperti hal-hal berikut ini.

1. Jaga rumah agar senantiasa kering

sumber foto

Rayap merupakan serangga yang berukuran kecil dan sangat menyukai tempat yang lembab. Menjaga rumah agar selalu tetap kering terutama pada bagian yang menggunakan material kayu haruslah dilakukan. Segera mengelap perabotan kayu yang terkena tumpahan air ataupun mengeringkan sela-sela rumah kayu sehabis hujan.

2. Rutin membersihkan saluran air

sumber foto

Saluran air menjadi salah satu tempat yang perlu diperhatikan. Tempat penampung air ini tidak hanya menjadi tempat bersarangnya nyamuk namun juga tempat favorit rayap karena kelembabannya. Bersihkan area talang dari daun kering ataupun kotoran yang bisa menjadi sarang rayap di rumah.

3. Pilih material kayu yang berkualitas


sumber foto

Tentunya banyak sekali berbagai macam jenis kayu yang bisa digunakan untuk rumah atau perabotan. Kayu yang berkualitas bagus biasanya juga memiliki harga jual yang tinggi. Seperti halnya kayu jati, meski harganya cukup mahal, kualitasnya sendiri tidak diragukan lagi. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Ada harga pasti ada rupa.

4. Perhatikan area dapur rumah

sumber foto

Dapur merupakan bagian dalam rumah yang paling mudah untuk dihinggapi rayap karena berbagai macam hal. Memperhatikan area ini sangatlah penting. Mulai dari menjaga pintu dan jendela agar selalu tertutup rapat selama musim hujan hingga membersihkan rumah sehingga tidak ada kotoran ataupun sampah yang tersebar di dalam ruangannya.

Perhatikan juga wastafel tempat mencuci peralatan makan. Tutup kencang kran air sehingga air tidak menetes di area dapur. Jika terjadi kebocoran oleh pipa, segera perbaiki agar rayap tidak muncul karena area menjadi lembab.


5. Ingin membangun rumah baru? Hindari lahan bekas kebun atau hutan

sumber foto

Area lahan bekas kebun ataupun hutan sering kali dihuni oleh rayap tanah. Rayap ini sangat menyukai area tanah karena mengandung sumber makanan bekas hasil tani. Jika kamu membangun rumah di atas lahan ini tentunya akan menjadikan rumahmu mudah diserang rayap tanah. Tapi kalau ternyata lahan tersebut merupakan satu-satunya tempat yang bisa kamu bangun, semprotkanlah cairan anti rayap di seluruh permukaan tanahnya sampai pada saat pembuatan pondasinya pula.

6. Berikan jendela yang besar dan juga pencahayaan maksimal di dalam hunian


sumber foto

Jendela di dalam hunian menjadi elemen yang penting di dalam rumah. Ukuran jendela yang lebar tentunya memberikan pencahayaan alami yang maksimal ke dalam rumah. Tidak hanya pencahayaan saja, panasnya pun juga membuat ruangan tetap kering dan hangat. Hal tersebut pastinya sangat tidak disukai oleh rayap.

7. Rawat dan bersihkan gudang dalam rumah

sumber foto

Jika di rumahmu memiliki area gudang, maka kamu harus memperhatikan dengan baik-baik ruang satu ini. Gudang dimana berbagai barang yang sudah jarang atau tidak terpakai tersimpan sehingga jarang dimasuki. Bisa jadi ruang inilah tempat bersarangnya rayap. Apalagi jika di dalam gudang terdapat barang bermaterial kayu. Rawat area gudang setidaknya seminggu sekali sehingga tidak ada rayap yang hinggap. Buka ventilasi atau pintu saat berada di ruangan ini agar cahaya dan udara masuk ke dalam.

8. Jauhkan perabotan dari dinding

sumber foto

Berbagai perabotanmu baik almari, meja, ataupun tempat tidur sebaiknya diletakkan tidak mepet dengan dinding. Dinding sendiri bisa menjadi bagian yang sangat lembab saat ada air merembes masuk ataupun udara sedang tidak menentu. Dari lembab di dinding itulah, bisa jadi rayap datang dan mulai menghinggapi furniture anda terutama yang bermaterial kayu.

Selalu cek dan bersihkan secara rutin rumah, agar tidak terjadi kerusakan ataupun rayap yang menghinggapi rumah cantikmu.

source feature image


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter