article / Building / 7 Gedung Unik ini Ternyata Mengubah Imej Lahan Parkir yang Gelap dan Menyeramkan Menjadi....
12 September 2017 202 Views

7 Gedung Unik ini Ternyata Mengubah Imej Lahan Parkir yang Gelap dan Menyeramkan Menjadi....

Kepadatan penduduk tentu juga mengakibatkan tumbuhnya perekonomian di suatu daerah tertentu. Tentunya tidak hanya kebutuhan rumah saja yang meningkat namun juga kendaraan bermotor pun menjadi hal yang lumrah dilihat setiap harinya. Tidak hanya kemacetan saja yang membuat pusing namun juga ketersediaan lahan parkir menjadi permasalahan pelik. Bayangkan saja di berbagai tempat umum, karena tidak adanya lahan parkir, berbagai kendaraan jadi parkir di pinggir jalan yang tentunya membuat badan jalan raya menjadi lebih kecil. Namun di beberapa negara ini benar-benar memikirkan lahan parkir hingga didesainkan sebuah gedung parkir yang unik. Berikut adalah beberapa gedung lahan parkir di berbagai negara.

1. Engelenschanze Car Park, Stuttgart, Jerman

The parkhaus Engelenschanze

Jika lahan parkir identik dengan suatu tempat yang gelap dan mengerikan, tidak dengan gedung satu ini. Dilingkupi dengan dinding kaca. Cahaya dari luar masuk dan gedung terasa lebih leluasa. Di dalam gedungnya juga terdapat taman dan air mancur yang menghias. Tentunya gedung ini tidak hanya menguntungkan bagi pemilik kendaraan saja, namun juga menjadi kontribusi bagi desain urban di tengah kota.

2. Veranda car park, Rotterdam, Belanda

veranda car park

Bangunan parkir yang satu ini cukup memuat sebesar 650 kendaraan roda empat. Selain sebagai tempat parkir, pada gedung ini terdapat toko dan juga restoran. Tidak hanya menarik dari luar saja, namun juga menarik dari interior gedungnya. Area parkir terbagi menjadi 4 lantai bawah tanah dan 4 lantai ke atas. Sedangkan pada lantai dasarnya digunakan sebagai retail toko.

3. Garage No. 1111 Lincoln Street, Miami, US

1111 Lincoln

Didesain oleh Herzog & de Meuron, gedung lahan parkir di miami ini bernilai $70 juta. Bentukan gedung yang tidak biasa ini dibuat tanpa dinding sehingga dapat dilihat dari luar. Dengan kapasitas 300 mobil, gedung dilengkapi juga dengan retail toko, dan restoran rooftop yang pemandangannya menghadap ke arah laut. Setiap lantai pada gedung terjamah dengan pencahayaan alami dan pemandangan langit Miami.

4. Santa Monica Civic Center Parking Structure, Calif

santa monica

Area parkir ini merupakan gedung parkir pertama yang mendapatkan sertifikat LEED di negara ini. Hal ini membuktikan bahwa gedung ini berhasil menghemat energi dan melindungi lingkungan sekitarnya. Dengan ukuran yang luas, gedung ini mampu menampung 900 mobil, dan juga 14 area untuk kendaraan elektirik dan penyimpanan sepeda. Solar panel menjadi salah satu sumber energi dan juga sekaligus pelindung untuk mobil yang terparkir di atap, penggunaan pencahayaan LED dan material sustainable menjadi alasan bangunan ini ramah lingkungan.

5. Garage Tower of the Volkswagen, Jerman

garage tower

Kembali lagi di Jerman terdapat gedung parkir yang menarik. Tower kembar ini berlokasi dekat dengan pabrik volkswagen. Tower 20 lantai ini mampu menampung 400 mobil tiap towernya. Setelah pemilik mobil memilih mobilnya, maka mobil tersebut akan diturunkan dengan mesin ke lantai dasar bangunan. Disini pengunjung juga dapat menjelajahi gedung dengan elevator panorama kaca. Adapun lantai observasi di lantai 20 yang menunjukkan pemandangan keseluruhan pabrik dan segala sisi perkotaan.

6. Ballet Valet, Miami, US

Ballet Vallet

Ternyata memang Miami berhasil menciptakan trend bangunan parkir semenjak dibangunnya Ballet Valet yang berada di pantai Miami tahun 1996. Lantai parkir yang berada di lantai atas tersebut ditutupi dengan adanya pohon yang tumbuh hijau di sekitar gedungnya. Hal ini dilakukan untuk menutupi struktur betonnya dan membuat bangunan ini menyatu dengan lingkungan sekitar. Sedangkan pada bagian lantai dasar bangunan ini digunakan sebagai pusat retail.

7. Q-Park on Charless Street, Sheffield, England

Q Park

Bangunan ini terdiri dari dinding blok dengan berbagai angle yang memberikan penampilan dengan tekstur yang unik. Kapasitas untuk 10 lantai gedung ini adalah 530 kendaraan. Gedung parkiran ini juga dekat dengan berbagai akomodasi lainnya seperti stasiun kereta, toko-toko, dan teater. Terdapat limit tinggi kendaraan yang boleh masuk ke dalam gedung ini yaitu sebesar 2 meter.

Nah, itu dia 7 gedung lahan parkir yang terdapat di beberapa negara. Jadi gedung parkir mana yang menurut kamu akan cocok diterapkan di negara Indonesia?

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter