article / Landscape / Beragam Ide Taman Untuk Memperindah Lanskap Rumah
18 April 2017 616 Views

Beragam Ide Taman Untuk Memperindah Lanskap Rumah

Lanskap rumah merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika mendesain sebuah rumah. Perletakkan bangunan, taman di luar atau di dalam, di depan ataupun di belakang juga dipertimbangkan dengan baik. Hal ini dilakukan agar rumah memiliki sirkulasi dan pemandangan yang lebih indah. Elemen penghias alami pada lanskap juga akan memberikan kesegaran pada rumah. Rumah jadi tidak sumpek dan lebih berseri. Mendesain taman memang merupakan kebutuhan sekunder namun akan berdampak baik pada rumah.

http://www.countryliving.com

Jalur masuk ke rumah merupakan salah satu area terbaik untuk menunjukkan rumah yang welcoming. Adanya pepohonan yang ditata sejajar menuju ke arah pintu rumah, akan terlihat menyambut tamu yang datang.

http://www.decoist.com

Dataran tanah pada taman dapat didesain dengan ubin dan juga rumput yang diletakkan pada grid-grid tertentu. Selain estetika, desain ini juga tampak attraktif untuk bermain di taman.

http://www.housebeautiful.com/

Desain taman yang satu ini bisa kamu terapkan dengan memotong pohon tanaman yang bentuknya disesuaikan dengan pola tertentu. Taman dilengkapi dengan sculpture di tengahnya dan kolam renang di belakangnya. Bentukan simetris ternyata dapat menciptakan keindahan yang nyaman untuk dipandang.

http://www.housebeautiful.com

Selain ditata dan tanaman dibentuk seperti gambar sebelumnya, ditengahnya dapat ditanam dengan pohon yang berbunga lebat. Selain rapi taman juga akan terlihat indah dengan adanya bunga bermekaran.

https://www.gardenworks.ca

Dataran tanah pada taman tidak harus selalu dengan ubin dan rumput tapi juga bisa dengan kumpulan krikil. Tangga pada taman yang terlihat alami dengan balok kayu dan kerikil. Jalur ini juga dilengkapi dengan tanaman-tanaman hias di sisi sampingnya. Kerikil berwarna coklat pun juga diletakkan di area yang buka jalan pada taman melainkan penutup tanah pada tanaman hias.

http://www.houzz.com

Ubin yang disusun rapi dan dibuat terpisah memberikan kesan unik bagi orang yang melihatnya. Pemisahan ubin persegi ini pun tetap terlihat rapi dan eye-catchy. Sembari bersantai juga di area taman belakang rumah menikmati hijaunya tanaman dan pohon yang rindang.

http://www.decoist.com/

Pemberian elemen air terjun mini pada taman akan memberikan kesegaran bagi rumah. Hal ini dikarenakan elemen air memang dapat membuat rumah terasa lebih sejuk. Selain itu suara gemericik air yang mengalir juga akan membuat suasana tenang dan nyaman. 

http://www.housebeautiful.com

Pagar batas dengan pohon bunga yang bermekaran memberikan keindahan dan suasana segar. Dengan bunga warna gradasi ungu yang kalem sangat berbanding terbalik dengan hijaunya taman. Selain itu juga menambah keromantisan ketika berada di taman ini.

http://www.housebeautiful.com

Kolam renang yang berbentuk seperti kolam ikan ini sangat menyatu dengan alam. Batas-batas kolam dilingkupi dengan rerumputan dan tanaman hias. Desain ini menunjukkan bagian rumah yang memberikan nuansa "back to nature".

http://www.houzz.com/

Tidak hanya tanaman saja, taman juga dapat dilengkapi dengan berbagai furniture. Salah satu penerapannya adalah kursi ayunan yang ada di taman. Cocok untuk duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan taman. Ditambah lagi posisinya yang berada di pojok taman menunjukkan bahwa desain dapat memanfaatkan tiap sudut ruangan.

http://www.countryliving.com/

Tanaman pada area depan rumah dapat  dibuat dengan menghias jalur masuk. Penataan pot tanaman kecil juga akan berpengaruh untuk mempercantik halaman. Penggunaan patung berbentuk hewan juga masih banyak kita temui di depan rumah.

http://www.houzz.com/

Untuk taman dibelakang rumah, kamu bisa coba terapkan desain yang satu ini. Dengan menggabungkan area santai dengan kolam ikan serta pijakan batu di kolamnya. Penggunaan kerikil dan pasir putih juga membuat tamanmu terlihat jadi lebih bersih.

http://www.countryliving.com

Jalan setapak dan taman di rumah yang dipenuhi dengan berbagai tanaman hias. Penataan tanaman pun dibuat estetis dengan beragam warna daun ataupun bunga. Taman yang simetris memang tidak pernah membuat kecewa penghuni rumah.

http://www.houzz.com/

Desain ini menunjukkan bahwa area bersantai juga dapat diletakkan di area taman. Selain cocok untuk berkumpul bersama teman-teman, desain ini juga menghangatkan suasana dengan adanya api unggun di tengah-tengah tempat duduk. Cocok untuk menghabiskan malam bersama sambil bersenda gurau.

http://www.housebeautiful.com

Memang grid pada bagian dasar tanah tidak pernah mengecewakan. Ubin yang dibentuk persegi dan persegi panjang ini digunakan sebagai jalur penunjuk arah menuju rumah. Tidak hanya unik namun juga mempermudah tamu untuk mengerti alur menuju ke dalam rumah melewati taman.

http://www.houzz.com

Adanya leveling di taman tentunya akan membuat perbedaan ruang. Pada gambar terlihat leveling memisahkan taman dengan area santai atau biasa disebut patio. Menariknya tidak hanya tangga saja yang dibuat berundak, tetapi juga tanaman border yang dibuat berundak memberikan batas ruang tertentu pada taman.

http://www.houzz.com

Untuk rumah yang tidak terlalu luas, taman di samping rumah ini bisa jadi inspirasi. Dengan memberikan jalan setapak yang berada di atas rerumputan akan memberikan suasana rumah yang lebih alami. Serta adanya pepohonan dan bunga yang diletakkan di dalam pot built-in memberikan warna dan kesegaran baru di luar rumah.

http://www.housebeautiful.com

Untuk desain yang terakhir ini akan mempercantik tamanmu. Taman yang dihiasi dengan hamparan bunga merah muda ini terlihat sangat menenangkan. Tidak hanya bunganya saja yang unik, tetapi juga tanaman rambat pada dinding-dinding di taman. Jadi untuk kamu yang merasa dinding di rumah terlalu biasa saja, tanaman rambat bisa jadi ide baru untuk mempercantik rumahmu. Tapi pilih tanaman rambatnya yang dapat berbunga juga ya biar lebih estetik.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter