article / Building / 5 Rumah Mini Unik yang Terlihat Kecil di Luar namun Ternyata Menakjubkan di Dalamnya
20 Juni 2017 1K Views

5 Rumah Mini Unik yang Terlihat Kecil di Luar namun Ternyata Menakjubkan di Dalamnya

Rumah yang nyaman tidak bergantung pada ukurannya namun lebih kepada pemenuhan fungsinya. Segala aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan baik di dalam rumah. Meski dengan ukuran yang kecil pun, rumah yang didesain sesuai dengan kebutuhan dan furniture yang tepat akan dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan pada pemilik rumah. Berikut ini beberapa rumah dengan ukuran mini yang memiliki bentukan unik namun tetap berfungsi dengan baik sebagai tempat tinggal.

Cedar Mountain Farmhouse

Rumah yang tampak kecil di luar ini pada kenyataannya memiliki area dalam yang memenuhi kebutuhan ruang dalam rumah. Material kayu yang digunakan mengesankan suasana alami pada rumah ini. Rumah ini juga merupakan kombinasi unik antara rustic dan modern pada area indoornya.

Area dapur dilengkapi dengan meja stainless dan beberapa tempat penyimpanan. Tidak lupa pula kamar tidur diletakkan di lantai atas rumah yang tentunya jarak lantai kamar tidur dengan atapnya tidaklah tinggi. Tidak lupa juga terdapat jendela pada area loteng tersebut sehingga cahaya alami dapat masuk ke dalam kamar tidur.

Pintu kamar mandi terhitung cukup ramping. Sedangkan tepat disampingnya terdapat ruang kerja yang juga bisa digunakan untuk area bersantai. Tidak lupa juga area ruang penyimpanan berada di depan ruang kerja tersebut. Tampilan bersih dan rapi terlihat dari rumah ini.

sumber: http://www.countryliving.com

The Fox House

Tampilan rumah pohon satu ini benar-benar terlihat refreshing dan ceria. Dipenuhi lampu-lampu kuning yang menonjolkan material kayu rumah. Bentukannya pun tidak sekedar seperti sebuah kotak. Rumah ini pun merupakan renovasi dari ruang bermain untuk anak menjadi guest room.

Penggunaan sofa dengan desain vintage memberikan kesan yang simple dan unik. Selain itu juga fitur lampu yang digunakan juga cukup menarik karena bentukannya yang tidak biasa. Salah satu hal yang menarik mata pada ruang tamu ini adalah meja dari petinya. Warnanya yang kontras dan bentuknya membuat orang memperhatikan meja ini. Keseluruhan ruang tamu ini menunjukkan suasana yang tenang dan nyaman.

Di rumah yang terbilang tidak besar ini, tempat tidur yang dipilih adalah kasur yang berukuran sedang. Anehnya hal ini tidak membuat ruangan terasa sumpek, malah sebaliknya kasur ini dapat cocok dengan keseluruhan ruang. Area ini pun juga cocok untuk digunakan sebagai ruang baca, karena bukaan jendela yang cukup besar di area ini.

sumber: http://www.countryliving.com

Pop-Out Porch

Untuk rumah yang satu ini benar-benar tergolong unik. Desainnya juga menarik dengan meletakkan jendela geser dari kaca di bagian tengah lalu material kayu solid di kedua ujung rumah. Hal ini dikarenakan konsep dari rumah ini sendiri adalah memiliki area terbuka yang memberikan kesegaran pada rumah. Tentunya area terbuka ini merupakan elemen kejutan pada rumah.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas. Area deck yang keluar tersebut menjadi poin lebih dalam desain rumah ini dibandingkan yang sebelumnya. Deck kayu yang dijadikan lantai tersebut sebenarnya pun merupakan bagian dari dinding eksterior rumah. Dengan adanya area tambahan ini rumah jadi terasa lebih lapang.

Untuk kamar mandi dan laundry diletakkan pada ruangan berpartisi di bawah ruang tidur. Interior rumah ini menunjukkan ruang yang bersih dan rapi dengan warna putih dan lantai darkwoodnya. Tampak jelas rumah kecil ini memiliki sistem sirkulasi udara dan cahaya alami yang baik untuk pemiliknya.

sumber: http://www.countryliving.com

The Pequod House

Rumah yang satu ini membuktikan bahwa rumah kecil seperti ini pun bisa menjadi kediaman keluarga kecil yang nyaman. Pada eksteriornya warna-warni dari material kayu yang dicat ini memberikan kesan playful. Tidak hanya warnanya, motif, tekstur dan juga atap lengkungnya menunjukkan keunikan rumah. Bentukan lengkung diperkuat dengan garis lengkung yang dibuat oleh warna kuningnya. Memberikan kesan rumah yang fleksibel.

Ketika memasuki rumah ini, tepat di sebelah kanan pintu terdapat area dapur. Keseluruhan material pada dapur menggunakan kayu yang terang. Hal ini akan membuat dapur mendapatkan pencahayaan alami secara maksimal yang terpantulkan juga oleh materialnya.

Sedangkan pada bagian seberang ruang dapur terdapat rak, area santai, ruang penyimpanan, ruang laundry, dan kamar mandi. Pada rumah ini rak disusun bertingkat sehingga dapat digunakan juga sebagai tangga di rumah. Pada bagian atasnya terdapat ruang tidur. Ruang tidurnya pun terbagi menjadi dua sisi. Pada bagian yang terletak di atas dapur, digunakan sebagai kamar anak. Dua ruang tidur tersebut dihubungkan dengan jembatan kaca yang cukup unik.

sumber: http://www.countryliving.com

Floating tiny House

Kali ini tidak hanya ukurannya saja yang unik tapi juga letaknya. Rumah terapung ini benar-benar berada di tengah-tengah perairan. Untuk meraih ke rumah ini, pemilik atau pengunjung harus menggunakan kapal. Tentunya hunian ini cocok untuk berliburan di musim panas. Area outdoor rumah dipenuhi dengan berbagai macam tanaman dalam pot yang memberikan kesegaran pada rumah.

Interior rumah ini memberikan nuansa coastal dengan berbagai pilihan gradasi warna birunya. Tidak hanya pada ruang makan, namun juga dapur, dan ruang tamu, warna biru terasa sangat menonjol. Tidak lupa pula dengan  motif-motif yang ditampilkan memberikan tampilan atraktif untuk interior.

Menilik ke bagian atas rumah yaitu loteng, terdapat kamar tidur dengan tempat tidur ukuran besar. Warna biru juga dihadirkan kembali dalam ruang ini. Berbagai jendela pada ketinggian loteng memberikan pencahayaan alami pada area ini dari segala arah.

sumber: https://mainehomedesign.com

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment

Muhammad Husni Aziz
12 Juli 2017
Kereennn, Kira2 butuh berapa ya dana buat rumah kayak gitu?
 

LEAVE A COMMENT