article / Building / COMPACT HOUSE: TREN RUMAH YANG PRAKTIS  
22 Oktober 2020 407 Views

COMPACT HOUSE: TREN RUMAH YANG PRAKTIS  


 

Lahan yang semakin sempit dan harga tanah yang semakin mahal seakan menjadi problematika masyarakat urban yang ingin memiliki rumah. Rumah berukuran besar tentu semakin sulit untuk diwujudkan. Tetapi bukan berarti lahan kecil tak bisa dimaksimalkan, agar bisa memenuhi aktivitas dan kebutuhan sehari-hari penghuninya.

 

Compact house adalah rumah mungil terpadu yang dibangun di atas lahan terbatas. Jadi, rumah ini memprioritaskan tiap ruangannya untuk memenuhi kebutuhan para penghuni. Akhir-akhir ini semakin banyak rumah mungil yang mengusung konsep compact, apalagi di daerah perkotaan. Rumah compact seakan menjadi solusi untuk menjawab masalah lahan yang semakin terbatas di masyarakat urban. Rumah berukuran besar tentu semakin sulit untuk diwujudkan. Tetapi, bukan berati lahan kecil tak bisa dimaksimalkan, lho.

 

Copyright by Curbed.com

 

Mengoptimalkan Keterbatasan Lahan        

Seperti yang telah disinggung, compact house atau rumah terpadu adalah jenis hunian yang cocok didirikan di atas lahan terbatas. Jenis hunian ini umumnya dirancang vertikal dan memprioritaskan ruang-ruang yang dianggap penting bagi penghuni. Konsepnya yang sangat simpel membuat compact house kerap dipadukan dengan desain rumah minimalis yang serba sederhana.

 

Copyright by Pinterest.com

 

Selaras Dengan Gaya Hidup Minimalis

Tren compact house Indonesia secara tak langsung dipengaruhi juga oleh kehadiran Marie Kondo. Praktisi asal Jepang tersebut mengajarkan untuk menyimpan benda-benda esensial dan menyingkirkan yang dirasa kurang dibutuhkan. Maka bukan hal aneh bila compact house cepat disukai kaum urban yang menerapkan gaya hidup Marie Kondo mengingat hunian tersebut sangat memperhatikan prioritas.

 

Copyright by Curbed.com

 

Tak Menyertakan Gudang Dalam Rumah

Berbeda dari kebanyakan rumah, desain compact house Indonesia tak mengenal gudang di dalamnya. Mengapa? Karena sejak awal penghuni didorong menggunakan barang-barang yang dibutuhkan. Maka jumlah yang terabaikan akan berkurang drastis. Lantas, apa yang harus dilakukan penghuni apabila ada barang yang tak terpakai lagi? Mereka dapat mengalihfungsikannya atau memberikan kepada yang membutuhkan.

 

Copyright by Curbed.com

 

Menghadirkan Fleksibilitas Tinggi

Terakhir, compact house Indonesia yang dibangun di kota-kota besar menawarkan fleksibilitas tinggi kepada penghuni. Artinya, mereka bisa mendirikan satu lantai dulu saat melajang, lalu menambah lantai lagi saat menikah dan membutuhkan kamar baru untuk anak. Fleksibilitas pada hunian ini pun terlihat dari penataan furnitur. Sebagian besar perabot untuk compact house mudah dipindahkan dan dibongkar-pasang agar dapat disesuaikan kebutuhan penghuni.

 

Copyright by Pinterest.com

 

Terbuka Dan Minim Sekat

Untuk menciptakan kesan luas dan lapang, rumah compact meminimalisasi kehadiran sekat. Alih-alih memisahkan ruangan dengan sekat, satu ruangan bisa dibuat multifungsi. Biasanya, arsitek akan menyatukan ruang keluarga dengan ruang makan dan dapur sekaligus.

 

Copyright by Designideas.com

 

Rumah Ramah Lingkungan

Rumah compact cenderung sustainable. Plafon ganda alias void sering diaplikasikan pada konsep rumah ini, dengan tujuan supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik dan sinar matahari tetap masuk meskipun tidak menggunakan jendela. Kehadiran void inilah yang bisa membantu penghuni rumah meminimalisasi penggunaan alat elektronik seperti lampu dan AC, sehingga rumah compact sering  juga disebut rumah ramah lingkungan.

 

 

Copyright by Pinterest.com

 

Identik Dengan Warna Monokrom

Rumah compact identik dengan warna monokrom, seperti warna putih, hitam, abu-abu, dan coklat. Warna ini juga mendukung suasana pada rumah compact kamu agar lebih terasa luas dan tidak sempit.

 

Copyright by Pinterest.com

 

Menggunakan Lantai Mezzanine

Apabila rumah dengan satu lantai masih kurang fungsional, penghuni bisa menambah lantai dengan konsep mezzanine. Konsep mezzanine digunakan untuk mereka yang mau menambah ruang, tanpa perlu menambah jumlah bangunan.

 

Copyright by Interiordesign.com

Untuk hasil yang maksimal, tetap kunjungi Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah, kamu juga dapat menemukan banyak inspirasi desain lainnya di Furnizing.com. Selamat bereksplorasi untuk mendekor kebahagiaan kamu yah!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter