article / Building / DeeRoemah: Renovasi Rumah dengan Material Daur Ulang dan Landscape yang Atraktif serta Memperhatikan Lingkungan Sekitarnya
08 September 2017 271 Views

DeeRoemah: Renovasi Rumah dengan Material Daur Ulang dan Landscape yang Atraktif serta Memperhatikan Lingkungan Sekitarnya

DeeRoemah, merupakan sebuah proyek renovasi di area tengah padatnya kota Jakarta Selatan. Proyek yang dikerjakan oleh Wahana Architects ini merupakan proyek yang dikepalai oleh arsitek utama Gerard Tambunan. Berluaskan lahan dengan bentukan yang tidak biasa sekitar 196 meter persegi dengan luasan bangunan dua lantai sebesar 280 meter persegi. Ruangan di dalam rumah ini sama seperti rumah pada umumnya yaitu 1 kamar utama, 3 kamar anak atau kamar tamu, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kantor, dan gudang.

Untuk mengharmonisasikan rumah dengan lingkungan, maka rumah didesain dengan pendekatan yang alami. Desainnya humble dan menyatu dengan keadaan rumah sekitarnya. Ide utama dari desain renovasi rumah ini adalah mengkonservasi bentuk masa utamanya dan memodifikasinya.

Pada lantai satunya, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur didesain secara menyatu tanpa sekat dan langsung bersebarangan dengan taman outdoor rumahnya. Pada bagian taman luarnya terdapat pohon eksisting yang menjadi penyamar antara batas luar dan dalam rumah. Pada rumah ini, setiap kamar tidur memiliki view ke arah taman mini.

Lalu pada lantai duanya terdapat ruang kantor semi publik yang hanya dapat diakses melalui tangga melingkar di luar rumah. Uniknya ruangan ini dipenuhi dengan dinding bermaterialkan kaca yang mengarahkan pemandangan ke teras dan taman. Hal unik lainnya dapat terlihat pada panel kayu transparan yang terbuat dari limbah pabrik furniture. Dipasang secara diagonal pada salah satu sisi dan digunakan sebagai shading alami dimana siluetnya tampak seperti rumah kampung. Tentunya shading kayu tersebut juga berfungsi sebagai kulit bangunan untuk menutupi aktivitas di dalam kantor dari luar dan tetangga.

Untuk memperkuat konsep dari desain rumah ini, berbagai material yang digunakan pada rumah cukup simpel. Finishing dengan tekstur semen menjadi hal yang paling dominan di keseluruhan rumah. Adapun untuk beberapa detail lainnya seperti penggunaan kayu kasar pada fasad dan metal pada tangga outdoornya yang menuju ke ruang kerja. Tentunya pemilihan material dan desain menjadi hal yang penting untuk membuat rumah menyatu dengan lingkungan sekitar dan tidak menunjukkan kesenjangan dari sisi budaya dan ekonomi.

Landscape rumah dilengkapi dengan berbagai pohon yang menjulang tinggi sehingga bangunan rumah tertutupi. Selain membuat rumah lebih teduh, hal seperti ini juga membuat desain keseluruhan terasa lebih nyaman dipandang. Pohon eksisting yang sudah ada sebelum rumah di renovasi dipertahankan dan diintegrasikan pada desain yang baru. Bagian outdoor berupa landscape dan hardscape merupakan bagian yang penting sehingga memberikan suasana yang menarik di dalam rumah. memberikan perlindungan pada bangunan namun juga menciptakan mood yang baik di dalam rumah.

Ketika merenovasi rumah ini tentunya yang dipikirkan adalah budget klien dan lingkungan sekitarnya. Dengan memanfaatkan beberapa bagian eksisting rumah seperti struktur beton, dan menggunakan kembali beberapa material yang sudah terpakai. Tentunya hal ini akan meminimalkan pengeluaran klien dan juga tentunya renovasi rumah jadi tidak terlihat terlalu berbeda dengan nuansa kampung lingkungan sekitar.

Rumah yang berlokasi di area beriklim tropis ini tentunya akan sangat penting untuk memanfaatkan bukaan yang dapat mengalirkan udara ke dalam dan keluar bangunan. Dengan menggunakan sistem cross ventilation, udara di dalam rumah akan berganti menjadi udara segar sedangkan udara panas akan keluar. Penggunaan material kaca dan skylight juga bekerja dengan baik untuk memasukkan cahaya alami sepanjang hari ke rumah. Lalu taman vertikal dan juga panel kayu membantu memberikan perlindungan untuk bagian dalam rumah.

sumber: DeeRoemah

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter