article / Play Room / Desain Ruang Billiar yang Bikin Bermain Jadi Lebih Santai dan Seru
05 Mei 2017 327 Views

Desain Ruang Billiar yang Bikin Bermain Jadi Lebih Santai dan Seru

Berbicara tentang menghibur diri di rumah, memiliki area bermain bisa jadi solusi menghilangkan kebosanan. Salah satunya adalah dengan memiliki ruang bermain billiar. Tentunya ruang billiard harus cukup besar untuk mengakomodasi meja dan jarak untuk bermain dari segala sisi. Setidaknya jarak antara meja dengan dinding atau furniturenya sekitar 1,8 meter.

Pencahayaan pada ruangan juga sangat penting untuk diperhatikan. Ruangan ini membutuhkan pencahayaan dari atas kepala untuk menerangi mejanya. Jika ruang billiar dilengkapi dengan jendela, biasanya akan tersedia pula tirai untuk mencegah silau yang berlebihan pada siang hari.

Ketika mendesain ruang billiar, tentunya tidak ada batasan. Semuanya akan bergantung pada kecocokan dan keinginan pemilik rumah sendiri. Desain yang tepat akan membuat ruang billiar lebih asik dan juga nyaman.

https://www.houzz.com

Warna yang memberikan kesegaran seperti warna biru bisa memberikan kesan ruanganya yang santai dan juga menyenangkan. Ruangan jadi lebih terang dan juga sejuk.

http://www.architectureartdesigns.com

Tentunya di ruang bermain tidak hanya terdapat meja billiar saja tetapi juga bisa permainan lainnya. Desain lorong melengkung pada ruang bermain ini memberikan kesan yang ramah dan welcoming bagi orang yang masuk ke dalamnya. Tidak kaku dan juga tidak terlalu formal.

http://www.huffingtonpost.com

Terletak di ruang basement tentunya pencahayaan menjadi hal utama di ruangan ini. Tema hitam-putih pada ruang billiar memberikan penglihatan yang tajam untuk seluruh ruangan. Memberikan titik fokus pada meja billiar yang terlihat mengkilap disinari lampu.

http://www.architectureartdesigns.com

Jika ingin memberikan impresi elegan dan juga futuristik, pemilihan material untuk meja billiar dan furniture di ruangan perlu disesuaikan. Meja billiar yang diletakkan di ruang makan dan dapur ini dapat diraih segala kalangan yang berkunjung di rumah.

https://www.houzz.com

Keluarga dapat berkumpul dan bermain di ruangan ini. Dengan pewarnaan gradasi abu-abu memberikan kesan netral. Tidak lupa juga lampu gantung dengan pelingkupnya yang unik.

http://www.huffingtonpost.com

Meninggikan plafon bisa memberikan kelegaan pada orang di dalamnya. Menjadikan ruangan tampak lapang dan leluasa. Adanya mini bar menambah keasikan ketika kamu dan temanmu bermain billiar.

http://www.architectureartdesigns.com

Tidak hanya plafon tinggi saja yang dapat memberikan keistimewaan pada ruang, bentuk yang tidak biasa pun bisa jadi kelebihan pada ruang. Terletak di loteng, skylight sendiri sudah menjadi penerangan alami dari atas kepala. Perpaduan warna putih dan kayu pada lantai memberikan kenyaman dan kehangatan.

http://www.usualhouse.com

Warna coklat memberikan kenyamanan pada mata ketika melihatnya. Tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Warna pencahayaannya pun juga menyesuaikan suasana ruang. Sangat asik untuk bermain di ruangan ini.

http://www.architectureartdesigns.com

Konsep ruangan ini bisa langsung ditebak dengan melihatnya. Ruangan dengan garis vertikal dan horizontal ini memberikan kesan ruang yang formal, kaku tapi juga sangat rapi. Nikmat dipandang dengan segala keteraturan ruangnya. Ruangan juga memberikan suasan yang akrab. Lampu gantung juga tepat dengan konsep keseluruhannya.

https://www.houzz.com

Menjadikan garasi atau gudang di luar rumah menjadi ruang bermain bisa menambahkan keseruan. Suasana santai ditemani dengan keadaan alam di sekitar rumah. Berikan keseluruhan ruangan warna putih dan cahaya pun bisa terpantulkan di ruangan ini. Tambahkan juga ornamen yang dapat menambah estetika ruang billiar misalnya sebuah lukisan.

http://www.huffingtonpost.com

Ruangan yang tampak mewah namun juga sekaligus sederhana. Lihat saja penutup atapnya yang terbuat dari seng. Menarik perhatian dan juga sangat kontras dengan keseluruhan ruang yang kelihatan luxurious. Akan tetapi ruangan ini memang memberikan kehangatan yang tepat untuk keluarga maupun berkumpul dengan teman-teman.

https://www.houzz.com

Menjadikan ruang billiar yang juga sekaligus ruang baca memberikan nilai lebih pada fungsional ruang. Bermain sekaligus belajar. Tempat duduk di dekat jendela terlihat sangat nyaman dan membuat santai. Meja yang terbuat dari kayu walnut juga mempercantik ruangan ini.

http://www.architectureartdesigns.com

Ruangan dengan dinding kaca ini sangat tepat dipadukan dengan warna yang tidak memantulkan cahaya. Memberikan warna merah maroon yang disukai banyak orang menjadikan suasana lebih syahdu dan intim. Warna merah juga membentuk nuansa tegas dan anggun serta memperkuat gaya kontemporer dan oriental pada desain.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment