article / Building / Eksotisnya Interior Pondok Gantung “Skylodge” Tertinggi di Dunia yang Berlokasi di Purwakarta, Jawa barat
01 Desember 2017 516 Views

Eksotisnya Interior Pondok Gantung “Skylodge” Tertinggi di Dunia yang Berlokasi di Purwakarta, Jawa barat

Skylodge itu apa sih?

Pernah mendengar hotel atau penginapan jenis Skylodge? Bila pelum pernah, itu wajar karena Skylodge tergolong baru dalam dunia perhotelan. Terdiri dari 2 kata dari bahasa Inggris yaitu Sky yang berarti Langit dan lodge yang adalah pondok atau rumah kecil, jadi singkatnya Skylodge dapat diartikan dengan sebuah pondok atau tempat menginap seperti kapsul dimana pengunjung "seolah-olah" berada di langit.

www.thejakartapost.com

Skylodge dibangun dengan sekumpulan kerangka besi atau baja berbentuk trapesium atau bola dan dilapisi kaca transparan memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan sekeliling termasuk langit secara langsung. Tidak heran bahwa pengunjung berada didalam sleeping capsules beratapkan langit yang bertabur bintang. Indahnya!

www.Salkantay Trekking.com

Skylodge di Peru

Skylodge biasanya dibangun di lahan tanah. Namun lain halnya dengan The Skylodge Adventure Suites yang ada di Cuzco, Peru. Penginapan ini dibangun menggantung di puncak sebuah gunung di Sacred Valley of Peru. Berada di ketinggian 400 kaki, atau sama dengan 122 meter, The Skylodge Adventure Suites menjadi pondok gantung yang pertama di dunia.

 Contemporist.com

Skylodge tertinggi di dunia ada di Indonesia 

Nah, siapa sangka bahwa ternyata di Indonesia sendiri sudah ada Skylodge seperti di Peru! Skylodge pertama di Indonesia ini ada di Purwakarta, Jawa barat. Pajajaran Anyar nama pondok gantung ini berada di tebing Parang, Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat.


Industry.co.id

Skylodge Pajajaran Anyar yang merupakan kolaborasi antara masyarakat penggiat panjat tebing dari Badega Gunung Parang dan dibantu tim arsitek profesional ARCTech ini memang mengadaptasi Skylodge yang ada di PeruMereka juga mengalkulasi bagian-bagian rumit antara desain, berat, dan kekuatan bangunan ini. Tidak tanggung-tanggung, kolaborasi ini menghasilkan bangunan Skylodge setinggi 400 – 900 meter. Ketinggian ini jauh melebihi Skylodge yang ada di Peru. Maka tidak heran kalau Pajajaran Anyar digadang-gadang menjadi Skylodge tertinggi sedunia. Luar biasa!

www.thejakartapost.com

Bentuk pondok Skylodge Pajajaran Anyar adalah rangka segienam berbahan campuran besi baja, alumunium, dan dinding polycarbinate untuk menekan berat agar lebih ringan namun kuat. Luas kamar pondok yaitu 2,5 x 6 meter persegi dan tinggi sekitar 2,4 meter.

wartakota.tribunnews.com


travel.idntimes.com

Desain Interior Skylodge Pajajaran Anyar

Kamar di pondok tersebut idealnya bisa diisi oleh empat orang. Anda dapat memilih untuk tidur sendiri atau bersama-sama. Tersedia empat single bed dan king size lengkap dengan bantal dan selimut. Fasilitas Listrik dan air juga mudah didapatkan dan sudah tersedia didalam kamar.

Dinding dan lantai kamar berbahan polycarbinate transparan. Tidak ada karpet atau kain berwarna yang melapisi lantai kamar, namun untuk dindingnya terdapat kain tebal yang berfungsi sebagai tirai dan menyelimuti sekeliling kamar. Tirai ini dapat dibuka dan ditutup, tergantung keinginan anda. Penggunaan warna tirai dan sprei yang berwarna coklat muda, senada dengan warna sarung bantal dan bedcover yang berwarna putih.

HeadlineJabar.com

Perabotan yang ada didalam kamar ini tidak banyak, hanya terdapat lampu, televisi, pemanas air listrik, alat makan,microwive dan meja berbahan polycarbinate. Terdapat pula dekorasi didalam kamar ini yaitu pot kecil berbahan alumunium yang berisi tanaman pendek, menambah kesan manis dalam ruangan.


travelkompas.com

Didalam pondok ini tersedia toilet dan wastafel, terpisah dari kamar tidur. Ruangannya tidak terlalu besar namun bisa digunakan saat buang air besar atau kecil. Wastafelnya menggunakan bahan alumunium sedangkan toiletnya portable dan menggunakan metode dry ecological toilet. Nantinya apa yang ada di dalam toilet portable tersebut ditampung dan dibekukan, kemudian dibuang oleh petugas ketika tamu yang menginap sudah pulang. 

 

lifestyle.liputan6.com

Namun, di Skylodge Pajajaran Anyar ini sepertinya anda tidak bisa mandi. Karena tidak disediakan air yang cukup untuk mandi, dan tidak ada ruang khusus untuk mandi. Untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan air, anda dapat menggunakan air mineral galon yang tersedia, baik untuk minum atau yang lain.

travelkompas.com

Bagaimana keamanan menginap di Skylodge?

Tidak perlu khawatir jika anda ingin menginap di Skylodge ini. Ada fasilitas dan alat keamanan yang sudah disediakan dan dijamin petugas. Setiap pengunjung mendapatkan asuransi, Skylodge Safety briefings sebelum menginap, tim rescue yang stand by 24 jam di lokasi dan CCTV utk memonitor kondisi sekitarnya. Semua terintegrasi secara online dan realtime dan bisa dimonitor oleh tim Badega di manapun, karena berbasis teknologi Android. Di setiap kamar juga tersedia handy talkie untuk berkomunikasi ke basecamp.

HeadlineJabar.com

Pondok inap ini dikhususkan untuk orang-orang yang ingin merasakan liburan penuh tantangan. Mengapa demikian? Karena akses keluar masuk pondok harus melalui pendakian melalui jalur via ferrata dengan zipline dan rappelling.

 

 

Bagaimana? Apakah anda tertarik mencobanya?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter