article / Building / GARDEN HOUSE: RUMAH TAMAN YANG SEGAR DAN ALAMI  
19 Oktober 2020 657 Views

GARDEN HOUSE: RUMAH TAMAN YANG SEGAR DAN ALAMI  


 

Tren gaya hidup kembali ke alam (back to nature) telah menjadi bagian gaya hidup kosmopolitan di berbagai belahan dunia. Konsep ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sampai dengan penataan rumah sebagai solusi impian warga kota yang sudah sangat penat menjalani kehidupan di kota metropolitan yang sesak, semrawut, dan polutif. Kehadiran kebun/taman di rumah sudah menjadi keharusan dan merupakan faktor penentu nilai jual rumah. Rumah kebun dan rumah taman pun menjadi pilihan.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Rumah Kebun

Rumah kebun/taman merefleksikan sikap penghuni (ingatan kolektif manusia) mendekatkan diri dengan alam, memasukkan unsur alam ke dalam rumah dan atau menarik fungsi-fungsi ruang dalam rumah ke ruang luar. Peletakan ruang-ruang fungsional diupayakan menghadap kebun atau taman. Kamar tidur depan dan ruang tamu menghadap ke teras yang menyatu dalam kebun/taman depan. Kamar tidur tengah, kamar mandi (semi terbuka), dan ruang keluarga mengarah ke taman samping. Kamar tidur utama, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur memanfaatkan teras yang menyatu dengan kebun/taman belakang.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Secara keseluruhan (rumah, interior, kebun/taman) dibangun sebagai solusi terhadap kondisi iklim tropis yang serba efisien, inovatif, dan ramah lingkungan. Rumah kebun/taman mensyaratkan dekorasi dan perabotan tidak perlu berlebihan, saniter lebih baik (runut, tidak tersumbat), dapur bersih, desain hemat energi, kemudahan air bersih, luas dan jumlah ruang sesuai kebutuhan (efisien dan efektif), bahan bangunan berkualitas dan konstruksi lebih kuat, serta saluran air (riol kota) bersih.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Rumah kebun/taman menerapkan desain hemat energi. Penempatan jendela, pintu, dan skylight bertujuan memasukkan cahaya dan udara secara tepat dan optimal pada seluruh ruangan sehingga pemakaian lampu dan alat pengondisi udara ”terutama di pagi dan siang hari” dapat ditekan seminimal mungkin. Jendela mudah dibuka tutup (jendela kaca nako, jendela buka setengah). Kisi-kisi lubang angin dari kerawang atau glassblock di bagian atas dan atau bawah dinding menghadap luar (kebun/taman). Pemakaian genteng fiberglass atau pembuatan skylight (yang bisa dibuka tutup). Ruang-ruang pun teras segar, sehat, tidak sumpek atau pengap.

 

Copyright by Pinterest.com

Penempatan pintu kaca selebar mungkin dan memakai tembok seminim mungkin menjadikan ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur terasa lebih luas dan menyatu dengan kebun/taman. Peniadaan kusen pintu dan jendela memberikan kesegaran udara alam tersendiri dan antirayap.

 

Hemat Listrik

Rumah hemat listrik dapat diwujudkan dengan prioritas pemakaian peranti listrik yang tepat dan hemat energi, sesuai kebutuhan, penataan jaringan kabel, sampai terobosan pemakaian massal energi surya (panel sel surya) untuk memasak, mandi air panas, lampu, dan pompa air.

 

Copyright by Pinterest.com

Tema warna dan gaya selaras yang akan ditampilkan menghiasi rumah kebun/taman dapat mengambil konsep etnik tradisional, modern minimalis, atau gaya lain sesuai karakter penghuni rumah. Dominasi warna hijau akan memberikan suasana tenang dan nyaman. Selingan aromatik tanaman dan warna-warni tanaman berbunga dan atau berdaun indah menambah keceriaan dan kehangatan rumah. Unsur alami sangat memengaruhi pemilihan perabotan rumah dengan tetap memerhatikan konsep arsitektur bangunan rumah, luas ruang yang tersedia, dan fungsi ruang (tunggal/multifungsi).

 

Copyright by Pinterest.com

Perabotan berbahan alami menghadirkan suasana ruang yang lebih santai. Perabot dari bahan kayu, pelepah pisang, eceng gondok, rotan, atau bambu hasil karya kerajinan tangan lebih memberikan kesan nuansa alami pada rumah kebun/taman. Pilih perabot yang sangat diperlukan saja agar ruang terasa lega dan lapang.

 

Tanaman Hidup

Rumah kebun/taman identik dengan pagar tanaman hidup yang mensyaratkan lingkungan perumahan yang aman dan guyub. Namun, pagar masif masih dimungkinkan selaras dengan arsitektur bangunan rumah. Kombinasi pagar setinggi  1,50 meter, tanaman berdaun padat di luar/dalam pagar, dan kolam air merupakan kombinasi efektif meredam kebisingan ke dalam rumah. Pagar besi yang ditutupi kerai kayu atau bambu pelitur dan diikat pada pagar menambah artistik rumah.

 

Copyright by Pinterest.com

Keberadaan kebun/taman yang dipenuhi tanaman berbunga atau pohon buah-buahan (mangga, rambutan, pisang) memiliki keterlibatan emosional dengan penghuni saat menanam, memelihara, hingga memanen hasilnya. Ada kepuasan tersendiri yang tidak dapat diukur dengan uang.

 

Copyright by Pinterest.com

Seindah apa pun arsitektur bangunannya, tanpa kebun/taman rumah terasa hampa, tidak hidup. Keelokan rumah dan kebun/taman yang ditata apik akan menyegarkan mata, menyejukkan hati, dan mendinginkan kepala. Kini Anda pun dapat menghadirkan rumah kebun atau rumah taman bagi keluarga tercinta.

Untuk hasil yang maksimal, tetap kunjungi Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah, kamu juga dapat menemukan banyak inspirasi desain lainnya di Furnizing.com. Selamat bereksplorasi untuk mendekor kebahagiaan kamu yah!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter