article / Landscape / Berbagai Desain Halaman Depan Rumah yang Memberi Kesan Ramah pada Pengunjungnya
15 November 2017 3K Views

Berbagai Desain Halaman Depan Rumah yang Memberi Kesan Ramah pada Pengunjungnya

Dalam mendesain sebuah rumah, bagian depan rumah khususnya entrance harus dibuat menjadi area yang welcoming dan juga cantik. Hal ini dikarenakan halaman depan merupakan wajah dari sebuah rumah. Dengan desain halaman depan yang asri, maka rumah dan pemiliknya juga memiliki image yang serupa. Dalam mendesain area depan, banyak hal yang bisa diterapkan khususnya bagi mereka yang memiliki taman di depan rumahnya. Berikut adalah beberapa desain halaman depan rumah yang bisa kamu terapkan di rumahmu.

1. Halaman Seperti Dongeng

Fairy tale effect

Tidak hanya memiliki fasad yang unik dengan bentukan lingkaran pada area depan pintu rumah, namun juga taman di halaman depan didesain simple dengan susunan yang rapi. Adanya jalan setapak menuju ke depan pintu rumah yang terdiri dari kerikil dan bebatuan. Lalu disekitar pagar dekat rumah dihiasi dengan semak tanaman. Tak lupa pemilihan warna ungu dan merah muda pada bunga tampak cantik dan sempurna dengan keseluruhan warna rumah.

2. Halaman Bertingkat

Elevated Appeal

Untuk rumah yang memiliki ketinggian tertentu, desain halaman depan seperti ini juga bisa diterapkan. Di sekitar kanan kiri tangga masuk ditanami oleh tanaman semak dan bunga-bunga yang mempercantik bagian depan rumah. Pemilihan tanaman pun disesuaikan sehingga akan cocok dan tidak saling menutupi di ketinggiannya.

3. Tumbuhan di Fasad


Small Spaces

Untuk area depan rumah yang terbatas, mendekorasi bagian depan rumah hingga ke area jendelanya bisa menjadi pilihan. Fasad bangunan dapat dihiasi dengan tanaman menggantung di kotakan jendela sehingga rumah terlihat lebih asri. Pemilihan warna tanaman juga menjadi sangat indah digantungkan di sepanjang rumah tersebut.

4. Kebun Bunga

Floral Walkway

Tanaman yang lebat menghiasi depan rumah sehingga tampilan rumah tertutupi tumbuhan. Namun tidak hanya sekedar menanam tumbuhan lebat saja, hiasi jalan masuk dengan tanaman di sekitar pagar sehingga jalan tersebut ditumbuhi bunga cantik. Tidak hanya halaman asri, kamu pun bisa memiliki jalan masuk ke rumah yang indah.


5. Halaman Sederhana

Simple frontyard

Memberikan area penghijauan di bagian depan rumah juga bisa dilakukan dengan hal seperti ini. Pepohonan tumbuh tinggi di tempat yang sudah dibatasi. Hal ini memberikan kesan rapi pada bagian halaman depan rumah. Disekitar pagar pohon dari tumpukan bebatuan tersebut dihiasi dengan tanaman bunga yang rendah. Kedua pohon yang saling bersebrangan memberikan kesan welcoming pada bagian pintu masukk rumah.

6. Halaman bertemakan Zen


Zen Living

Dinding batu dengan fitur kolam air menjadi salah satu desain halaman depan rumah yang baik karena akan memberikan kesegaran. Untuk desain rumah satu ini terinspirasi dengan ruang zen ala Jepang yang memberikan ketenangan. Pagar kayu pun juga mengingatkan dengan aksen Jepang. Pewarnaan bangunan dengan lingkungannya terasa nyaman dan damai ketika dipandang karena sesuai dengan tema zen.

7. Halaman Masuk ke Dalam

Cottage Garden Courtyard

Bagian halaman depan rumah yang satu ini menjorok ke dalam. Memberikan kesan yang lebih intim pada halaman rumah. Desainnya juga memberikan kesan fleksibel karena garis lengkung yang disajikan oleh taman depannya ini. Selain itu juga kesan terbuka pun muncul di area depan rumah ini.

8. Halaman Depan Luas

Beauty and Function

Jalan bebatuan yang mulus dengan kemiringan tertentu membuat jalur masuk ke rumah seperti sebuah ramp. Dengan bagian halaman rumah yang sedikit ditinggikan tanahnya memberikan sebuah volum dan tekstur pada halaman yang tadinya datar. Memberikan beberapa aksen tanaman dan bebatuan tentunya akan mempercantik halaman depan rumah. Selain itu juga adanya ayunan pun memberikan kesan depan rumah yang menyenangkan.

Jadi, desain halaman depan rumah seperti apa yang menjadi inspirasi bagimu?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter