article / Hall / Ruang Hall di Area Depan Rumah Membuat Tamu Jadi Lebih Terhibur
02 Mei 2017 474 Views

Ruang Hall di Area Depan Rumah Membuat Tamu Jadi Lebih Terhibur

Beberapa desain rumah memiliki ruang transisi dari luar rumah hingga ke dalam ruang tertentu. Biasa disebut jalan masuk ataupun hall, berfungsi menjadi area transisi atau ruang tunggu bagi tamu yang berkunjung ke rumah. Biasanya area ini terdapat di rumah yang ketika masuk tidak langsung dihadapkan dengan area ruang tamu. Untuk lebih lanjutnya, langsung saja melihat contoh desain ruang hall pada rumah yang nantinya bisa kamu terapkan juga di dalam rumahmu.

https://www.houzz.com

Ketika melewati pintu masuk utama, pengunjung langsung dihadapkan jalur bercabang di dalam rumah. Tentunya jalur-jalur ini menuju ke dalam ruang yang semi-publik. Dengan lantai darkwood, cahaya yang diberikan melalui lampu di plafon terpantulkan dengan cantik. Plafon gypsum pun juga memberikan aksen yang menarik dengan perbedaan bentuk yang menyesuaikan bentuk lampu.

https://www.houzz.com

Jika pintu utama terletak di sudut rumah, nuansa seperti ini bisa kamu dapatkan. Dinding pada sisi yang menghadap keluar di miringkan. Dan juga cahaya yang masuk membayangi dinding membentuk pola tertentu di ruangan. Dinding hingga plafon dihiasi dengan wallpaper yang sama dan akan berakhir ketika memasuki ruangan lainnya. Kursi disediakan untuk tamu yang datang dan dihibur dengan lukisan yang tertata pada dinding ruangan.

https://www.houzz.com

Hall yang satu ini terlihat cukup mewah. Terlihat pada dinding sebelah kiri, jendela kaca memberikan pemandangan taman di dalam rumah. Pandangan lurus ke depan pun dihiasi dengan pemandangan hijau dan patung budha yang menenangkan. Lantai granitnya dialasi dengan karpet merah bermotif. Plafon juga dibuat menarik dengan ekspos struktur kayu yang atraktif. Lampu sorot pada lukisan pun membuat tamu dapat menikmati lukisan yang dipajang dengan nyaman.

http://www.houseandgarden.co.uk

Meskipun terlihat biasa saja, hall ini memiliki desain yang baik karena memperhatikan lingkungan sekitarnya. Kombinasi antara gaya modern dengan bahan alami menciptakan ruang yang minimalis dengan identitas pedesaan. Pintu kandang dipadukan dibelakang jendela dan pintu kaca. Dilengkapi dengan lampu gantung yang sesuai dengan konsep ruang. Ketika musim dingin dan malam datang, suasana jadi terasa akrab dan hangat dengan lantai batu hitamnya dan keseluruhan material alami dalam hall.

http://www.houseandgarden.co.uk

Memiliki dua tangga di area masuk memiliki kesan megah pada rumah. Ubin lantai dari material batu dan juga dihiasi dengan pot tanaman di dalam ruangan memberikan kesan seperti hutan dengan sentuhan warna monokrom yang eksentrik. Ditambah pula furniture-nya yang klasik. Bentukan plafon di area hall memberikan kesan welcoming dengan bentukan lengkungnya.

http://www.countryliving.com

Batu bata ekspos memang memberikan daya tarik tersendiri dalam ruangan. Terbukti pada desain ini ruangan terkesan lebih alami dan juga ramah lingkungan. Dengan plesteran warna putih di sela-sela batu bata membuat ruangan jadi terasa menyatu. Aksen batu bata pun juga langsung dapat terlihat dari luar melalui jendela-jendela di dinding pintu utama.

https://www.houzz.com

Memberikan keceriaan pada ruangan bisa juga dilakukan dengan cara ini. Pemberian lampu warna-warni yang diletakkan di dalam dinding akan mencerahkan ruangan ini. Menghibu dan juga dapat membuat tamu terkagum dengan desain hall seperti ini.

https://www.houzz.com

Tidak hanya sebagai hall saja, ruangan ini juga dimanfaatkan sebagai mudroom yaitu ruangan meletakkan sepatu atau jaket dari luar rumah ke dalam. Seperti yang terlihat pada area tempat duduknya, terdapat rak sepatu dibawahnya. Ruangan ini sendiri bergaya rustic terlihat dari pemakaian material kayu yang bertekstur kasar terasa dominan di dalam ruangan.

https://www.houzz.com

Warna putih pada ruangan hall berupa lorong ini akan memberikan suasana yang lapang. Adanya taman mini di dalam ruangan dan pot tanaman yang tergantung memberikan warna dan kehidupan pada hall ini. 

https://www.houzz.com

Nah! Kalau desain yang satu ini memang terlihat lapang dan terang dikarenakan memanfaatkan skylight pada ruangan. Cahaya dari luar jendela pun juga masuk ke dalam ruangan sehingga terbilang cukup maksimal penerangan dalam hall. Skylight tidak hanya berguna ketika pagi dan siang hari saja namun juga memberikan keindahan pada malam hari ketika langit dihiasi bintang-bintang. Penggunaan material batu dan pot tanaman menjadikan ruangan lebih asri.

https://www.houzz.com

Meski hall ini tidak cukup besar, namun sangat terlihat jelas batasnya melalui perbedaan material di lantainya. Perpaduan lantai batu alam dengan kayu memang tidak biasa namun memberikan keunikan dalam ruangan. Hall jadi tidak terkesan monoton.

https://www.houzz.com

Menyajikan tamu dengan pemandangan saat menunggumu memang sangat tepat diterapkan. Tidak hanya pemandangan luar yang dihiasi taman, namun juga lukisan yang tergantung di dinding lainnya. Ruangan tidak akan terasa membosankan dengan memiliki beberapa pemandangan yang berbeda.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter