article / Building / House MV: Rumah di Kemiringan Bukit Chili yang Memiliki Desain Massa Unik
16 April 2020 2K Views

House MV: Rumah di Kemiringan Bukit Chili yang Memiliki Desain Massa Unik

Hunian yang berada pada sebuah kemiringan bukit di selatan area Laguna Aculeo, Paine, Chili ini memiliki desain yang modern dan juga memukau. Rumah ini didesain oleh Cristian Alvarado Espinoza. Dengan besaran area bangunan 230 meter persegi, rumah yang merupakan rumah kedua untuk sebuah keluarga memberikan tampilan yang unik dan tidak biasa diantara lingkungan sekitarnya.

Dua buah massa bangunan dengan arah besaran yang berbeda menjadi satu kesatuan dalam pembuatan hunian ini. Uniknya, massa bangunan yang berada di atas merupakan area masuk ke dalam hunian. Hal ini dikarenakan bagian datar berada di massa atas bangunan sedangkan massa di bawahnya berada pada lahan yang lebih rendah karena adanya kemiringan bukit.

Pada lantai dasarnya yaitu lantai atas, pengunjung akan disambut dengan hehijauan dan juga kesegaran kolam renang pada area masuk rumah. Dek kayu sebagai teras rumah mendominasi disekitar bangunan ataupun area masuknya. Eksterior rumah ini memiliki tampilan modern yang rigid dengan tampilan warna hitam dan jendela kaca dengan framenya. Pintu masuknya memiliki tampilan warna yang unik yaitu warna biru laut, tentunya membuat pintu terasa harmonis dengan kolam renang rumahnya.


Masuk ke dalam rumah ini, lantai dasarnya merupakan area publik dimana terdapat dapur, ruang makan, dan juga ruang tamu. Ketika masuk ke dalam ruangan, pengunjung akan dihadapkan dengan dapur beserta meja barnya. Tentunya tepat di sebelah dapur itu pun terdapat ruang makan yang cukup luas. Tangga menuju ke lantai di bawahnya pun berada di area ini dengan dinding beton yang dibangun untuk keamanan dan kenyamanan pada area sirkulasi.

Adapun ruang tamu yang berada di ujung ruangan menyajikan pemandangan yang menarik dari jendela kacanya. Terdapat pintu menuju teras diluar untuk menikmati pemandangan ini di pagi dan sore hari. Berbagai furniture seperti kursi dan ayunannya yang terbuat dari kayu dan bambu ini pun tampak menyatu dengan material dinding dan plafonnya.


Keseluruhan ruangan di lantai ini memiliki layout yang terbuka tanpa partisi atau dinding pembatas. Hal ini menjadikan sirkulasi udara dan cahaya terasa baik di dalam ruangan. Terlebih lagi semua ruangan dengan fungsinya terasa lebih lapang dan tidak sumpek.

Untuk lantai selanjutnya yang berada di bawah merupakan area yang lebih privat yaitu area kamar tidur. Terdapat 2 buah kamar tidur dengan kamar mandi dalam dan 2 kamar tidur lainnya dengan kamar mandi yang disediakan di luar. Pada lantai ini juga terdapat ruang tamu sehingga terdapat area untuk berkumpul di lantai ini. Dinding-dinding pada lantai ini dimanfaatkan sebagai area penyimpanan dengan adanya kabin almari.


Keempat kamar tidur ini juga terhubung dengan teras. Untuk ketiga kamar dapat mengakses teras melalui jendela geser pada kamarnya. Sedangkan pada kamar tidur utama mengakses melalui pintu yang terdapat di dalam kamar. Pemandangan yang cantik pun terlihat dari area ini.

Pada salah satu ujung koridor lantai dua ini juga terdapat sebuah pintu keluar yang terhubung dengan area tangga luar di samping kolam renang. Hal ini tentunya menjadikan penghuni dapat langsung menuju area refreshing kolam renang dan taman dari kamarnya di lantai bawah.

Tampilan kaca pada sebagian besar rumah ini tentu membuat ruangan di dalamnya dipenuhi dengan cahaya alami. Tampak modern dan juga memiliki layout yang sederhana, tidak ribet. Teras yang besar menjadi area perluasan untuk ruang tamu dalamnya yang terbilang tidak cukup besar. Teras yang besar ini pun bisa difungsikan sebagai area berkumpul keluar dan bersantai bersama.

sumber: House MV 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter