article / Garden / Ingin Rumah Lebih Segar dan Menarik dengan Fitur Air di Taman? Desain Air Mancur Ini Bisa Jadi Inspirasi Unik Untuk Rumahmu!
05 Juni 2018 776 Views

Ingin Rumah Lebih Segar dan Menarik dengan Fitur Air di Taman? Desain Air Mancur Ini Bisa Jadi Inspirasi Unik Untuk Rumahmu!

Desain taman di area sekitar rumah tentunya akan lebih beragam. Dari yang sekedar rumput hijau hingga pepohonan rindang dan tempat barbekyu bersama bisa dirancang secara mendetail dan juga unik. Namun selain berbagai tumbuhan hijau, elemen air juga dapat melengkapi desain taman rumah idaman anda. Elemen air ini tentu saja bisa dimanfaatkan dengan membuat kolam ikan ataupun air mancur ala-ala di halaman. Yuk cek kira-kira fitur air seperti apa yang bisa kamu terapkan dirumahmu.

1. Air Mancur Satu Layer

pinterest

Air mancur  yang satu ini bisa kamu bikin di halaman belakang atau depan rumah yang memiliki kontur tanah yang tinggi dan juga rendah. Air mancur ini terasa natural karena mengikuti bentukan lahan dan juga dihiasi dengan tanaman di sekitarnya. Bebatuan alam yang mengitari dan juga tertumpuk di sekelilingnya menjadikan taman terasa unik. Tentunya adanya air mancur akan memberikan tampilan yang lebih sejuk untuk rumah.

2. Fitur Air Simple di Area Terbuka Indoor

pinterest

Elemen air yang satu ini didesain lebih simple namun tetap natural. Fitur air dan kolamnya bisa dibuat pada taman indoor rumah. Kolam didesain berada di bawah lantai dengan air mancur yang simple dari ketinggian tertentu. Area kolam ini dilengkapi dengan tumbuhan penghias yang diletakkan pada dindingnya dan juga di dalam kolam. Berbagai tampilan rumput hijau memberikan tampilan yang fresh pada tamannya.

3. Air Mancur Mini di dalam Kolam


ideacoration

Air yang mengalir di kolam satu ini bukan berbentuk seperti air terjun mini. Untuk anda yang menginginkan rancangan yang lebih mudah, cantik dan juga megah, gambar kolam dan air mancur di atas bisa menjadi inspirasi. Taman yang berada di taman belakang rumah ini tidak hanya menyegarkan namun juga sangat cantik dan asri. Perpaduan antara tanaman rindang dan lebat ditambah dengan bebatuan kerikil dan jalanan setapak yang menunjukkan desain taman rapi dan juga indah. Perpaduan berbagai elemen bebatuan dan juga tanaman serasi dan saling melengkapi.

4. Air Mancur Minimalis dan Modern

pinterest


Untuk rumah yang didesain modern, tentunya akan sangat bagus jika air mancurnya pun didesain dengan gaya yang serupa. Contohnya adalah air mancur mini yang diatas. Kolamnya yang terbentuk kaku mengikuti dinding pembatas ini dialiri air dari dua buah air mancurnya yang unik. Didesain dari beton yang berada pada dinding putih ini terlihat sangat menonjol. Belum lagi dengan adanya pencahayaan pada lantai kolamnya memberikan efek cahaya yang menarik saat air jatuh ke kolam.

5. Air Mancur Tirai

pinterest

Air yang mengalir satu ini bisa terbilang sangat unik. Tidak hanya diletakkan di area taman, air mancur tirai ini bisa juga diletakkan di dinding-dinding rumah. Melalui pipa yang telah dilubangi kecil, air akan keluar dan tersusun rapi seperti tirai. Tentunya di bagian bawah sudah terdapat kolam untuk menampung air yang berjatuhan tersebut. Penggunaan air mancur tirai di sekitar dinding hunian tentunya akan membantu menyejukkan hunian ketika siang hari tiba. Teknik air mancur tirai ini juga sering kita lihat di taman kota ataupun berbagai tempat umum lainnya karena unik dan cantik.

6. Air Terjun di dalam Rumah dengan Jembatan Penghubung Ruang


baanlaesuan

Membuat area terbuka hijau di antara bangunan rumah akan memberikan tampilan segar di dalam rumah. Dilingkupi dengan tanaman hijau dan pohon yang rindang sangat cocok melengkapi fitur air di dalam rumah. Area terbuka hijau yang diletakkan di area transisi ruang dalam rumah memberikan kelegaan ketika orang melewati area ini. Suara air yang mengalir dan bau tanaman yang segar menyajikan suasana yang fresh dalam rumah.

7. Fitur Air Bertingkat dengan Desain Kendi

pinterest

Untuk anda yang tidak memiliki lahan terbuka yang luas namun menginginkan adanya fitur air di dalam rumah, desain yang satu ini bisa diterapkan. Air mancur bertingkat ini bisa menjadi inspirasi yang menarik. Selain menyajikan suasana segar dan nyaman dari aliran airnya, air mancur ini juga memiliki tampilan yang estetik. Kendi-kendi yang tampak berjejer dan mengalirkan air tersebut dapat menjadi hiasan unik di halaman rumah. Ditambah lagi fitur air yang satu ini tidak memakan banyak tempat dalam rumah.

8. Air Mancur dan Kolam di Area Bersantai

baanlaesuan

Tempat mana lagi yang nyaman jika dilengkapi dengan fitur air di dalamnya? Tentu saja area bersantai outdoor. Susunan batu yang menjadi dinding tempat keluarnya air terlihat sangat alami. Warnanya yang kalem tidak mencolok, namun menjadikannya serasi dengan keseluruhan desain. Tiga buah lubang tempat air mengalir tersebut menjadi fokus utama dalam kawasan tersebut. Kolam yang tampak segar ini dapat dijadikan tempat refreshing dimana pemilik rumah dapat duduk santai sambil memasukkan kakinya ke dalam kolam. Lantai kayu menjadi tempat yang hangat dan nyaman untuk duduk di area sekitar kolam. Tanaman dibelakang tembok air mancurnya memberikan tampilan teduh pada area ini.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter