article / Building / 10 Kemegahan Istana Kepresidenan di Berbagai Negara ini Bikin Matamu Terbelalak, Nomor 8 Beda dari yang Lain!!!
16 Agustus 2017 334 Views

10 Kemegahan Istana Kepresidenan di Berbagai Negara ini Bikin Matamu Terbelalak, Nomor 8 Beda dari yang Lain!!!

Rasa nasionalisme setiap orang akan bertambah ketika memperingati hari kemerdekaan negaranya. Negara yang baik tentunya juga memiliki sosok pemimpin yang cerdas dibaliknya. Para pemimpin yang dianggap sebagai sosok nomor satu di negaranya, pasti memiliki sebuah tempat bernaung untuk bekerja dan tinggal. Tempat yang biasa dikenal dengan istana kepresidenan tentunya merupakan bangunan yang megah dan penuh wibawa. Ini dia beberapa istana kepresidenan di berbagai negara yang menarik perhatian dengan desainnya yang megah dan monumental.

1. Istana Merdeka, Indonesia

istana merdeka

Pasti tidak asing dengan istana kepresidenan satu ini. Sering muncul di berbagai acara kenegaraan, salah satunya saat upacara 17 Agustusan, Istana Merdeka ini juga dikenal dengan nama Istana Gambir. Didesain oleh arsitek Drosssares dan dibangun pada tahun 1873. Di tanah seluas 2400 meter persegi, istana tempat saksi sejarah ini berdiri.

2. White House, USA

white house

Bangunan yang satu ini pun sering sekali muncul di berbagai film Hollywood. Dibalut dengan cat putih, bangunan ini didesain dengan gaya arsitektur Georgia akhir. Pembangunannya memakan waktu sekitar 8 tahun yaitu dari 1792 hingga 1800. Gedung ini memiliki 132 kamar dan terdiri dari enam lantai yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat kerja. 

3. Ak Orda Presidential Palace, Astana Kazakhstan

ak orda presidential palace

Gedung perkantoran yang dibangun dari tahun 2001 dan selesai tahun 2004 berlokasi di Astana. Bangunan tinggi ini didesain dengan kubah berwarna biru dan emas. Warna dinding dan juga kacanya terlihat sangat cantik terpadukan pada eksteriornya.

4. Istana Buckingham, Inggris

Buckingham Palace

Negara dengan kepemimpinan seorang Ratu ini terletak di London, Inggris. Istana yang tampak bak negeri dongeng ini dibangun oleh Duke of Buckingham pada tahun 1703. Tidak jauh-jauh dengan desain ala Eropa, bangunan megah ini menjadi kediaman keluarga royal Inggris. 

5. Tokyo Imperial Palace, Jepang

tokyo imperial palace

Jika melihat bangunan yang satu ini pasti sudah dapat ditebak asalnya. Yap! Istana di Jepang ini berada di Tokyo sebagai istana kekaisaran. Bangunan ini pun dikelilingi oleh tembok-tembok tinggi. Adapun jembatannya penghubung untuk masuk ke dalam istana yang menarik perhatian para wisatawan.

6. Istana Darul Ehsan, Malaysia

Istana Dahrul Ehsan

Nah untuk istana yang satu ini adalah kediaman Sultan Selangor. Namun ini hanyalah salah satu istana yang dimiliki oleh sultan. Dibangun pada tahun 2000, istana ini dibuat di samping danau Putrajaya. Hal ini dilakukan karena menyimbolkan apresiasi pemerintah Malaysia terhadapa selangor karena menjadikan putrajaya sebagai pusat pemerintahannya.

7. Istana Grand Kremlin, Rusia

istana grand kremlin

Istana yang dibangun pada tahun 1837 hingga 1849 memiliki panjang 125 meter dan ketinggian bangunan 47 meter. Dengan total luasan lahan 25.000 meter persegi, istana ini berada di jantung kota Moskow. Warna dan bentukannya yang cantik ini menjadi situs warisan dunia Unesco. Sebagai kantor resmi Presiden, Istana yang luas ini menjadi daya tarik tersendiri karena kemegahannya.

8. Palacio do Planato, Brazil

Palacio da Planalto

Berbeda dengan bentukan istana lainnya, istana negara di brazil satu ini menampilkan sosok yang lebih modern. Tidak hanya sebagai tempat tinggal presiden, bangunan ini juga menjadi tempat bekerja wakil presiden dan para menteri. Bangunan yang dibangun pada tahun 1960 di kota Brasilia ini dilengkapi dengan kolam renang. Desainnya benar-benar unik dan beda dari yang lain.

9. Istana Topkapi, Turki

Topkapi Palace

Istana yang juga digunakan sebagai museum ini menyimpan banyak peninggalan sejarah. Istana yang berada di Istanbul ini adalah pusat administrasi dari kekaisaran pada masanya. Istana yang menjadi tempat penting bagi dunia Muslim karena menyimpan peninggalan suci seperti jubah dan Nabi Muhammad SAW. Namun untuk sekarang kediaman presiden sudah berpindah ke istana di Ankara yang dibangun pada tahun 2014.

10. Istana Emirat, Abu Dhabi

Istana Emirat

Jika berbicara tentang istana yang mewah, istana dengan harga pembangunan 6,7 trilliun ini bisa buat matamu melotot. Istana ini tidak hanya sebagai tempat tinggal presiden dan wakil presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) saja, namun juga tempat pangeran mahkota Abu Dhabi dan menteri-menteri ternama. Pembangunannya yang selesai di tahun 2015 ini menunjukkan desain yang megah yang menunjukkan keberadaan orang-orang penting di negara ini.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter