article / Interior / Kantor Gramedia Digital Nusantara, yuk di explore!
07 Juni 2019 192 Views

Kantor Gramedia Digital Nusantara, yuk di explore!

Gramedia Digital Nusantara adalah salah satu dari anak perusahaan Grup Kompas sedang melaksanakan renovasi desain di Gedung menara Kompas dengan luasan 1700m2 di lantai 18. Ada banyak elemen dan referensi desain interior yang memanjakan, menarik, dan tidak lazim seperti kantor-kantor pada umumnya. Mari kita menjelajahi desain interior baru tersebut.

Kesan interior kantor yang kaku banget tidak akan ditemui di desain baru tersebut. View desain di atas justru memberikan kesan kantor yang rekreasional, tidak kaku dan baku, justru lebih seperti co-working space atau kafe. Cat dasar kolom-kolm bangunan dan baja berwarna putih, dikombinasikan dengan material kayu sebagai partisi dan aksen kantilever di setiap kolom. Salah satu elemen unik dalam desian interior tersebut adalah papan kayu yang dibentuk simpel berbentuk huruf L yang dipasang seperti kantilever. Menarik perhatian, berkesan artsy namun tidak terlalu dominan dan tetap nyaman dipandang.

Jika kantor pada umumnya sering menggunakan konsep desain yang sama pada seluruh ruangan, hal tersebut tidak diterapkan oleh desain interior di Gramedia tersebut. Di lokasi lain, terdapat konsep desain yang samasekali berbeda dengan sebelumnya. Dalam zona tersebut, tema natural dan kehijauan di utamakan agar mengurai kepenatan dalam menjalankan rutinitas kantor. Dari lantai yang memakai karpet hijau muda berbaur dengan parkeet, rak-rak dari besi L dan diberi tanaman merambat, lalu atap yang memakai material plank kayu dan ditata acak, semakin menguatkan kesan natural yang ingin ditunjukkan oleh zona ruangan tersebut. Jangan lupa, rak buku di ujung dinding juga berupa pohon bercabang yang membuat orang ingin meletakkan apapun disana. menarik bukan?


Masuk ke zona lain, kamu akan mendapat beberapa deret meja kursi berwarna kontras yang sangat simpel bermaterial kayu. Dari sebagian zona yang ada, kali ini layout perabot cukup umum dan lazim seperti layout kantor yang mainstream. Selain itu, ada partisi frame kayu dan kaca yang cukup luas. Apakah desain tersebut akan memberi kesan monoton pada zona tersebut? tentu tidak, karena lantai tersebut menggunakan karpet dengan berbagai lapis motif dan warna yang tetap akan menarik perhatian. Jika konsep open space yang tidak mempunyai partisi tidak dapat membuatmu fokus, mungkin dengan duduk di depan partisi kaca di atas, akan memberikan sedikit privasi ketika sekedar bekerja atau mencari ide.


Menuju area lain di dalam ruangan tersebut, ada area yang memiliki desain yang sama dengan zona sebelumnya namun dengan luasan yang lebih besar. Dari ruangan yang lebih besar tersebut, motif dan material karpet lebih menonjol dan terlihat sangat artsy dan colorful. Dengan konsep meja kursi yang sama, material karpet yang sama, namun luasan yang lebih besar, akan menampung jumlah orang lebih banyak dan lebih nyaman dari ruang sebelumnya. Zona seperti ini sangat direkomendasikan bagi kerja tim yang memiliki anggota cukup banyak. Para pekerja tdak harus menempati ruang rapat yang besar untuk memaparkan proyek terlebih dahulu karena di setiap sudut kantor mempunyai tempat ke


Ulasan terakhir dari desain kantor Gramedia adalah suasana keseluruhan kantor yang sangat menarik, santai, tidak kaku, dan bahkan menempatkan ruang kerja dimana-mana bahkan setiap menemukan selasar atau akses penghuni kantor, pasti ada beberapa spot untuk bekerja maupun berdiskusi. Walaupun pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit, mungkin dapat menjadi acuan desain untuk kantor-kantor bertema open space.

 

source: tigagunungmas.com

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Mohammad Rifki Syahwidhie
Lulusan Arsitektur yang sedang menekuni pekerjaan desain hunian/bangunan komersil/interior/eksterior/taman/2D/3D/rendering 2D&3D sebagai freelancer.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter