article / Building / Liburan sambil Belajar Peradaban Islam, 8 Negara dengan Bangunan dan Sejarah Islam yang Harus Anda Kunjungi!
31 Mei 2018 272 Views

Liburan sambil Belajar Peradaban Islam, 8 Negara dengan Bangunan dan Sejarah Islam yang Harus Anda Kunjungi!

Selama bulan puasa tentunya muslim dan muslimah tidak hanya bermalasan di rumah saja. Berbagai macam kegiatan dilakukan dari beribadah hingga menyediakan makanan untuk berbuka puasa dan juga sahur. Namun bagaimana jika saat bulan puasa tersebut anda ingin sembari berliburan di luar negeri? Yap! Anda tidak perlu khawatir, sekalian berliburan tentunya beberapa negara ini juga punya jejak Islam. Anda dapat mempelajari perkembangan Islam di beberapa negara tersebut. Bangunan bersejarahnya pun juga menampilkan keindahan arsitektur Islam pada saat itu. Berikut beberapa negara dengan rekam sejarah Islami yang bisa jadi tempat belajar mengenai sejarah Islam melalui peninggalan arsitekturalnya yang indah.

1. Spanyol

mosque-cathedral of cordoba via wikipedia

Negara ini memang tidak tampak seperti negara Islami pada umumnya. Akan tetapi Cordoba, Granada, dan Seville merupakan kota di Spanyol yang sangat kental dengan peradaban Islam. Adapun bangunan tempat ibadah yang terdesain cantik yaitu Mosque of Cordoba dan Medina Azahara. Mosque of Cordoba awalnya merupakan sebuah masjid, namun sekarang digunakan sebagai katedral. Bangunan dengan arsitektur yang sungguh cantik ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai tempat peninggalan yang sangat bersejarah dan penting di dunia. Begitu pula dengan Medina Azahara yang menjadi situs arkeologi bernilai sejarah tinggi.

alhambra palace via islamicity

Selain Cordoba, Granada juga menjadi saksi bisu perkembangan Islam. Di kota inilah terdapat Istana Alhambra yang menjadi simbol puncak kejayaan Islam. Bangunan yang dihiasi dengan elemen dekoratif dan juga pintu lengkung, tampak di keseluruhan bagiannya. Pada masa Muslim berjaya di kawasan Andalusia dan sempat menjadi pusat perkembangan Islam terbesar di dunia.

2. Turki

Bukan rahasia lagi bahwa Turki sendiri menyimpan banyak sekali peninggalan Islam, khususnya di Istanbul yang berarti kota Islam. Adapun bangunan Masjid yang Indah yaitu Blue Mosque yang dirancang oleh Mehmed Aga membuktikan perkembangan Islam di tahun 1609.

blue mosque via tourketurki

Bangunan lain yang berada di negara ini adalah Museum Hagia Sophia. Bangunan peninggalan zaman Bizantium ini tekenal dengan kubah besarnya yang memang menjadi simbol zaman tersebut. Bangunan yang awalnya merupakan sebuah katedral, kemudian dialihfungsikan sebagai masjid, dan terakhir menjadi museum. Bangunan tersebut dikembalikan dengan bentukan asalnya yaitu gambaran di dinding seperti pada saat difungsikan sebagai gereja.

museum hagia sophie via indiatoturkey

Tempat lain yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah Istana Topkapi. Istana raja pada abad ke-15 hingga 17 ini kemudian ditetapkan sebagai situs warsan budata dunia yang berfungsi sebagai museum. Museum ini menyimpan berbagai benda peninggalan Rasulullah SAW yang akan memperlihatkan anda Islam pada zaman lampau.


3. Palestina/Israel

Kota Yerussalem, selain menjadi kota suci bagi umat Yahudi dan Kristiani, tempat ini juga penting bagi umat Islam. Di Israel, khususnya Yerussalem terdapat Masjid Al Aqsa dan Masjid Qubbat As Sakhrah. Masjid Al Aqsa sendiri bagi umat Islam merupakan saksi bisu dan penting dalam peristiwa Isra Miraj.

masjid al aqsa via parstoday

Masjid Al Aqsa didesain dengan khas menggunakan kubah timah berwarna abu-abu. Berbagai macam kaligrafi dan lengkungan dapat terlihat di interior bangunannya. Kubah pada masjid ini berbeda dengan arsitektur romawi kuno, kubah ini merupakan ciri aarsitektur Islam awal. Tentunya bangunan ini sudah mengalami beberapa kali renovasi dikarenakan adanya berbagai kejadian yang menyebabkan bangunan masjid mengalami kerusakan.

Sayangnya tempat ini berada di wilayah sengketa antara Palestina dan Israel. Kedua belah pihak mengakui kota Yerusalem milik kedua negara. Tentunya kota yang sangat bersejarah ini penting bagi setiap masyarakatnya.

4. Perancis

Mungkin negara yang satu ini agak asing untuk mereka yang ingin mengetahui sejarah Islam. Namun negara yang dikenal dengan mode dan menara eiffelnya ini punya dua destinasi yang harus anda kunjungi yaitu La Grande Mosquee de Paris dan Musee du Louvre. Aneh? Tidak sama sekali hingga anda membaca penjelasan ini.


La Grande Mosquee de Paris via wikimedia

La Grande Mosquee de Paris merupakan masjid tertua di Perancis. Bangunan tahun 1926 ini difungsikan sebagai tempat ibadah dan juga pusat studi Islam. Berbagai umat muslim datang berkumpul di masjid satu ini. Bangunan dengan arsitektural yang megah ini merupakan tanda terima kasih Perancis oleh kelompok muslim yang ikut berperang melawan Jerman pada Perang Dunia I. Di dalam masjid ini akan tampak berbagai elemen dekoratif dan lengkungan khas arsitektur Islam. Bangunannya tampil cantik dan memukau dengan pilihan warna khas yang kalem.

Museum de Louvre via eurodicas

Sedangkan untuk museum de Louvre, sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia karena bentuknya yang unik. Museum yang menjadi ikon kota Paris ini terdapat 3000 objek karya seni yang menceritakan sejarah Islam dari lampau. Museum bawah tanah ini tentunya menjadi bangunan yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Paris.

5. Jerman

Agama Islam menjadi agama terbesar kedua yang dianut oleh masyarakat Jerman. Rata-rata muslim tersebut merupakan keturunan Turki. Kota Berlin pun menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan muslim yang berkunjung ke Jerman. Berbagai makanan halal mudah diidapat dan juga terdapat bangunan masjid megah yaitu Sehitlik Moschee. Masjid ini memiliki gaya arsitektural Ottoman dan didesain oleh arsitek asal Turki.

Sehitlik Moschee via mossidomi


Arsitektural Ottoman merupakan gaya bangunan desain abad ke-14 dan ke-15 dimana terdapat kesultan Ottoman. Tampilan masjid dengan dua menara terdesain cantik dengan dua warna putih dan abu-abu. Tampilan simetris pada fasad depannya pun begitu menonjol. Masjid Sehitlik Moschee ini dibangun di tengah lahan pemakaman dimana menjadi tempat peristirahatan Syuhada dari Turki. Tidak hanya masjid ini saja, terdapat puluhan masjid lain yang tersebar di kawasan Berlin. Kota Hamburg, Frankfurt, dan juga Munich harus dikunjungi karena juga bersahabat dengan turis muslim.

6. Rusia

Rusia yang merupakan tuan rumah piala dunia 2018 ini menjadi negara yang cukup toleran dalam hal beragama. Saling menghargai antar umat beragamanya pun dapat terlihat dengan berbagai bangunan ibadah, bahkan ada satu tempat ibadah dimana dapat digunakan untuk 12 agama. Salah satu okon di Rusia yaitu Saint Basils Cathedral di Red Square menunjukkan arsitetur Byzantine dimana terdapat perpaduan kebudayaan Islam dan Kristen.

Qolsarif Mosque via wikipedia

Tidak kalah menariknya, kota Kazan juga menjadi tempat yang harus dikunjungi. Kota ini merupakan pusat perkembangan Islam di Rusia. Terdapat pula sebuah masjid termegah dan terbesar di Rusia yaitu Qolsarif Mosque. Masjid ini didesain oleh arsitek Rusia dengan tampilan tradisional Volga Bulgaria ditambahkan dengan elemen Renaisans awal dan arsitektur Ottoman. Tentunya perpaduan unsur modern dan tradisional tampak tidak hanya pada masjid ini saja, namun juga di masjid lokal lainnya.

7. Maroko

Negara dengan penduduk mayoritas Islam ini memang menjadi negara yang eksotik. Agama Islam yang berkembang juga tetap menghargai tradisi lokalnya. Uniknya, maroko memiliki perpaduan budaya Arab dan juga Eropa, namun tetap berlandaskan pada tradisi Islam. Berbagai simbol-simbol tradisi Islam sangat kentara di negara ini. Aktivitas religius dan juga ritualnya tetap bertahan meski zaman modernisasi sangat berkembang pesat.

Kairaouine mosque via mapio

Kota menarik yang ada di Maroko yaitu Fes perlu anda kunjungi. Kota ini punya julukan Mecca of West dengan kerajaan tertua di dunia. Kawasan kota tersebut pun ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Terdapat sebuah masjid yaitu Masjid Kairaouine yang didesain bersamaan dengan universitas tempat pembelajaran spiritual dan agama Islam. Masjid Islam tertua di Maroko ini memiliki tata letak desain yang terisnpirasi dengan Masjid Cordoba di Spanyol. Masjid dengan dua menara ini adalah monumen Islam tertua di Fes.

8. Bosnia-Herzegovina

Bosnia-Herzegovina ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga jejak peradaban Islam yang tersebar. Hal ini tampak pada salah satu bangunan masjidnya yang indah yaitu Masjid Gazi Husrev-beg yang dibangun sejak abad 16. Tampilan masjid ini menunjukkan kemegahan arsitektur Ottoman.

Gazi Husrev-beg mosque via wikipedia

Masjid ini merupakan masjid bersejarah terbesar di Bosnia-Herzegovina. Dengan denah persegi dan dinding yang tinggi dan tak lupa kubah serta menaranya yang monumental. Eksteriornya sangat didominasi dengan kubah utamanya. Sedangkan di setiap pintu masuknya dilengkapi dengan teras yang dilengkapi dengan penutuh atap kubah.

Jadi kira-kira anda ingin berlibur ke negara yang mana nih?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter