article / Interior / Spektakuler!!! Arsitek ini Mendesain Instalasi Eskalator Kayu Unik!
18 Desember 2017 188 Views

Spektakuler!!! Arsitek ini Mendesain Instalasi Eskalator Kayu Unik!

Eskalator selama ini dikenal sebagai tangga yang berjalan otomatis dan berfungsi untuk mengangkut orang. Tangga ini tidak berjalan sendiri melainkan bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakkan oleh motor. Biasanya eskalator banyak ditemui di pusat perbelanjaan maupun kantor yang umumnya memiliki banyak lantai.

flickr

Nah, apa jadinya jika eskalator yang ukurannya sangat besar itu menggantung di langit-langit sebagai dekorasi?

Adalah Chris Fox, arsitek jenius asal Sydney, Australia, yang mempunyai ide gila diatas. Rencana ini muncul di benaknya saat pihak stasiun Wynyard di Sydney akan meng-upgrade eskalator stasiun yang lama menjadi baru. Ia berpikir untuk memasang eskalator yang lama di langit-langit stasiun agar pengunjung stasiun dapat mengenang jasa eskalator tersebut.

Eskalator lama yang berada di stasiun Wynard ini memang istimewa. Benda ini sudah sekitar 8 dekade melayani para pengunjung stasiun sejak dipasang pada tahun 1932! Terlebih lagi, eskalator di stasiun Wynard ini berbahan dasar kayu dan belum pernah diganti. Eskalator kayu yang bertahan di dunia saat ini jumlahnya bisa dihitung dengan jari, salah satunya yang berada stasiun Wynyard tersebut.

railgallery

Tahun 2016 kemarin, penggantian eskalator resmi dilakukan. Sementara itu Chris Fox pun juga merencanakan desain untuk eskalator kayu yang diganti tersebut. Karyanya ini ia namakan Interloop, yang ternyata idenya ia dapatkan dari film Inception

 

Fox akhirnya berhasil 'menyelamatkan' 244 tapak eskalator kayu dan mengaitkannya menjadi patung dengan berat 5 ton! Tapak-tapak tersebut ia pasang di serangkaian alumunium yang telah 'dijahit' satu sama lain hingga sepanjang 50 meter. Kemudian rangkaian ini dipasang menggantung di langit-langit stasiun, tepat di atas eskalator baru yang telah dipasang. Pengunjung pun dapat merasa 'berkaca' pada masa lalu saat mereka menaiki eskalator kayu yang legenda itu sekaligus berpikir tentang masa depan.

Dan inilah Chris Fox dengan karyanya yang luar biasa tersebut:

Lalu berikut ini adalah proses pembuatan patung raksasa berbentuk eskalator itu. Benar-benar karya yang mengagumkan ya!

Berikut adalah video instalasi eskalator gantung unik tersebut.

sumber foto dan artikel:

http://chrisfox.com.au/interloop/ 

Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter