article / Building / OH House: Rumah Jepang Unik dengan Taman di Sekelilingnya
26 Mei 2017 409 Views

OH House: Rumah Jepang Unik dengan Taman di Sekelilingnya

Proyek tahun 2013 ini berada dikawasan padat penduduk daerah Niigata, Jepang. Area yang terbilang cukup asri karena banyaknya daerah yang tertutupi hehijauan taman dan jarak antar rumah yang cukup lebar.

OH! House ini sendiri dirancang untuk sebuah keluarga dengan jumlah anggota empat orang. Tiga hal utama dalam rancangan rumah ini yang diajukan oleh klien adalah adanya taman pada rancangan rumah, rak buku yang dapat menyimpan buku dalam jumlah banyak, dan ruang dapur tertutup.

Rumah dua lantai ini memiliki fasad yang cukup menarik dengan perpaduan warna putih dan coklat. Pelingkup bangunan memberikan kesan melayang karena bentukannya yang keluar melebihi pelingkup dasarnya.

Berbeda dari fungsi lainnya, pada lantai dasar difungsikan untuk kamar tidur utama, kamar mandi, kamar tidur anak, lahan parkir, dan taman yang mengelilingi bangunan. Jalur masuk ke rumah dilengkapi dengan lantai mortar yang langsung menuju ke bagian tengah bangunan.

Kamar anak yang tepat terletak di dekat pintu masuk membuat anak-anak jadi leluasa beraktifitas di dalam dan luar rumah. Tidak hanya itu, kamar anak pun juga dekat dengan tangga sehingga memudahkan anak-anak meraih ke segala ruang di dalam rumah.

Lalu pada lantai atasnya yaitu lantai kedua difungsikan sebagai lantai berkumpul. Seperti ruang keluarga, dapur, dan ruang makan, kamar mandi ada di lantai ini. Lantai yang dilengkapi dengan bukaan void agar rumah lebih sejuk juga terdapat di lantai ini.

Ruangan-ruangan pada lantai atas dibatasi oleh dinding partisi. Ruangan fungsional diletakkan dalam satu baris dengan akses koridor samping. Dengan meletakkan rak buku dan meja konter sepanjang 12 meter di dinding koridor. Adanya furniture ini pun menjadikan titik pusat rumah di lantai ini.

Pohon yang memenuhi area taman di lantai dasar menjulang tinggi menuju ke lantai atas. Tentunya keadaan rumah jadi terasa lebih asri dan nyaman dengan adanya pepohonan tersebut. Jendela besar yang berada di kulit bangunan memberikan suasana ruangan yang terbuka dan sejuk.

Pelingkup bangunan yang juga menjadi atap ini memberikan kelegaan ruang pada ruang luar dan dalam. Selain itu, kulit bangunan menjadi pelindung bagian dalam rumah dari berbagai keadaan cuaca seperti hujan lebat, panas matahari, dan juga memberikan privasi ruang antar rumah tetangga.

Rumah ini terbilang sederhana dan dapat memenuhi segala aktivitas anggota keluarga dalam rumah. Layoutnya yang tidak biasa menjadikan rumah sangat menarik dengan memberikan area publik di lantai atas dan area privat di lantai dasar. Rumah ini juga memberikan keatraktifan pada eksteriornya.

sumber: OH! House

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter