article / Bedroom / Penataan Interior untuk Kamar Tidur Kamu yang Berukuran Kecil
03 April 2017 5K Views

Penataan Interior untuk Kamar Tidur Kamu yang Berukuran Kecil

Dalam mendesain rumah sudah pasti terdapat berbagai ruangan fungsional seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan ruang lain yang diperlukan. Salah satu kebutuhan manusia yang utama adalah tidur sehingga kenyamanan dalam kamar tidur menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Tidak jarang jika dalam rumah terdapat beberapa kamar tidur yang memiliki fungsi berbeda-beda. Diantaranya terdapat kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar tidur tamu yang tentunya tidak akan memiliki luas yang sama. Keterbatasan luas pun menuntut kita untuk berpikir lebih kreatif dalam menata ruang kamar tidur yang kecil.

Dengan pemikiran tersebut, berikut adalah ide penataan interior kamar tidur kamu yang berukuran kecil.

1. Penataan tempat tidur di sudut kamar

kamar tidur minimalis

http://freshome.com/

Desain kamar tidur seperti ini dapat diterapkan pada kamar tidurmu yang terpotong untuk fungsi ruangan lain. Penataan tempat tidur di bagian dalam memberikan kenyamanan tersendiri saat kamu tidur dan tetap dapat difungsikan dengan baik.

2. Pemanfaatan bentuk ruangan di loteng

kamar tidur di loteng

http://www.disinisaja.com/

Loteng akan memberikan kesan yang mengerikan dan sempit apalagi bagian dinding kamar yang terpotong dengan atap bangunan rumah. Namun hal itu akan tampak berbeda jika kamu menerapkan desain seperti di atas. Letak kamar tidur di sisi tersebut menjadi fungsional dan tidak terlihat sempit.

3. Furniture yang simple

desain kamar kecil

http://renovasi-rumah.net/

Dengan penggunaan furniture yang simple, maka ruangan akan terkesan lebih luas. Seperti pada gambar, meja dan rak yang dikaitkan pada dinding memberikan ruang gerak yang lebih leluasa bagi pengguna.


 4. Tempat tidur diatas almari

bed on top

http://freshome.com/

Desain kamar tidur yang satu ini tergolong unik. Kalau biasanya tempat tidur ada dilantai, kalau yang satu ini tempat tidur diletakkan di atas lemari. Dengan memberikan kesan bunk bed, ruangan di bawahnya dapat dimanfaatkan untuk penyimpanan barang lainnya.

5. Kamar tidur sekaligus ruang kerja

kamar tidur sekaligus ruang kerja

http://www.decoist.com/

Tidak semua rumah dapat memiliki ruang kerja tersendiri, tapi dengan desain yang satu ini kamu bisa memiliki ruang kerja dan kamar tidur dalam satu ruangan. Tidak perlu kasur yang besar dalam ruanganm cukup kasur yang dapat dilipat ke dalam rak ketika kamu tidak membutuhkannya.


6. Dua kasur dalam satu kamar

two beds in one room

http://www.disinisaja.com/

Beberapa diantara kalian pasti pernah mengalami tidur di kamar yang sama dengan kakak atau adik kalian. Namun hal itu tidak jadi masalah, karena walau dalam satu kamar kalian akan tetap memiliki privasi masing-masing ketika akan tidur. Dua kasur terpisah dalam satu ruangan ini memberikan kenyamanan tidur tersendiri. Selain itu dengan cat dan dekorasi serba putih memberikan kesan ruang yang lebih luas.


7. Ukuran perabot yang sesuai

http://www.decoist.com/

Letak perabotan yang pas dalam kamar memberikan ruang yang lebih luas pada kamar tidur. Pemilihan tempat tidur yang selebar dengan dinding memberikan keleluasaan terhadap pintu kamar dan menunjukkan kesan rapi.

8. Perletakkan cermin dalam ruangan

http://freshome.com/

Pemberian cermin pada ruang kamar akan menimbulkan dampak yang cukup berbeda. Cermin yang diletakkan sebesar dinding kamar akan memantulkan seisi ruangan dan memberikan kesan luas pada kamar itu sendiri.

9. Penggunaan perabot yang tidak memerlukan banyak ruang

http://freshome.com/

Penggunaan perabotan dalam ruangan akan mempengaruhi kesan luas kamar tidur yang tercipta. Sangat disarankan untuk kamar yang kecil, perabotan yang digunakan dapat meminimalisir ruang sehingga tidak ada ruang yang terbuang. Seperti pada gambar, penggunaan lemari yang kecil dan pemanfaatan rak di bawah kolong kasur dapat diterapkan di dalam kamar tidurmu.

10. Desain kamar tidur memanjang

http://www.decoist.com/

Desain satu ini merupakan solusi untuk kamar kamu yang bentuknya memanjang seperti persegi panjang. Tempat tidur yang didesain khusus untuk menyesuaikan bentuk ruangan memberikan space yang lebih longgar untuk aktifitas lainnya. Dengan desain tersebut, ruangan kamar tidur pun jadi terasa lebih nyaman untuk kamu tempati.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter