article / Home Decor / Penggunaan Smart Furniture yang Menghemat Ruang di Rumah Berukuran 25m2
07 Juni 2017 354 Views

Penggunaan Smart Furniture yang Menghemat Ruang di Rumah Berukuran 25m2

Hunian mini kali ini berada di salah satu apartemen mini di Barcelona. Memiliki ukuran ruang sebesar 25 meter persegi tidak menjadi masalah bagi Naimi Architecture untuk mendesain dan mendekor interior rumah menjadi hunian yang nyaman dan layak. Tentunya penggunaan smart-furniture tidak lepas dari rumah ini.

Rumah yang dihuni oleh satu orang ini berada di bangunan tua di tengah-tengah kota Barcelona. Renovasi rumah ini dilakukan dari awal seperti pengeksposan dinding bata dan langit-langit yang berkubah. Menggunakan furniture yang memiliki berbagai fungsi dalam satu wujud merupakan ide dari pemaksimalan fungsi ruang rumah. Salah satu furniture yang paling rumit di rumah ini adalah unit tempat tidurnya. 

Bentukannya yang informal digunakan sebagai pembatas ruang tidur dengan area lain di dalamnya. Furniture dari kayu ini digunakan sebagai tempat penyimpanan dan juga tempat tidur dengan kasur double di atasnya. Tentunya funiture ini merupakan titik fokus ikonik pada rumah. 

Uniknya lagi di dalam furniture ini terdapat berbagai macam fungsi lainnya seperti, mesin cuci, almari pakaian, beberapa rak, dan meja samping tempat tidur yang dilengkapi dengan stop kontak listrik.

Furniture dalam rumah ini terbagi dari beberapa unit yang dapat dipindah dan juga memberikan segala fungsi ruang yang hanya terletak pada ruang dibawah tempat tidur. 

Ide penggunaan furniture tempat tidur ini datang dari rumah ini sendiri. Naimi Architecture mendapatkan solusi itu setelah mempertimbangkan jarak ketinggian langit-langit dengan lantai yang cukup besar. Hal ini pula yang juga mendorong arsitek untuk memanfaatkan dinding yang terintegrasi dengan dapur, meja belajar, dan area penyimpanan.

Terdapat lima macam rak tersembunyi yang terintegrasi dengan dindingnya. Panel meja belajar dapat tersimpan dibalik pintu kayu yang memiliki motif ala era 19an. Rak buku pun ternaungi dengan furniture lainnya dalam rumah. Sedangkan dua rak tersembunyi lainnya berada di area dapur mini.

Dapur di rumah ini didesain menjadi dua bagian yaitu berada di dalam closet sehingga kompor dan bak cuci tidak terlihat ketika tidak dibutuhkan. Satunya lagi adalah rak yang tergantung di dinding dimana peralatan dapur dan bahan makanan tersimpan di dalamnya.

Untuk ruang makan di rumah ini tersedia meja kecil dan dua buah kursi. Terbilang cukup sederhana mengingat penghuni rumah ini hanya seorang saja. Area serba putih di rumah ini membuat ruangan jadi tampak lebih terang. Ditambah lagi penggunaan cermin di dinding yang membuat ruangan jadi tampak lebih luas.

Kamar mandi di rumah ini berada di samping pintu masuk rumah. Pintu geser menjadi salah satu solusi penghemat ruang untuk kamar mandi.

Furniture di dalam rumah ini dibuat sesimple mungkin sehingga tidak menunjukkan ruang yang penuh dan berlebihan. Termasuk dengan penggunaan sofa kulit yang mini, meja makan untuk dua orang dan berbagai perlengkapan lainnya.

Elemen pelengkap seperti ubin hexagonal, tanaman hias, dan lampu gantung pun juga menambah keunikan ruangan dalam rumah. Rumah ini dilengkapi dengan balkon dengan pemandangan luar di sisi yang bersebrangan dengan pintu masuknya.

sumber: mini house barcelona

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter